sign up SIGN UP

Perpanjang Kontrak Tanpa Kehilangan Anggota, Idol Kpop Ini Langgeng Banget!

Astari Dewi Larasati | Beautynesia
Senin, 09 Aug 2021 13:30 WIB
Perpanjang Kontrak Tanpa Kehilangan Anggota, Idol Kpop Ini Langgeng Banget!
caption

Dalam industri musik Korea, sebuah grup Kpop punya kontrak dengan agensi agar berkomitmen selama tujuh tahun. Dalam kurun waktu ini biasanya paling sering dijadikan standar masa kontrak tiap idol Kpop. Namun seiring waktu berjalan, ada saja anggota yang memutuskan untuk pergi sebelum kontrak habis.

Bagi penggemar Kpop hal ini adalah kejadian yang sering terjadi dan menyakitkan. Apalagi kalau idol Kpop yang keluar merupakan biasnya. Jadi saat kontak mau habis, biasanya penggemar banyak yang was-was. Bertanya apakah semua anggota akan memperbarui kontrak atau nggak.

Dari banyaknya grup Kpop yang debut dari tahun 1996 sampai sekarang, hanya sedikit yang grup yang perpanjang kontrak tanpa kehilangan anggota. Bahkan bisa dihitung jari saja lho! Siapa saja? Inilah grup Kpop yang mampu mempertahankan formasi aslinya.

Seventeen

Idol Kpop yang nggak kehilangan anggotanya adalah Seventeen.
Grup Kpop Seventeen/pinterest.com/dbkpop

Grup yang memulai debut tanggal 26 Mei 2015 ini beranggotakan 13 orang. Tahun ini Seventeen sebenarnya habis kontrak dengan agensi yaitu, Pledis Entertainment. Hebatnya semua anggota secara keseluruhan berhasil memperbarui kontrak. Hal ini termasuk hal yang mengesankan karena jumlah anggotanya. Sehingga Seventeen jadi grup Kpop yang perpanjang kontrak dengan anggota terbanyak.

NU’EST

Idol Kpop yang nggak kehilangan anggotanya adalah NU’EST.
Grup Kpop NU’EST/pinterest.com/soompi

Selanjutnya ada rekan satu agensi Seventeen yaitu, NU’EST. Grup Kpop ini memulai debutnya sejak 15 Maret 2012. Walaupun pada awal debutnya mereka nggak berjalan mulus. Kemudian mengikuti acara survival sehingga membuat Minhyun lebih aktif di Wanna One dibandingkan grup aslinya. Namun lima anggota NU’EST secara keseluruhan memperpanjang kontrak pada Januari 2019 lalu.

SF9

Idol Kpop yang nggak kehilangan anggotanya adalah SF9.
Grup Kpop SF9/pinterest.com/buzzfeed

Dalam sepanjang sejarah agensi FNC Entertainment, akhirnya ada grup Kpop yang memperbarui kontraknya. SF9 yang beranggotakan sembilan orang memutuskan untuk tetap setia. Debut pada 5 Oktober 2016 dengan album Feeling Sensation kemudian perpanjang kontrak pada bulan Maret awal tahun ini.

BTS

Idol Kpop yang nggak kehilangan anggotanya adalah BTS.
Grup Kpop BTS/pinterest.com/blimybee

Hal ini sebenarnya sudah diprediksi oleh para penggemar grup Kpop yang debut tahun 2013 ini. Ketujuh anggota BTS membuat keputusan untuk melanjutkan dengan BigHit Labels saat habis kontrak tahun 2018 lalu. Namun sebenarnya kontak asli mereka habis baru tahun lalu.

SHINee

Idol Kpop yang nggak kehilangan anggotanya adalah SHINee.
Grup Kpop SHINee/pinterest.com/imgur

Terakhir, SHINee yang layak masuk ke dalam daftar ini. Walaupun Jonghyun meninggal pada akhir tahun 2017 lalu, mereka adalah satu-satunya grup dalam sejarah Kpop yang memperbarui kontrak sebanyak dua kali. Sekali pada tahun 2014 kemudian tahun 2018. Anggotanya pun nggak berubah sampai sekarang dan Jonghyun selalu menjadi anggota abadi.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id