sign up SIGN UP

4 Keputusan Tepat yang Dibuat di Usia 20an, Salah Satunya yang Bikin Hidup Bisa Nyaman Di Usia Tua

Fina Prichilia | Beautynesia
Kamis, 27 Jan 2022 22:15 WIB
4 Keputusan Tepat yang Dibuat di Usia 20an, Salah Satunya yang Bikin Hidup Bisa Nyaman Di Usia Tua
caption
Jakarta -

Usia 20an memang bisa dibilang masih sangat muda, Beauties. Dan hal-hal yang kamu lakukan di usia ini, tentunya bisa beri pengaruh ke depannya. Yaitu usia di 30an dan seterusnya.

Karenanya, berbagai keputusanmu di usia 20an tentu jadi hal penting. Berikut beberapa keputusan yang dianggap sudah tepat.

1. Menabung untuk Dana Pensiun

Ilustrasi PensiunIlustrasi Pensiun/ Foto: Tim Infografis: Andhika Akbarayansyah

Ya, kamu nggak salah baca. Pensiun itu sendiri memang idealnya ketika seseorang mencapai usia 55 hingga 60 tahun. Menurut catatan detikFinance, orang Indonesia 'tidak siap buat pensiun'.

Ini artinya ingin bisa hidup nyaman di masa tua, tetapi tidak benar-benar mempersiapkannya. Para financial planner merekomendasikan agar mulai usia 20an sudah bisa menyisihkan sejumlah dana secara teratur untuk masa pensiun nanti. Psst... Pasalnya uang pensiun dari tempatmu bekerja bisa kurang cukup, lho.

Kamu bisa memulai dengan menyisihkan 10 persen dari total pemasukan setiap bulannya dan menyesuaikan dengan portofolio yang pas mulai dari usia 20-an, mengingat ada inflasi serta banyak jenis investasi.

2. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Makanan Sehat/Foto: freepik/freepikMakanan Sehat/Foto: freepik/freepik

Kesehatan yang dimiliki biasanya jarang diapresiasi sampai seseorang sudah jatuh sakit. Ya, dengan fisik dan jiwa yang sehat, tentunya bisa menunjang aktivitas harianmu.

Selain itu, gaya hidup yang saat ini kamu jalankan juga kelak bisa dipetik manfaatnya di hari tua. Seperti dapat terhindar dari penyakit kronis akibat gaya hidup yang buruk sewaktu muda. Karena itu, rajinlah olahraga dan konsumsi makanan yang sehat.

3. Berani Mencoba

Perempuan cerdas terlalu sibuk mengenai pekerjaanIlustrasi perempuan yang berani mencoba banyak hal. / Foto: Freepik/ Jcomp/ Foto: Raudiya Nurfadilah H

Pernah gagal, bagi sebagian orang akan membuat mereka kapok untuk mencobanya lagi. Kecewa itu memang wajar, Beauties. Sedihlah sebentar secukupnya.. Yang perlu kamu ketahui bahwa setiap orang tentunya selain sukses, pernah mengalami yang namanya kegagalan.

Pada usia ini kamu bisa manfaatkan untuk mencari pengalaman dan menggali ilmu sebanyak-banyaknya. Tidak perlu menyalahkan diri sendiri secara berlebihan bila melakukan kesalahan.

4. Melakukan Self-Improvement Secara Konsisten

kecerdasan otakMembaca buku atau koran pagi/Foto: Pexels.com/cottonbro/

Yakni melakukan peningkatan diri agar menjadi lebih baik dari hari kemarin. Dalam hal ini kamu tidak lagi membandingkan diri sendiri dengan orang lain yang berujung bikin kamu insecure.

Caranya dengan berbaik hati pada diri sendiri dan orang lain. Seperti terbiasa melakukan positive self-talk, merawat kesehatan jiwa, memperbaiki kualitas tidur, juga rajin membaca buku.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation! Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id