sign up SIGN UP

Ramai Soal CFW, Ini Fakta Unik Daerah Citayam yang Nggak Banyak Orang Tahu!

Meliana Gusti | Beautynesia
Rabu, 03 Aug 2022 17:30 WIB
Ramai Soal CFW, Ini Fakta Unik Daerah Citayam yang Nggak Banyak Orang Tahu!
Ini Fakta Unik Daerah Citayam yang Nggak Banyak Orang Tahu/Foto: instagram galeritjtajam

Citayam Fashion Week belakangan ini menjadi topik teramai diperbincangkan. Beauties, pasti udah dengar kisah muda mudi dengan outfit yang nyentrik di kawasan Sudirman, Jakarta. Bahkan para artis Tanah Air pun ikut tertarik dengan fashion muda mudi asal daerah Citayam, Depok Jawa Barat ini. 

Tak hanya influencer, para pejabat juga ikut serta dalam tren ini. Diantaranya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang ikut adu fashion di kawasan tersebut.

Jadi ramai disebut gara-gara CFW, ternyata ada beberapa fakta tentang Citayam yang memang sudah terkenal sejak dulu lho, Beauties. Mulai dari stasiun kereta, hingga kisah masa lalunya. Mau tau faktanya apa aja? Yuk simak deretannya, seperti yang dilansir dari berbagai sumber!

Asal Nama Citayam

Ilustrasi desa Citayam.
Ilustrasi desa Citayam/ foto: instagram galeritjtajam

Citayam merupakan suatu daerah yang berada diantara Kota Depok dan Kabupaten Bogor. Namun secara administratif, Citayam merupakan bagian Kabupaten Bogor.

Asal nama Citayam yaitu berasal dari bahasa Sunda yang terdiri dari dua kata, yaitu Cit (dari kata peucit) dan ayam yang menjadi pameuncitan ayam atau pemotongan ayam.

Sudah Ada Sejak Kolonial Belanda

Citayam terdapat stasiun yang sudah berdiri sejak kolonial Belanda.
Citayam terdapat stasiun yang sudah berdiri sejak kolonial Belanda/ foto: instagram citayamfashionweek.jkt

Ternyata Citayam dahulunya kawasan perkebunan milik Belanda, Beauties. Dulu orang mengenalnya dengan Land Tjitajam.

Kawasan ini terkenal cukup maju pada masa kolonialisme, terbukti dengan adanya stasiun kereta yang berdiri sejak 1873. Stasiun ini didirikan oleh perusahaan kereta api Belanda, Nedherlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM). 

Kini ABG-nya Suka Nongkrong di Sudirman

ABG dari Citayam datang ke Sudirman untuk fashion week.
ABG dari Citayam datang ke Sudirman untuk fashion week/ foto: instagram citayamfashionweek.jkt

Kebiasaan muda mudi dari Citayam yang suka nongkrong di kawasan Sudirman menjadi salah satu alasan munculnya Citayam Fashion Week. Dilansir dari detikFinance, di Kecamatan Bojong Gede ada Taman Perubahan yang masih kurang penghijauan sehingga terasa panas. ABG dari Citayam ini ke Sudirman menggunakan kereta api, yang berjarak sekitar 35-40 kilometer, untuk nongkrong.

Itu dia fakta unik tentang daerah Citayam. Kira-kira kamu berminat untuk ikutan Citayam Fashion Week nggak nih, Beauties? Siapkan outfit terbaik kamu ya, dan tetap patuhi aturan yang berlaku ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id