sign up SIGN UP

Saat Bertengkar dengan Pacar, Lakukan Cara Ini agar Tetap Berkomunikasi! Bisa Bikin Kembali Romantis lho...

Astari Dewi Larasati | Beautynesia
Sabtu, 08 Jan 2022 21:00 WIB
Saat Bertengkar dengan Pacar, Lakukan Cara Ini agar Tetap Berkomunikasi! Bisa Bikin Kembali Romantis lho...
caption

Hubungan percintaan nggak selamanya berjalan mulus, bisa saja terjadi pertengkaran. Sedangkan komunikasi adalah kunci keberhasilan hubungan. Pasangan yang menjaga kualitas komunikasi biasanya punya hubungan awet. Makanya walaupun bertengkar sebisa mungkin untuk tetap komunikasi.

Tapi sebisa mungkin pasangan berusaha untuk menghindari konflik. Hilangkan ego dan segera meminta maaf apabila melakukan kesalahan. Nggak ada ruginya kok untuk minta maaf duluan. Apalagi kalau yakin kalau pasangan layak untuk diperjuangkan.

Untuk tetapĀ komunikasi selagi bertengkar, bisa terapkan beberapa cara ini lho, Beauties!

1. Jujur dengan Perasaan Sendiri

Jujur dengan perasaan untuk tetap komunikasi.
Jujur dengan perasaan/pexels.com/alexgreen

Biasanya pertengkaran ada sebabnya, coba deh cari tahu kenapa pertengkaran bisa terjadi. Ingat kembali perilaku atau perkataan apa yang membuat kesal. Tapi jangan dijadikan bahan untuk balas dendam, jadikan sebagai introspeksi. Selain itu lebih membuat fokus pada pikiran, perasaan, dan perilaku sendiri.

Komunikasikan secara dua arah dan jangan saling menyalahkan. Karena pasangan nggak akan mengerti kalau pacarnya diam saja. Bantu pasangan mendengar apa yang dirasakan tanpa merasa diserang atau disalahkan secara pribadi.

2. Jangan Berasumsi Dulu

Lebih baik komunikasi sebelum berasumsi.
Jangan berasumsi/pexels.com/juanpablo

Ketika waktu bertemu sudah terlalu banyak, kemungkinan untuk bertengkar juga semakin besar. Kebanyakan pasangan biasanya akan berasumsi terlebih dulu sebelum mencari solusi. Padahal kebiasaan ini adalah salah besar. Asumsi akan membuat pikiran buruk bertambah tanpa memecahkan masalah.

Setelah bertengkar, sebaiknya beri pasangan jarak terlebih dulu. Perhatikan dan pertanyakan asumsi sebelum terjadi kesalahpahaman. Penting juga meluangkan waktu untuk saling terbuka. Berbeda pendapat juga bukan masalah besar karena perbedaan bisa jadi saling melengkapi.

3. Spesifik Tanpa Berlebihan

Komunikasi secara spesifik tapi nggak berlebihan.
Spesifik tanpa berlebihan/pexels.com/cottonbro

Saat mengeluarkan pendapat tentang pertengkaran sebaiknya tetap spesifik tanpa berlebihan. Biasanya seseorang akan melakukan pembelaan diri dengan menjelaskan hal detail. Bahkan bisa cenderung berbohong dalam situasi tertentu. Pasangan tentunya nggak akan menghargai perkataan bohong.

Lebih baik berkata jujur apa adanya, ceritakan segala hal yang mengganjal. Sehingga pasangan akan mencoba untuk introspeksi bersama. Hubungan yang harmonis juga akan lebih mudah didapatkan. Jangan lupa dilakukan ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id