sign up SIGN UP

Jaga Persahabatan Anti Konflik, Coba Terapkan 4 Batasan Ini dengan Sahabat Yuk!

Sherley Gucci | Sabtu, 27 Nov 2021 23:00 WIB
Jaga Persahabatan Anti Konflik, Coba Terapkan 4 Batasan Ini dengan Sahabat Yuk!
caption

Konflik adalah hal yang tak terhindarkan dalam setiap jenis hubungan, tak terkecuali persahabatan. Ada banyak faktor yang dapat memicu timbulnya konflik dengan sahabat, salah satunya terlalu ikut campur masalah pribadi.

Sebenarnya, konflik tersebut bisa diminimalisir dengan setting boundaries atau menetapkan batasan.  Batasan atau boundaries dapat dimaknai sebagai sesuatu yang kita batasi dengan orang lain terhadap apa yang dapat diterima dan tidak diterima. Batasan tersebut dapat berupa sikap, perkataan ataupun perilaku.

Meskipun mungkin kamu merasa sudah sangat dekat dengan sahabat seperti tidak ada celah yang bisa memisahkan kalian, menetapkan batasan adalah hal yang penting. Pasalnya, menetapkan batasan dalam persahabatan dapat menjaga hubungan agar tetap sehat dan jauh dari konflik.

Lantas, batasan apa saja yang bisa kamu terapkan dalam hubungan persahabatan? Yuk, cari tahu!

Batasan Emosional 

Mulai belajar menetapkan batasan dengan sahabat untuk mengurangi konflik
Konflik dengan sahabat bisa menyebabkan stres/Foto: Pexels.com/LizaSummer

Seringkali sahabat menjadi tujuan utama sebagai tempat curhat saat kita sedang mengalami masalah berat ataupun sekadar berbagi kisah. Namun, satu hal yang harus dipahami adalah kamu mungkin bisa memberikan solusi dan berusaha ada untuk sahabatmu, namun kamu tidak bisa sepenuhnya menyelesaikan masalah mereka.

Melansir dari Brit Co, Shannon Thomas seorang terapis, pakar hubungan, dan penulis, mengatakan jangan mencoba untuk menjadi terapis seseorang. Bukan berarti bahwa kamu tidak mau mendengarkan permasalahan mereka. Namun tetap, setiap penyelesaian permasalahan ada di tangan sahabatmu

Batasan Seksual

Dalam persahabatan pun juga tidak mungkin terjadinya pelecehan seksual
Ilustrasi/Foto: Pexels.com/keiraburton

Tidak bisa dipungkiri dalam hubungan persahabatan juga rentan terjadinya pelecehan seksual. Bentuk pelecehan dalam hubungan persahabatan biasanya berbentuk candaan, seperti menyentuh bagian sensitif tubuh sampai dengan lontaran-lontaran kalimat yang membuatmu merasa tidak nyaman.

Shannon Thomas juga memberikan tips bahwa kamu bisa menerapkan batasan-batasan ketika bercanda, apalagi jika sudah menjurus pada candaan yang bersifat seksual, seperti penampilan fisik, pakaian, dan penampilan.

Batasan Waktu

Waktu perlu diperhatikan saat ingin menelpon sahabat, karena bisa jadi dia sedang dalam kondisi yang tidak baik
Telepon sahabat juga harus memperhatikan waktu

Permasalahan waktu juga bisa menjadi masalah yang perlu kamu buat batasan jika kamu memerlukannya. Sebab, waktu juga bisa menjadi pemicu pertengkaran dalam hubungan persahabatan. Contohnya seperti tidak tepat waktu, atau menghubungi di waktu sibuk atau jam tidurmu.

Kamu bisa membuat batasan waktu kapan atau dengan cara apa sahabat bisa menghubungimu. Beri tahu sahabat bahwa kamu mungkin lebih nyaman untuk berkomunikasi via teks dibanding telepon atau video call.

Batasan Privasi

Meskipun hubungan mu dengan sahabat erat, tetap perlu menjaga privasi
Ilustrasi/Foto: Pexels.com

Meskipun sudah menjalin persahabatan dalam waktu yang lama dan sudah sangat dekat, kamu tetap perlu menjaga dan membuat batasan privasi dengan sahabatmu. Hal ini bertujuan untuk menjaga rasa aman dan nyaman satu sama lain.

Lantas, apa aja sih contoh batasan privasi yang bisa kamu buat dengan sahabat? Contohnya, tidak asal membuka folder foto atau catatan di ponsel, kepo dengan pesan yang kamu terima di media sosial, bahkan gaji bulanan pun bisa termasuk privasi.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id