sign up SIGN UP

5 Cara Menghadapi Atasan yang Suka Bicara Kasar dan Menyinggung Hati

Ruhil Anadiah Sabrina | Rabu, 14 Jul 2021 18:30 WIB
5 Cara Menghadapi Atasan yang Suka Bicara Kasar dan Menyinggung Hati
caption

Sebel nggak sih kalau Beauties punya atasan yang omongannya suka ceplas ceplos dan nyakitin hati? Pekerjaan ada kesalahan sedikit atasan langsung ngomel, semuanya harus tampak perfeksionis, dan suka berbicara yang menyinggung. 

Waduh, menghadapi atasan seperti ini memang harus banyak bersabar hati. Sebab salah menjawab sedikit saja masalahnya bisa melebar ke mana-mana. Nah supaya hal tersebut nggak terjadi, ini lima cara bijak menghadapi atasan yang bicaranya suka menyinggung hati. 

1. Jangan Ikut Kebawa Emosi

wanita sedang berbicara
wanita sedang berbicara/pexels.com

Cara pertama menghadapi atasan yang bicaranya suka kasar dan menyinggung yaitu, tahan jangan kebawa emosi karenanya. Saat atasan berbicara kasar, mengomentari pekerjaanmu dengan kata-kata yang menyesakkan, pasti muncul perasaan untuk membela diri dan membalas perkataannya.

Namun jangan buru-buru emosi ya, diam dulu dan dengar apa yang ia katakan supaya nanti kamu nggak salah ngomong. Selain itu, kenapa bersikap diam supaya atasan tidak mengeluarkan kata-kata lain yang lebih menyakitkan untuk didengar. 

2. Pahami Apakah Sikapnya Tersebut Merupakan Sikap Bawaan atau Tidak

atasan yang menyebalkan
atasan yang menyebalkan/pexels.com

Cara selanjutnya yaitu, pahami apakah kebiasaan bicaranya yang suka nyakitin ini merupakan sikap bawaan atau karena alasan tertentu. Dengan memahami hal tersebut, kamu bisa lebih tahu cara untuk menghadapi atasan. 

Kalau itu sikap bawaan yang sulit untuk diubah, maka kamu harus membiasakan. Tapi jika omongannya yang kasar itu disebabkan alasan tertentu seperti faktor pekerjaan atau tekanan dari dalam dirinya, kamu harus lebih berhati-hati dan menjaga sikap saat bekerja. Ini menjadi tantangan tersendiri buatmu supaya lebih bijak dalam menyesuaikan diri dengan sikap orang lain. 

3. Memaafkan Dulu atas Perkataan yang Menyakitkan Darinya

atasab egois
atasab egois/pexels.com

Punya atasan yang omongannya suka nyakitin harus banyak bersabar hati. Ya daripada menimbun rasa dendam, benci, dan sakit hati lebih baik kamu memaafkannya lebih dulu. Sebelum atasan minta maaf dan menyadari kesalahannya, nggak ada yang keliru kalau kamu memberi maaf duluan. 

Bukankah sebagai manusia harus bisa memaafkan satu sama lain? Selain itu daripada hubunganmu dengan atasan jadi keruh dan kariermu terhambat, lebih baik untuk memaafkan saja. 

4. Membalas dengan Ucapan Baik

wanita sedang berbicara
wanita sedang berbicara/pexels.com

Cara satu ini memang nggak mudah dilakukan, ya bagaimana tidak setelah atasan bicara buruk dan menginjak-injakmu pasti ingin rasanya kita membalas apa yang ia ucapkan. Namun membalas ucapan buruk dengan ucapan baik adalah sikap terpuji yang bisa menghindarkanmu dari masalah yang lebih besar.  

Ucapkan terima kasih, dan beri nasihat baik disertai senyuman nampaknya bukan hal yang salah. Didengarkan atau tidak, terpenting kamu sudah mencoba membalasnya secara bijak daripada ikut terbawa emosi karena ucapannya. 

5. Hindari Terlibat Konflik

atasan fokus kerja
atasan fokus kerja/pexels.com

Cara terakhir yaitu, hindari terlibat konflik dengan atasan. Karena kamu sudah tahu bagaimana watak atasan yang bicaranya suka nyakitin, sebisa mungkin untuk bekerja secara maksimal supaya nggak muncul masalah baru. Namun jika perkataan atasan sudah kelewat batas dan merasa terjebak di lingkungan kerja yang nggak sehat, mungkin resign bisa dipertimbangkan. Jika itu memang pilihan yang baik. 

So, semua keputusan ada padamu. Baik dan buruk bertahan juga kamu yang merasakannya langsung. Maka sebelum bertindak pikirkan dengan matang, untuk menghindarkanmu dari yang namanya penyesalan. 

Itulah tips kerja untuk menghadapi atasan yang bicaranya suka menyinggung hati. Ya menyebalkan memang, namun kamu coba bisa mengatasinya dengan cara di atas. Semoga atasanmu bisa mengontrol dalam berbicara ya. Semangat Beauties!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id