sign up SIGN UP

Perlu Tahu! Inilah Sederet Fakta Menarik Tentang Wajib Militer di Korea Selatan

Raistamala Nediasani | Selasa, 27 Jul 2021 14:15 WIB
Perlu Tahu! Inilah Sederet Fakta Menarik Tentang Wajib Militer di Korea Selatan
caption

Istilah wajib militer tentu sudah tidak asing lagi bagi kaliankan Beauties? Apalagi untuk para penggemar K-Pop dan K-Drama, tentu istilah ini sangat familiar didengar.

Tapi tahukah kalian tentang fakta-fakta wajib militer? Berikut adalah sederet fakta tentang wajib militer di Korea Selatan. Simak yuk, Beauties!

Alasan Diberlakukannya Wajib Militer

Wajib MiliterWajib Militer Korea Selatan/ Foto: Soompi.com

Seperti yang kita tahu, Korea Selatan memang mewajibkan laki-laki di negaranya untuk mengikuti wajib militer sebagai bentuk pengabdian pada negara. Wajib militer berjalan selama 2 tahun. 

Peraturan wajib militer ini sudah mulai diberlakukan sejak tahun 1957, sebagai antisipasi terhadap serangan lanjutan dari Korea Utara pasca terjadinya Perang Korea. Kesepakatan untuk mengakhiri peperangan tersebut bukanlah hasil perdamaian, namun gencatan senjata dari kedua belah pihak. Oleh karena itu, pemerintah Korea Selatan membentuk sebuah benteng pertahanan dengan mewajibkan laki-laki di negaranya mengikuti wajib militer selama kurang lebih 2 tahun. 

Batas Usia 

Wajib militer hukumnya wajib diikuti oleh laki-laki usia 18-28 tahun yang berbadan sehat. Jika mereka masih usia 18 tahun, mereka masih boleh menunda wajib militer. Laki-laki yang berusia sekitar 18 tahun biasanya memilih dulu untuk kuliah 1-2 tahun, setelah lulus mereka akan mengikuti wajib militer.

Begitu juga dengan laki-laki yang ingin mengembangkan kareirnya, biasanya mereka akan menunda sementara waktu wajib militernya. Sedangkan laki-laki yang sudah berusia 28 tahun, mereka tidak bisa lagi menunda wajib militer dengan alasan apapun.

Dahulu batas usia maksimal penundaan wajib militer adalah 30 tahun. Namun sejak adanya perubahan undang-undang (UU) tentang pendaftaran militer, sejak Agustus 2018 batas usia maksimal wajib militer adalah 28 tahun.

Syarat Bebas Wajib Militer

semua pria wajib mengikuti wajib militer, termasuk idol sekalipun
Idol yang mengikuti wajib militer /Foto: Pinterest/Jichangwookkitchen.com

Meskipun diwajibkan, ada beberapa golongan yang dibebaskan dari wajib militer, diantaranya adalah orang yang memiliki gangguan mental, ilmuwan, kriminal, serta para pencari nafkah utama. Orang-orang yang memiliki bakat dan menyumbang prestasi untuk Korea Selatan juga dibebaskan dari kegiatan wajib militer. Walau dibebaskan dari wajib militer ini, mereka tetap diberikan pelatihan dasar militer.

Kegiatan dalam Wajib Militer

Beberapa minggu awal mengikuti wajib militer, mereka diberikan pelatihan dasar militer. Meskipun terlihat mudah, namun pelatihan dasar militer ini cukup susah lho, Beauties! Pelatihan dasar ini meliputi latihan dasar fisik seperti push up, marching, sampai latihan menembak. Selain itu, mereka akan dilatih untuk berpidato ala militer juga. 

Sisa Potongan Rambut Peserta Wajib Militer Tidak Dibuang

Saat akan mengikuti wajib militer, para laki-laki tersebut wajib mencukur rambutnya seperti ala militer. Namun di dalam pangkalan militer pun disediakan tempat pangkas rambut bagi yang belum sempat memangkas rambutnya.

Satu hal yang unik dari pemangkasan rambut ini adalah, rambut sisa mencukur tidak langsung dibuang begitu saja. Sisa potongan rambut akan disimpan di dalam sebuah kantong coklat. Hal ini dilakukan dengan tujuan sebagai antisipasi jika nanti mereka gugur saat menjalankan wajib militer, maka kantong coklat ini yang akan diberikan ke sanak keluarga mereka.

Cuti Bagi Peserta Wajib Militer

Wajib MiliterWajib Militer Korea Selatan/ Foto: Soompi.com

Selama mengikuti wajib militer ini, para peserta tetap diberikan hak untuk cuti. Cuti pertama biasanya diambil setelah 100 hari mengikuti wajib militer dan hanya 4 hari. selain itu, mereka juga akan mendapat cuti tambahan jika mendapat promosi jabatan. Cuti promosi jabatan biasanya berlaku selama 10 hari. Selain cuti pertama dan cuti promosi jabatan, para peserta wajib militer juga mendapat cuti lagi saat libur musim gugur.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id