sign up SIGN UP

Perjuangan Lady Gaga Melawan Kesehatan Mental yang Buruk Sejak Umur 19 Tahun

Cynthia Claudia | Beautynesia
Kamis, 12 Aug 2021 12:00 WIB
Perjuangan Lady Gaga Melawan Kesehatan Mental yang Buruk Sejak Umur 19 Tahun
caption

Lady Gaga, seorang penyanyi yang menerima penghargaan Artis Terbaik pada tahun 2010 oleh Billboard ternyata pernah berjuang melawan kesehatan mental yang buruk. Dalam serial Apple TV+ yang berjudul The Me You Can't See, Lady Gaga membuka diri mengenai serangan seksual yang dialaminya dan perjalanannya yang panjang untuk meningkatkan kesehatan mentalnya.

Pernah Mengalami Pemerkosaan

Lady Gaga
Lady Gaga/ Foto: Facebook/ Lady Gaga Now

Penyanyi Poker Face tersebut menceritakan tentang pengalamannya mengalami pemerkosaan dan pelecehan seksual dengan seorang produser, dilansir dari CNBC Indonesia. Ketika bekerja dengan produser tersebut, ia disuruh melepaskan semua pakaiannya. Lady Gaga yang masih berumur 19 tahun pun tidak tahu harus berbuat apa di tengah situasi seperti itu.

Pasalnya, produsernya mengancam akan membakar semua musiknya jika ia menolak. Ia hanya bisa terdiam dan tidak punya hak untuk melawan karena masih muda. Lady Gaga tidak menyebutkan siapa nama prosedurnya, ia hanya menekankan bahwa ia tidak ingin menghadapi produsen tersebut lagi dalam situasi apa pun.

Artis hollywood tersebut ternyata mengalami pelecehan selama bertahun-tahun, bahkan sampai berakhir di rumah sakit. Ia ingat sekali suatu saat tubuhnya sakit semua dan mengalami mati rasa, sampai muntah berminggu-minggu.

Kejadian itu membuat Lady Gaga trauma dan ia juga tidak mencari bantuan orang lain saat itu, tidak memiliki terapis, psikiater atau bantuan dari orang terdekat.

Berjuang Melawan Kesehatan Mental

Kesehatan Mental
Kesehatan Mental/ Foto: Pixabay

Karena pengalamannya itu, ia menjadi juru bicara di banyak komunitas dan menjadi terbuka untuk menceritakan perjuangannya sendiri, dikutip dari TeenVougue. Tidak hanya kekerasan seksual dan kesehatan mental, artis hollywood tersebut ternyata pernah mengalami PTSD, sakit kronis, dan lain-lain.

Dalam sebuah wawancaranya dengan Oprah Winfrey, Lady Gaga mengedukasi penonton untuk memahami penyakit mental dan hubungannya degan kesehatan secara keseluruhan serta membicarakan mengenai stigma seputar minum obat kesehatan mental.

Penyakit Fibromyalgia

Lady Gaga
Lady Gaga/ Foto: Facebook/ Lady Gaga Daily

Selama wawancara, artis hollywood itu berbicara jujur ​​tentang kesehatan mentalnya, pengalamannya melawan fibromyalgia, dan bagaimana minum obat kesehatan mental telah ‘membantunya’. Ia juga menekankan bagaimana bisa didiagnosis fibromyalgia sejak muda yang mempengaruhi perjalanan membangun kariernya selama ini.

Dilansir dari Mayo Clinic , fibromyalgia merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan rasa sakit luar biasa, kelelahan, dan kesulitan kognitif. Penyebab fibromyalgia secara pasti masih belum diketahui, namun hal itu dapat dipicu oleh trauma fisik dan emosional, atau stres psikologis berkepanjangan yang dialami seseorang.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id