sign up SIGN UP

Sama-sama Diminati, Berapa Kisaran Gaji Pegawai BUMN dan PNS? Cek di Sini, Beauties!

Martatillah Nikita Karin | Beautynesia
Minggu, 01 May 2022 16:00 WIB
Sama-sama Diminati, Berapa Kisaran Gaji Pegawai BUMN dan PNS? Cek di Sini, Beauties!
caption
Jakarta -

Beauties, sejak tanggal 14 April 2022 hingga 25 April 2022 lalu, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) secara resmi mengumumkan telah dibukanya rekrutmen besar-besaran. Terdapat lebih dari 2.700 lowongan di lebih dari 50 BUMN tersedia dengan berbagai jenis lowongan dari latar belakang pendidikan yang berbeda.

Terpantau hingga 23 April 2022, beberapa lowongan sudah ditutup karena kuota pendaftar telah penuh. Beberapa hari sebelumnya muncul trending topic di twitter mengenai SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) di mana banyak orang yang berbondong-bondong mengurus SKCK sebagai salah satu syarat pendaftaran BUMN. Antusiasme dalam pendaftaran BUMN ini tidak kalah populer dengan penerimaan CPNS.

Penerimaan besar-besaran BUMN ramai peminat. Bagaimana gaji karyawan BUMN?
Ilustrasi Pegawai BUMN/foto: pexels.com/rodnae-productions

Melihat antusiasme yang cukup tinggi, apakah karier sebagai pegawai BUMN sama menariknya seperti CPNS? Lantas, berapa, sih, besaran gaji dari masing-masing perusahaan di BUMN dan PNS? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Gaji BUMN

Berpakah gaji BUMN?
Ilustrasi Gaji/foto: pexels.com/alexander-mils

Siapa tidak mengenal perusahaan Telkom? Sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi yang cukup besar di Indonesia, eksistensinya sudah tidak diragukan lagi. Hingga periode 31 Agustus 2021 untuk level staff, PT Telkom bisa memberikan gaji kepada karyawannya sebesar Rp8 juta per bulan.

Sedangkan untuk jalur Management Trainee, karyawan akan menerima gaji sebesar Rp7 juta hingga Rp8 juta per bulan. Untuk posisi senior manager, gaji bisa berkisar di angka Rp39 juta hingga Rp40 juta per bulan. Bagi posisi yang lebih tinggi seperti product manager hingga strategic investment manager dapat berkisar hingga di atas Rp50 juta per bulan. Angka yang cukup fantastis, bukan?

Selanjutnya untuk perbankan, mari ambil contoh untuk Bank Mandiri. Gaji yang diterima untuk karyawan baru yang direkrut melalui program Management Trainee akan diberikan gaji sebesar Rp6 juta per bulan dan level staff digaji Rp10 juta per bulan. Sedangkan untuk level area branch manager dapat menerima gaji hingga Rp68 juta hingga Rp74 juta per bulan.

Berapa sih gaji sebagai karyawan BUMN?
Ilustrasi Menghitung Gaji/foto: pexels.com/karolina-grabowska

Lalu bagaimana dengan perusahaan sekelas Pertamina?

Dengan beragam posisi, Pertamina dapat menggaji karyawannya dari level engineer hingga staff dengan kisaran yang berbeda-beda. Untuk posisi site engineering berada di angka kisaran Rp30 juta dan level engineer mencapai Rp19 juta per bulan.

Bagi level analis akan mendapatkan gaji dengan kisaran Rp10 juta hingga Rp30 juta, dan IT spesialis mencapai Rp20 juta. Sementara itu gaji petugas SPBU disebut berada pada kisaran Rp 1,9 juta hingga Rp5,1 juta per bulan.

Gaji Pokok PNS

Berapa kisaran gaji yang diterima PNS setiap bulan?
Ilustrasi Gaji PNS/foto: pexels.com/anna-nekrashevich

Berdasarkan PP Nomor 15/2019, gaji PNS terbagi menjadi beberapa golongan. Adapun golongan tersebut terbagi menjadi golongan I hingga golongan IV. Masing-masing golongan terbagi lagi menjadi beberapa jenis.

Untuk golongan I mulai dari Ia hingga Id, besarnya gaji pokok berkisar di angka Rp1,5 juta hingga Rp2,6 juta. Sedangkan yang tertinggi berada di golongan IV yang terbagi menjadi golongan IVa hingga IVd. Jumlahnya mulai dari Rp3 juta hingga Rp5,9 juta.

Gaji tersebut merupakan gaji pokok  yang belum ditambah dengan tunjangan-tunjangan lain. Tunjangan tersebutlah yang menjadikan gaji PNS berada jauh di atas gaji pokoknya. Selain itu, ada kebijakan lain seperti uang pensiun yang diterima oleh pensiunan PNS setiap bulannya yang tidak didapat oleh pegawai BUMN. Pegawai BUMN menerima uang pesangon yang diberikan oleh tiap perusahaan melalui mekanisme kebijakan masing-masing.

Itulah perbedaan gaji pegawai BUMN dan PNS yang dilansir dari CNBC Indonesia. Membicarakan gaji tentunya merupakan hal utama yang dijadikan pertimbangan bagi kamu untuk memilih pekerjaan. Namun yang terpenting adalah, bagaimana kamu bisa berkarya di manapun tempat kerjamu dan melakukan yang terbaik sesuai dengan apa yang kamu minati.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id