sign up SIGN UP

Resign Bisa Jadi Pilihan, Ini 5 Dampak Memaksakan Diri Melakukan Pekerjaan yang Tidak Disukai

ira syafira | Beautynesia
Selasa, 27 Jul 2021 16:15 WIB
Resign Bisa Jadi Pilihan, Ini 5 Dampak Memaksakan Diri Melakukan Pekerjaan yang Tidak Disukai
caption

Tidak semua orang bisa bekerja di bidang yang benar-benar ia inginkan. Ketika sudah lelah tak kunjung mendapatkan pekerjaan, maka seseorang mau tidak mau akan mengambil peluang pekerjaan yang ada. Hal ini seringkali dilakukan oleh seseorang karena adanya tuntutan ekonomi agar tetap bisa berpenghasilan.

Dilansir dari Health Detik, menurut psikolog Vicka Yunita Tjhin MPsi, Psi, mengatakan, memaksakan diri bekerja tidak sesuai passion tanpa sadar akan memancing efek negatif seperti rasa tidak nyaman atau penurunan produktivitas ketika bekerja. Sehingga, hasil kinerja yang diberikan menjadi tidak maksimal dan sekedar untuk mencapai target pekerjaan saja. 

Oleh sebab itu, sebaiknya kamu memahami sampai di titik mana kemampuanmu melakukan pekerjaan tersebut. Jika terus menerus memaksakan diri, bisa-bisa kamu akan mengalami beberapa dampak seperti berikut ini.

1. Tidak Bisa Menikmati Pekerjaan

Tidak menikmati pekerjaan/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio
Tidak menikmati pekerjaan/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Siapa orang yang tidak ingin melakukan pekerjaanya dengan tenang dan enjoy? Pasti semua orang menginginkan hal tersebut tentunya. Namun, jika kamu salah satu orang yang terlalu memaksakan diri dalam pekerjaan, maka semakin lama kamu tidak akan bisa menikmati pekerjaan tersebut. 

Ketika kita sudah terjun ke dalam bidang yang kita cinta, pasti kita akan tulus melakukan pekerjaan tersebut. Bahkan dengan banyak tugas pun, kita pasti tetap senang menjalaninya dan merasa puas dengan apa yang telah dihasilkan. Sangat berbeda dengan melakukan pekerjaan yang tidak kita suka, jangankan menikmati, selesai sesuai target saja sudah merasa lega.

2. Tubuh Menjadi Mudah Lelah

Tubuh mudah lelah/Foto: Pexels/Ketut Subiyanto
Tubuh mudah lelah/Foto: Pexels/Ketut Subiyanto

Melakukan pekerjaan yang kita cintai saja bisa membuat kita merasa kelelahan karena kesibukannya. Apalagi jika tidak mencintai pekerjaan yang dilakukan, pasti jauh lebih melelahkan. Tidak hanya otak saja yang lelah diajak untuk berpikir lebih keras, tapi tubuh juga menjadi mudah lelah.

Sebaiknya, ketika kamu berada di ambang kegelisahan karena pekerjaan yang kurang disukai, lebih baik ambil waktu istirahat sejenak untuk berpikir dan mempertimbangkan. Coba untuk berdamai dengan diri dengan cara mencari permasalahan apa yang membuat diri kita menjadi seperti ini. Jika memang sudah benar-benar tidak sanggup, resign dari pekerjaan tersebut mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. 

3. Merasa Tertekan Hingga Stres

Merasa tertekan hingga stres/Foto: Pexels/Energepiccom
Merasa tertekan hingga stres/Foto: Pexels/Energepiccom

Dampak lain yang mungkin terjadi adalah perasaan tertekan, dimana jika terlalu lama merasakan hal ini maka kamu bisa berujung stres. Cukup berbahaya memang untuk menghadapi sesuatu yang tidak kita sukai sejak awal.

Bekerja di bawah tuntutan dan paksaan sama dengan dengan bekerja di dalam ruang gelap tanpa penerangan, dimana ini akan membuat diri kita merasa tidak bisa melakukan semua pekerjaan dengan nyaman. Sulit pastinya jika meneruskan hal ini terlalu lama, akibat yang harus ditanggung cukup berat untuk diri kita sendiri. Antara harus menyelesaikan tanggung jawab yang sudah diemban, dan mengesampingkan suka tidak suka dengan pekerjaan yang dijalankan.

4. Hasil Kerja Tidak Sesuai Ekspektasi

Hasil tidak sesuai ekspektasi/Foto: Pexels/Alleksana
Hasil tidak sesuai ekspektasi/Foto: Pexels/Alleksana

Dalam melakukan sesuatu setiap orang pasti memiliki ekspektasi hasil yang memuaskan. Akan tetapi, kamu tidak bisa berharap lebih jika dari awal kamu sudah tidak menyukai pekerjaan yang dijalani. 

Semudah apapun tugas yang diberikan, kamu akan terus merasa bahwa tugas tersebut berat untuk diselesaikan. Hal demikian bisa muncul karena beberapa kasus, seperti sugesti yang buruk, serta fokus pada hal-hal negatif dari pekerjaan yang sedang dikerjakan. Maka dari itu, sebenci apapun kamu dengan pekerjaan yang sedang dilakukan, berusahalah untuk tetap profesional dan bertanggung jawab ya, Beauties!

5. Kesehatan Mental Perlahan Menurun

Kesehatan mental menurun/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio
Kesehatan mental menurun/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Apa mungkin kamu akan tahan jika terus menerus dipaksa melakukan pekerjaan yang sebetulnya tidak ingin dilakukan. Ujung-ujungnya kamu pasti akan stres, depresi, atau tertekan dengan kerjaan lainnya. Meskipun hingga saat ini masih banyak orang yang mengatakan, awalnya mungkin terpaksa tapi lama kelamaan pasti terbiasa.

Eits, tapi jangan salah! Belum tentu semua orang memiliki kekuatan yang sama, terutama jika sudah menyangkut pekerjaan. Maka dari itu, mungkin kamu harus mempertimbangkan untuk rehat sejenak. Kamu bisa coba untuk tenangkan diri terlebih dahulu sebelum memikirkan banyak hal tentang pekerjaan. Jangan paksakan diri hingga merasa sangat lelah, karena itu tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan fisik saja, melainkan juga kesehatan mental.

Menjalankan pekerjaan yang tidak kita suka memang menjadi tantangan tersendiri. Namun bukan berarti kamu harus terus memaksakan diri untuk melakukan itu. Sebaiknya putuskan untuk memilih pekerjaan yang tepat, agar kita bisa menyalurkan kemampuan dan memberikan hasil yang maksimal. Keep it up, Beauties!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id