sign up SIGN UP

BEAUTYNESIA QUEEN OF THE MONTH

Queen of The Month: Perjuangan Nilamsari Bos Kebab Baba Rafi Bangkit dari Keterpurukan

Rayoga Firdaus | Beautynesia
Rabu, 19 Jan 2022 15:30 WIB
Queen of The Month: Perjuangan Nilamsari Bos Kebab Baba Rafi Bangkit dari Keterpurukan
caption
Jakarta -

Beautynesia kembali meluncurkan program Queen of the Month. Setiap bulannya Beautynesia akan mengundang figur inspiratif yang berkaitan dengan isu atau tema yang kami angkat. Pada bulan Januari 2022 ini, #JadiLebihBaik menjadi tema besar yang kami angkat.

Nilamsari Sahadewa selaku CEO dari PT. Sari Kreasi Boga dan PT. Baba Rafi Indonesia terpilih sebagai sosok Queen of the Month bulan ini. Nilam membagikan bagaimana ia berhasil melalui masa-masa kelam baik di kehidupan personal maupun bisnisnya, serta membagikan tips sukses menjadi seorang entrepreneur.

Titik Terendah

Queen of The Month: NilamsariQueen of The Month: Nilamsari, (jaket & celana, Nona, courtesy of Hypefast)/ Foto: Beautynesia

We don't grow when things are easy, we grow when we face challenges. Ungkapan bijak tersebut kiranya cukup menggambarkan perjuangan Nilam Sahadewa dalam mengembangkan bisnis Kebab Baba Rafi. Sudah 18 tahun berkembang hingga berhasil berekspansi ke 10 negara, nyatanya jalan yang dilalui Nilam tidaklah mudah. Bahkan diakuinya sempat menjadi titik terendah dalam hidup.

"Tahun 2017 menjadi titik terendah saya. I went through divorce, dan perusahaan akhirnya harus dibagi menjadi dua. Saya menangani wilayah barat dari Aceh sampai Solo, dan Solo sampai timur Indonesia menjadi bagian mantan suami," terangnya.

Peliknya proses perceraian yang dilaluinya kala itu tak hanya seputar permasalahan rumah tangga tapi juga menjalar ke ranah bisnis, dan bahkan sampai ramai di media massa. Tekanan lain turut datang dari keluarga di mana sang Ibu divonis mengidap leukemia stadium 4. Merasa berat dengan beragam cobaan yang dihadapi, Nilam mengakui sempat putus asa dan marah terhadap Tuhan.

"Saya marah sama Tuhan, saya baru mau menyenangkan orang tua kok Ibu saya harus di rumah sakit. Dan itu cepat banget, tiga bulan di rumah sakit beliau berpulang," ujarnya berkaca-kaca.

"Lalu dalam proses pemisahan perusahaan juga tidaklah mudah. Pemegang franchise juga saat itu ada yang melayangkan gugatan ke pengadilan. Karena situasi yang kurang kondusif akhirnya kita tidak punya cash flow dan supplier juga mulai meneror dengan mengambil mobil dan motor. Ada masanya saya benar-benar tidak ingin melihat ponsel sama sekali. Karena menghadapi diri sendiri saja saya tidak kuat apalagi orang lain. Tapi waktu itu, Bapak saya selalu mengingatkan 'Hadapi aja. Ketika kamu menghadapinya dan sehari saja nggak usah diputar-putar dengan memikirkan kapan selesainya. Orang pasti akan bisa melihat kita punya niat baik jika kita menghadapinya dan mereka pasti akan kasih waktu."

Sempat Ingin Mengakhiri Hidup

Queen of The Month: NilamsariQueen of The Month: Nilamsari (jaket & celana, Nona (courtesy of Hypefast)/ Foto: Beautynesia

Keputusan berat juga harus diambil terkait nasib karyawan. Pemisahan perusahaan juga berdampak akan perubahan struktur organisasi di mana ia harus mengurangi jumlah pegawai hingga 320 orang. Hal tersebut ia harus lakukan ketika masih dalam kondisi berduka, dua hari setelah pemakaman sang Ibu.

"Saat itu saya telat dua hari membayar gaji karyawan karena sedang berduka. Ketika sampai kantor mereka berdiri di depan saya pikir mereka ikut berduka taunya saya diteriaki 'Wuuu'. Saya sungguh sedih karena sebelumnya saya tidak pernah telat dalam membayar gaji. Apalagi saya juga sedang berduka. Kebetulan saat itu saya ditemani Bapak dan beliau menguatkan."

Selesai mengumumkan pengumuman karyawan di mana mereka diakui Nilam dapat mengerti dengan situasi perusahaan, ia justru mendapat kabar akan somasi dari pemegang franchise. Merasa sudah tidak kuat, Nilam bahkan sempat memikirkan ingin mengakhiri hidup namun akhirnya urung karena tersadar bahwa ia masih bisa bangkit dengan dukungan keluarga dan orang sekitar.

Perlahan Tapi Pasti Bangkit

Queen of The Month: NilamsariQueen of The Month: Nilamsari (Denim bustier corak tie-dye, Nona x wearstatusquo x TVF, courtesy of Hypefast)/ Foto: Beautynesia

Selain tetap kuat dalam menghadapi masalah, keyakinan lain yang membuat Nilam untuk bangkit adalah dengan mengalihkan pikiran sejenak dari masalah dalam hal ini bersilaturahmi dengan sesama.

"Saya kalau berdiam diri di rumah dan kantor itu malah menutup pikiran saya. Akhirnya banyak keluar ketemu orang ternyata dari situ malah menambah network baru. Benar kata Tuhan 'Ketika kamu dalam kesempitan cobalah bersilaturahmi itu akan membuka rezeki' dan itu yang terjadi. Banyak banget ketemu orang, bantuan dan juga mendapat ide baru. Waktu itu ada beberapa teman menyarankan kenapa nggak coba mencari pendanaan atau menjual sebagian saham. Karena kalau mengurus semua sendiri, dengan keributan bersama ex-husband masih intens dan tiap bulan saya masih mendapat somasi, akhirnya saya terbuka dengan ide itu.

Oktober 2019 saya ketemu calon investor lalu mulai due diligence, dan Desember tanda tangan pendanaan. Dana masuk dan dapat partner bisnis."
Tak hanya bisnis yang mulai pulih, perlahan Nilam juga mulai menemukan kekuatan dan harapan. Ia kembali dipertemukan dengan teman lama dan tiga bulan setelah dekat mereka pun memutuskan untuk menikah. Nilam mengakui bahwa sang suami,yang juga pebisnis, rela bekerja dari kantornya hanya untuk memberi dukungan moral pada Nilam.

Selalu ada hikmah dari setiap cobaan. Terlepas dari bisnisnya yang semakin berkembang dan bahkan kini sudah berekspansi ke ranah dunia kecantikan dan konsultan bisnis, ia juga menjadi pribadi yang lebih kuat dan tenang dalam melihat peliknya hidup.

"Menurut saya, kadang kalau lagi menghadapi cobaan jalani aja dengan baik. Jangan terlalu diputar masalahnya, besok gimana, setahun lagi gimana. Wah bisa hancur. Ya nama pikiran manusia yang paling sulit menaklukkan pikiran sendiri. Tapi at the end of the day, kalau Tuhan sudah berkata 'Ok cobaanmu sudah selesai, akan dicabut semua'. Tapi saya tahu hidup memang tidak mudah namun mudah-mudahan kita bisa mengambil berkah dari setiap kejadian."

Apa tips sukses ala Nilamsari dalam berbisnis? Kamu bisa tonton selengkapnya pada video di bawah ini.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id