STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Rahasia Menghindari Perceraian, Coba 5 Langkah Perkuat Ikatan Suami Istri Ini, Beauties!

Novianty Aulia Anjani | Beautynesia
Rabu, 20 Apr 2022 22:15 WIB
Rahasia Menghindari Perceraian, Coba 5 Langkah Perkuat Ikatan Suami Istri Ini, Beauties!

Tidak selalu indah, beragam hal baru dapat menjadi tantangan yang dapat menguji kehidupan rumah tangga.

Kebahagiaan serta keharmonisan keluarga, mungkin saja lho Beauties dapat menghilang bila tanpa adanya usaha serta solusi dari masing-masing pihak. Tidak jarang, keputusan sulit seperti bercerai menjadi jalan keluar yang dipilih oleh beberapa pasangan, karena tidak mampu meneruskan kembali rumah tangga yang sudah ada.

Untuk mengusahakan dulu rumah tangga yang jauh dari kata pisah, berikut Beautynesia telah merangkum 5 langkah yang dapat dilakukan untuk memperkuat jalinan suami istri. Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

Tetap Hargai Ruang Pribadi Masing-masing

Selalu hargai ruang masing-masing dan jangan terlalu mengontrol pasangan sekalipun dalam ikatan suami istri.
Jangan membatasi ruang pribadi pasangan/Foto:Freepik.com/Freepik


Alih-alih memperbesar rasa sayang, terlalu mengontrol kehidupan pasangan justru bisa menjadi permasalahan utama dalam hubungan rumah tangga. Sesekali melarang pasangan mungkin tidak jadi masalah, tetapi dengan terus mengekang kehidupan, bahkan mengubah kepribadian pasangan hanya untuk memenuhi ego milik pribadi, itu hanya akan membebani, dan tak jarang dapat berujung perceraian.

Seperti yang dikutip dari laman Very Well Mind, kebiasaan mengatur yang semula dilakukan karena perasaan kasih sayang, lambat laun dapat berubah menjadi sebuah obsesi buruk bahkan kekerasan emosional yang membuat pernikahan jauh dari kata sehat dan ideal.

Selalu Kedepankan Komitmen

Dalam memutuskan serta menjalani rumah tangga, selalu kedepankan komitmen bersama.
Kedepankan komitmen dalam segala sesuatunya/Foto:Freepik.com/Pressfoto


Lebih dari sekadar janji, komitmen ialah wujud dari pengabdian serta tanggung jawab yang idealnya dipegang oleh masing-masing pasangan dalam suatu hubungan. Seperti halnya dalam rumah tangga, keberadaan komitmen menjadi salah satu kunci keberhasilan yang harus diwujudkan bersama-sama, melalui kesetiaan serta hal-hal baik lain untuk keberlangsungan hubungan kedepannya.

Jadikanlah komitmen sebagai pedoman dalam melakukan segala sesuatunya, Beauties, terutama ketika menyelesaikan masalah agar perbedaan yang ada dapat terminimalisir dengan baik. Diperlukan usaha serta keyakinan bersama untuk terus mewujudkan komitmen demi mencapai hubungan rumah tangga yang stabil.

Pertahankan Komunikasi yang Ideal

Sebagai salah satu pondasi utama dalam pernikahan, cobalah untuk mempertahankan pola komunikasi sehat serta ideal bersama pasangan.
Wujudkan komunikasi secara ideal dan terbuka dengan pasangan/Foto:Freepik.com/Lookstudio


Tidak hanya sekadar berbicara dan mendengar, komunikasi dalam sebuah pernikahan menjadi pilar utama yang harus diwujudkan secara tepat dan ideal. Beragam hal-hal krusial perlu dibicarakan dengan pasangan seperti halnya keuangan, keluarga, anak, serta keputusan penting lain yang menjadi landasan dari berlangsungnya pernikahanmu.

Hanya mendengarkan saja tidaklah cukup, penting bagi kamu dan pasangan untuk benar-benar menghargai serta memahami secara tulus apa yang dibicarakan untuk sampai pada keputusan bersama.

Hindari self center atau sikap terlalu dominan, kedepankan sikap rendah hati dan keterbukaan agar komunikasi berjalan seimbang dan pesan diterima secara dua arah.

Hindari Kebiasaan Mengungkit Kesalahan Lama

Hindari kebiasaan mengungkit kembali permasalahan yang telah selesai di masa lalu.
Jangan mengunkit kembali kejadian di masa lampau/Foto:Freepik.com/Our-team


Sesuatu yang sudah terjadi biarkan tetap menjadi masa lalu menjadi salah satu prinsip utama dalam sebuah pernikahan. Tidak peduli sekesal apapun kamu, hindarilah kebiasaan mengungkit kembali kesalahan pasangan terlebih ketika hal tersebut sudah diselesaikan sebelumnya.

Melansir dari laman Marriage, terlalu sering meributkan hal sepele terlebih sesuatu yang sudah usai hanya akan meningkatkan stres sehingga pernikahan dipenuhi oleh tekanan serta konflik pernikahan yang berpotensi berujung besar setiap harinya.

Bagian terpenting dari pernikahan ialah kemampuan satu sama lain untuk saling memaafkan dan melanjutkan hubungan sesuai komitmen, karena sejatinya pernikahan yang sehat ialah yang terfokus pada masa kini bukan masa lalu, Beauties.

Saling Memahami Love Language Masing-masing

Pastikan kamu dan pasangan saling mengetahui love languange masing-masing
Saling mengerti kebutuhan bahasa cinta masing-masing/Foto:Freepik.com/Yanalya


Sebagai cara dalam mengekspresikan serta menerima perasaan cinta, penting bagi kamu untuk saling memahami kebutuhan bahasa cinta atau yang kerap disebut love language. baik dari diri kamu sendiri dan juga pasanganmu.

Keberhasilan dalam memahami hal inilah yang menjadi salah satu indikator terpenting dari hubungan rumah tangga yang sehat karena terpenuhinya kasih sayang yang diinginkan oleh masing-masing pihak.

Selain semakin mudahnya menyalurkan kasih sayang, pemahaman atas love language dapat membuat satu sama lain melihat jelas usaha masing-masing untuk membahagiakan pasangan sehingga saling merasa dihargai.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE