STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Pujian Bisa Bikin Makin Langgeng Hubungan, lho! Ini Cara Melakukannya Secara Tulus

Debby Diah Ekawati Erawan | Beautynesia
Selasa, 24 May 2022 14:30 WIB
Pujian Bisa Bikin Makin Langgeng Hubungan, lho! Ini Cara Melakukannya Secara Tulus

Siapa, sih, yang nggak mau kalau hubungannya langgeng? Pasti kebanyakan pasangan punya harapan untuk menua bersama sampai maut yang memisahkan. Tapi, untuk bisa berada sampai fase menua bersama ini tentunya bukan hal yang mudah, ya, Beauties.

Membutuhkan kerja sama dari dua orang untuk merawatnya. Sementara saat menjalaninya tentu akan berkali-kali dihadapkan dengan masalah. “Dia, kok, sekarang lebih cuek, ya. Nggak seperti awal pacaran..” Pernah mendengar temanmu atau bahkan Beauties sendiri berkata seperti itu?

Dilansir dari The Gottman Institute tahap awal hubungan ini disebut dengan limerence. Limerence adalah kondisi psikologis di mana kita sedang tergila-gila dengan orang lain, tetapi biasanya dialami tanpa sadar, dan ditandai dengan keinginan kuat untuk membalas perasaan seseorang. Kondisi ini sering juga disebut dengan “honeymoon phase.” Pada fase ini biasanya hubungan kita sedang manis-manisnya, Beauties. Semuanya terasa indah.

Sayangnya, fase ini tidak bertahan lama, kebosanan dapat dipastikan akan tetap dirasakan oleh kita. Menurut penelitian, fase ini juga disebabkan oleh beberapa hormon, lho. Melansir dari Up Journey, hormon-hormon itu adalah dopamine, serotonin, norepinephrine, dan oxytocin.

Tapi, jangan khawatir, ada salah satu di antara sekian banyak kiat yang dianggap bisa menjaga hubungan kamu tetap erat, Beauties. It’s your appreciation towards your partner! Tapi apresiasi yang seperti apa, sih, yang bisa bikin hubungan awet itu?

1. Pujian Terhadap Fisik

Pujian Terhadap Fisik/Foto: Freepik/Cookie_studio
Pujian Terhadap Fisik/Foto: Freepik/Cookie_studio

Kaum pria kebanyakan tumbuh di lingkungan yang minim apresiasi, kalau kita sebagai kaum perempuan memuji satu sama lain bukanlah hal yang baru, tapi mendengar pria memuji pria lainnya? Masih agak terdengar tabu, ya, Beauties. Karena itulah, memuji kaum pria ini bisa membuat mereka merasa benar-benar dihargai.

Memuji penampilan fisiknya adalah salah satunya. Misalnya kamu memuji penampilan potongan rambutnya atau pakaian yang dia kenakan. “Potongan rambut kamu pas banget, deh. Jadi bikin kamu makin keliatan ganteng.”

2. Pujian Terhadap Cara Dia Memperlakukanmu

Pujian Terhadap Cara Dia Memperlakukanmu/Foto: Freepik/Lookstudio
Pujian Terhadap Cara Dia Memperlakukanmu/Foto: Freepik/Lookstudio

Seiring berjalannya waktu, terkadang kita jadi sering melupakan hal-hal kecil yang sebetulnya perlu kita apresiasi. Bisa jadi kita menganggap kalau perbuatannya itu memang sudah menjadi kewajibannya. Padahal hal kecil itu ketika dihargai bisa membuat hubunganmu semakin erat dan harmonis.

Misalnya ketika dia menjemputmu padahal dia pun sedang sibuk, kamu bisa mengatakan, “Terima kasih, ya, kamu udah jemput aku. Padahal kamu lagi banyak kerjaan akhir-akhir ini. You are the best.”

3. Pujian Terhadap Sifat, Sikap, atau Caranya Berpikir

Pujian Terhadap Sifat, Sikap, atau Caranya Berpikir/Foto: Freepik/Halayalex
Pujian Terhadap Sifat, Sikap, atau Caranya Berpikir/Foto: Freepik/Halayalex


Sifat, sikap, dan caranya berpikir mungkin sangat berbeda dengan kita, tapi, tentunya akan ada hal-hal menarik dari perbedaan itu, Beauties.

Kalau kita bersikap kekanakan dan dia bisa menghadapinya dengan dewasa, kita juga perlu mengapresiasinya, lho! Atau ketika sedang ada masalah dan dia bisa menangani dengan kepala dingin dan tidak ikut terpancing emosi dan drama, we definitely one of the luckiest person on earth!

Nah, agar hubungan kalian tetap terjaga, Beauties juga harus memujinya atas sikapnya itu, “Kamu keren banget, deh, bisa nenangin aku pas lagi drama dan ngomel-ngomel kemarin. Aku tau itu susah banget buat bisa tetap tenang dan nggak ikut terpancing emosi. Kamu itu dewasa, salah satu sikap yang aku suka banget dari kamu.”

4. Pujian Terhadap Usahanya Membantumu

Pujian Terhadap Usahanya Membantumu/Foto: Freepik/Halayalex
Pujian Terhadap Usahanya Membantumu/Foto: Freepik/Halayalex

Beauties, biasanya respons seperti apa, sih, yang kamu berikan kepada pasanganmu saat dia membantu kamu?

Apakah Beauties cuek saja karena merasa itu sudah menjadi kewajibannya atau mengucapkan terima kasih hanya sambil lalu? Kalau kedua contoh di atas sama seperti yang selama ini kamu lakukan, yuk, mulai ubah kebiasaan ini.

Meski memang terasa seperti sudah seharusnya, Beauties jangan sampai melupakan bahwa dia sudah berusaha untuk melakukan semampunya, dia meluangkan waktunya, dan dia ingin meringankan bebanmu.

Kalau kamu menghargainya karena dia sudah berniat membantumu, dijamin pasanganmu pasti senang sekali, Beauties..

"Makasih, ya, kamu udah bantuin aku. Padahal aku tau kamu sebenernya nggak suka kalau udah ada kaitannya sama hitung-hitungan. Tapi kamu tetep berusaha buat bantuin aku."

5. Pujian Terhadap Hal-hal Kecil yang Dia Ingat tentang Kamu

Pujian Terhadap Hal-Hal Kecil yang Dia Ingat Tentang Kamu/Foto: Freepik/Lookstudio
Pujian Terhadap Hal-Hal Kecil yang Dia Ingat Tentang Kamu/Foto: Freepik/Lookstudio

Hal-hal kecil yang kita sukai dan diingat oleh pasangan itu salah satu hal termanis, Beauties setuju nggak?

Karena mengingat hal-hal yang di luar tentang diri sendiri tentunya membutuhkan niat dan usaha. Sering, kan, kita menemukan orang lupa pada hal-hal penting? Hmm, hal penting saja lupa, bagaimana dengan hal kecil, biasanya kita berpikiran begitu.

Saat dia mengingatnya, itu juga menjadi tanda bahwa dia memperhatikan detail-detail tentang kamu. Misalnya dia mengingat rasa vanila sebagai es krim favoritmu dan membelikannya untukmu, kamu bisa, lho, mengatakan, "Terima kasih, ya, kamu udah ingat banyak hal kecil tentang aku. Termasuk kamu ingat dan membelikan es krim yang jadi favoritku. You're just as sweet as this ice cream."

Yuk, mulai membiasakan diri memberikan apresiasi-apresiasi terhadap pasangan, hal kecil ini memang tampak mudah dilakukan, namun sering kali kita lupakan. Tapi, tetap jangan terlalu berlebihan, ya. Karena kalau sampai berlebihan, nanti malah pasanganmu mengira kamu tidak tulus memujinya.

Let's love out loud, Beauties!

----


Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE