Ragam Peluang Karier di Industri Fashion yang Antimainstream, Nggak Cuma Desainer!

Henny Alifah | Beautynesia
Selasa, 25 Mar 2025 11:30 WIB
Ragam Peluang Karier di Industri Fashion yang Antimainstream, Nggak Cuma Desainer!
Foto: Pexels.com/Thirdman

Dunia mode jauh lebih luas dari hilir mudik para desainer, penata gaya, dan editor fashion. Industri ini penuh dengan karier tak terduga yang saling melengkapi satu sama lain sehingga mampu menggerakkan industri yang besar.

Kalau kamu menyukai mode tetapi tidak cocok dengan peran-peran tradisional yang umum, masih ada banyak peluang karier di bidang ini lho, Beauties. Melansir Stylist Elixir, ini dia daftar profesi di industri mode yang antimainstream.

Fashion Fixer (Celebrity Brand Broker)

Ilustrasi karier fashion

Ilustrasi/ Foto: Pexels.com/Thirdman

Apa itu Fashion Fixer? Untuk memahami profesi ini, kamu perlu tahu bahwa kesepakatan besar dengan merek tidak terjadi secara kebetulan.

Fashion fixer adalah pekerjaan para ahli mode di balik layar yang bertindak seperti broker alias pialang atau perantara. Mereka menghubungkan merek dengan selebritas, mengamankan penempatan produk, dan menjadi perantara kemitraan yang membentuk industri. Jika kamu memiliki koneksi industri yang kuat dan suka membuat kesepakatan, karier berisiko tinggi ini cocok untukmu.

Showroom Coordinator

Penata gaya, editor, dan selebritas juga tidak serta merta menemukan karya desainer. Di sinilah seorang koordinator mengambil perannya untuk menangani semua permintaan.

Showroom coordinator mengatur sampel, mengawasi permintaan Fashion PR, dan menjaga hubungan antara merek dan penata gaya. Jika kamu menyukai organisasi dan Fashion PR, peran ini sangat penting.

Fashion Forecaster

Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa suatu tren mendadak populer hingga meledak di pasaran? Nah, di situlah andil fashion forecaster.

Seperti peramal mode, mereka menganalisis data, budaya, dan perilaku konsumen untuk memprediksi apa yang akan dikenakan orang-orang di masa depan. Merek mengandalkan mereka untuk tetap unggul.

Production Manager

Penasaran bagaimana peragaan busana, kampanye, atau pemotretan mode berlangsung? Production manager atau manajer produksi menangani logistik, jadwal, dan anggaran, serta memastikan semua kegiatan berjalan lancar. Peran di balik layar ini akan cocok jika kamu suka kegiatan mengatur dan memecahkan masalah.

Fashion Buyer

Ilustrasi Karier Fashion/ Foto: Pexels.com/Olly

Fashion buyer memutuskan apa yang akan dijual di sebuah toko. Mereka memprediksi tren, mengelola anggaran, dan memilih barang yang akan laku. Peran ini membutuhkan keterampilan bisnis yang kuat, kesadaran tren, dan kemampuan negosiasi. Jika kamu menyukai mode tetapi menginginkan peran komersial, peran ini sangat cocok.

Celebrity Dresser

Di balik momen karpet merah yang bertabur bintang, celebrity dresser bekerja memastikan para artis tampil sempurna sebelum tampil di depan kamera. Mulai dari menjahit di menit-menit terakhir hingga menangani kesalahan tata busana, ini adalah peran yang menegangkan namun mengasyikkan dalam bidang tata busana.

Fashion Copywriter

Industri mode juga membutuhkan seorang penulis naskah yang menyusun narasi menarik untuk kampanye mode, situs web, dan siaran pers. Dari merek mewah hingga label streetwear, fashion copywriter membentuk bahasa mode. Jika kamu gemar menulis dan bercerita, ini adalah karier yang memadukan kreativitas dan perdagangan.

Textile Developer

Sebelum koleksi dirancang, harus ada kain terlebih dahulu. Di sini, textile developer atau pengembang tekstil bekerja sama dengan merek untuk bereksperimen dengan tekstur, bahan, dan inovasi seperti kain yang berkelanjutan, ramah lingkungan, atau berbasis teknologi. Kalau kamu menyukai sains di balik mode, di sinilah kreativitas bertemu dengan teknologi.

Fashion Marketing Strategist

Ilustrasi Karier Fashion/ Foto: Pexels.com/Liza Summer

Merek mode membutuhkan marketing strategist atau ahli strategi pemasaran untuk membuat kampanye, meningkatkan kesadaran merek, dan menjual produk. Kalau kamu menyukai strategi, periklanan, dan analitik, peran ini adalah bagian bisnis mode.

Fashion Law Specialist

Dari masalah hak cipta hingga kontrak merek, merek mode membutuhkan pakar hukum yang memahami industri ini. Fashion law specialist atau pengacara mode melindungi kekayaan intelektual, menegosiasikan kesepakatan, dan menangani perselisihan. Kalau kamu tertarik dengan hukum dan mode, ini adalah jalur karier yang sangat terspesialisasi.

Digital Fashion Designer

Munculnya mode virtual berarti merek kini mempekerjakan digital fashion designer atau perancang busana digital untuk membuat pakaian bagi avatar, game, dan metaverse. Pekerjaan di bidang ini termasuk yang paling cepat berkembang di industri.

Visual Merchandiser

Pernahkah kamu berjalan melewati etalase toko dan merasa tertarik untuk masuk ke dalamnya? Itulah pekerjaan seorang visual merchandiser, orang di balik tata letak toko, penempatan produk, dan pajangan yang membuat orang ingin berbelanja. Jika kamu memiliki selera gaya tetapi tidak ingin bekerja dengan klien, ini bisa menjadi pilihan profesi yang tepat.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE