STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Sadari 4 Ciri-Ciri Bestie yang Perlu Dihindari, Biar Nggak Terjebak Toxic Friendship!

Ni Made Dwi Agustina | Beautynesia
Jumat, 03 Jun 2022 18:30 WIB
Sadari 4 Ciri-Ciri Bestie yang Perlu Dihindari, Biar Nggak Terjebak Toxic Friendship!

Alasan manusia disebut sebagai makhluk sosial adalah manusia tidak bisa hidup sendiri, tanpa bantuan orang lain. Salah satu bukti manusia adalah makhluk sosial adalah hubungan pertemanan. Kehadiran teman sebagai pelengkap kehidupan diharapkan dapat memberikan rasa aman, nyaman, kasih sayang, dan lain-lain.

Tidak semua orang bisa dijadikan sebagai teman. Perlu disadari juga, toxic friendship bisa terjadi dengan hubungan yang telah terjalin lama. Mengutip dari laman Well and Good bahwa terdapat beberapa ciri-ciri teman yang bisa menyebabkan toxic friendship. Agar tidak terjebak, simak informasi berikut!

Tidak Saling Mendukung

Ciri-ciri toxic friendship yaitu saling menjatuhkan
Ciri-ciri toxic friendship yaitu saling menjatuhkan/ foto: Freepik.com/ drobotdean

Teman yang baik adalah teman selalu mendukung dalam setiap kondisi, baik senang maupun sedih. Menurut Psikoterapis bahwa tips persahabatan yang sehat adalah seseorang yang mampu mendorong untuk bertumbuh dan sukses. Tidak harus dalam bentuk pujian, memberi kritik yang bermanfaat juga sangat baik dilakukan.

Akan tetapi, jika teman tidak pernah saling mendukung, bahkan menjatuhkan saja sebaiknya perlu diwaspadai. Teman yang menunjukan seperti itu kemungkinan tidak senang dengan pencapaian atau sesuatu yang sedang kamu kerjakan, bisa jadi dia sedang iri!

Tukang Gosip

Ciri-ciri toxic friendship yaitu suka gosip
Ciri-ciri toxic friendship yaitu suka gosip/ foto: Freepik.com/ katemangostar

Bergosip mungkin menjadi sesuatu hal yang sering dilakukan dalam dunia pertemanan, namun jika bergosip dilakukan secara berlebihan justru akan menimbulkan toxic friendship. Hal ini sependapat dengan seorang pakar yang menyatakan jika bergosip merupakan salah satu ciri-ciri toxic friendship.

Apabila kamu memiliki teman yang suka mengajak bergosip, sebaiknya hindari. Sebab, bisa saja teman kamu akan bergosip tentang kamu bersama orang lain, tanpa kamu ketahui.

Suka Drama

Ciri-ciri toxic friendship yaitu suka drama
Ciri-ciri toxic friendship yaitu suka drama/ foto: Freepik.com/ yanalya

Teman yang memiliki karakter toxic, memungkinkan melakukan hal-hal yang bersifat drama dalam hidup mereka, termasuk dalam hubungan pertemanan kalian. Seseorang akan senang mendramatisasi sesuatu atau memasukkan berbagai “bumbu” dalam setiap obrolan kalian.

Terkadang obrolan tersebut terdengar berlebihan untuk menarik perhatian kamu. Orang bisa saja terlihat sangat senang maupun sedih, hanya untuk mengelabui lawan bicaranya.

Nggak Bisa Jaga Rahasia

Ciri-ciri toxic friendship yaitu tidak bisa jaga rahasia
Ciri-ciri toxic friendship yaitu tidak bisa jaga rahasia/ foto: Freepik.com/ jcomp

Salah satu keuntungan dalam bersahabat adalah saling berbagi cerita yang bersifat privacy atau rahasia. Akan tetapi, jika ada teman kamu yang tiba-tiba membicarakan hal pribadi tentang kamu kepada orang lain, bisa jadi merupakan tanda bahwa teman kamu adalah toxic.

Teman yang senang berbicara tanpa berpikir terlebih dahulu, sebaiknya perlu diwaspadai. Oleh karena itu, kamu perlu mengamati karakter teman dengan benar sebelum menceritakan semua hal tentang kamu, khususnya yang bersifat pribadi.  

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE