sign up SIGN UP

Sebelum Raup Cuan, Ini 6 Hal Penting yang Perlu Disiapkan Sebelum Mulai Investasi

Novianty Aulia | Jumat, 01 Oct 2021 22:30 WIB
Sebelum Raup Cuan, Ini 6 Hal Penting yang Perlu Disiapkan Sebelum Mulai Investasi
caption

Keuntungan yang menjanjikan, membuat investasi menjadi salah satu tempat pengalokasian dana yang dipilih oleh banyak anak muda. Prosesnya yang kini relatif mudah, ditambah ketersediaan modal di tangan, membuat kamu tidak pikir panjang untuk berinvestasi demi mencapai masa tua yang bahagia.

Meskipun terkesan mudah, kegiatan investasi tidaklah sesederhana yang didengar. Berbagai macam pilihan harus kamu pertimbangkan dengan matang agar mendapatkan hasil akhir yang sesuai. Kamu juga perlu menyiapkan mental, akan ancaman kerugian yang bisa kapan saja menghampiri kamu.

Agar tidak salah jalan, kamu harus memahami dahulu beberapa hal penting sebelum memulai investasi. Berikut ini terdapat 5 poin tentang investasi yang harus kamu pahami. Apa saja poin tersebut? Yuk, simak artikelnya di bawah ini!

Ketahui Tujuan yang Ingin Dicapai

Tanpa adanya tujuan, pengelolaan invetasi milikmu tidak akan berjalan dengan baik.
Tentukan tujuan yang ingin dicapai/Foto:Freepik.com/Rawpixel.com

Dalam pengerjaannya, kegiatan investasi haruslah didasari oleh sebuah tujuan yang jelas. Penting bagi kamu untuk menetapkan terlebih dahulu tujuan seperti apa yang ingin kamu capai sehingga terlihat jelas ke mana investasi tersebut kamu bawa ke depannya. Apakah buat dana pensiun, menikah, atau pendidikan?

Perencanaan tujuan juga membantu kamu dalam menentukan ke mana aliran dana tersebut akan digunakan. Hal ini dikarenakan terlalu banyaknya keinginan membuat kamu harus cermat dalam memilah mana yang harus didahulukan melalui uang investasi tersebut. Tidak adanya perencanaan malah membuat segalanya cenderung menjadi berantakan dan invetasimu berujung tidak berarti apa-apa.

Tentukan Jangka Waktu Berinvestasi

Jika tujuan investasi telah ditemukan maka selanjutnya membuat perkiraan berapa lama waktu untuk menjalankan investasi tersebut.
Perkirakan jangka waktu yang kamu butuhkan/Foto:Freepik.com/Rawpixel.com

Setelah tujuan investasi telah kamu temukan, maka hal selanjutnya ialah menentukan jangka waktu dalam memenuhi tujuan tersebut. Agar lebih mudah, pahami terlebih dahulu apakah tujuan tersebut terhitung jangka pendek atau jangka panjang. Perbedaan tersebut yang akan menentukan seberapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk memenuhinya.

Diketahuinya angka waktu, juga memudahkan kamu dalam menentukan di mana dan apa instrumen investasi yang akan kamu gunakan. Hal tersebut juga akan membuat kamu lebih disiplin dan fokus dalam memenuhi target keuangan, sesuai dengan tujuan serta waktu yang telah kamu tentukan.

Pertimbangkan Kesanggupan Modal

Jangan memaksa untuk memenuhi modal yang tidak seimbang dengan kemampuan ekonomi milikmu.
Pastikan modal yang kamu ajukan sesuai dengan kemampuanmu/Foto:Freepik.com/Xb100

Salah satu kesalahan pemula ketika memulai investasi yakni tidak memilih jenis instrumen yang sesuai dengan kesanggupan ekonomi. Bukannya untung, kamu malah akan terbebani oleh hutang pinjaman demi memenuhi modal yang sebenarnya tidak sesuai dengan kemampuanmu.

Agar segalanya berjalan lancar, pilihlah investasi yang sesuai dengan kemampuan modal milikmu. Jika ingin lebih aman, carilah investasi dengan modal yang tidak terlalu besar agar tidak memberatkan kamu ke depannya.

Sekecil apapun modal yang kamu tanamkan tetap akan membawa keuntungan jika direncanakan dengan matang. So, jangan terburu-buru atau mengikuti tren semata ya, Beauties.

Bentuk Keuntungan yang Didapatkan

Setiap perusahaan menawarkan keuntungan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pahami dahulu keuntungan yang ditawarkan agar sesuai dengan keinginanmu.
Carilah keuntungan yang sesuai dengan tujuan invetasimu/Foto:Freepik.com/Vidistudio

Tidaklah benar jika kamu berpikir bahwa keuntungan investasi hanya sekadar berbagi pendapatan secara sederhana. Terdapat beberapa keuntungan yang bisa kamu dapat tergantung dari bagaimana kebijakan yang dianut oleh perusahaan atau tempat kamu berinvestasi.

Agar mendapatkan keuntungan yang sesuai, pahami secara betul tempat investasi yang kamu pilih, begitu juga dengan keuntungan yang ditawarkannya. Pastikan investasi yang berjalan mendukung kamu dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan. Jangan sampai hal ini diabaikan atau kamu akan merugi karena pilihanmu sendiri.

Pahami Risiko dari Berinvestasi 

Tak cuma keuntungan, kamu juga harus mempertimbangkan kerugian sebelum melakukan invetasi.
Pertimbangkan ancaman resiko pada investasi yang kamu pilih/Foto:Freepik.com/Tirachardz

Tidak selalu berbicara tentang keuntungan, investasi juga dapat membawa kamu pada kerugian. Semakin banyak modal yang kamu tanamkan maka semakin besar risiko kehilangan uang tersebut.

Sebagai pemula, penting bagi kamu untuk mencari tahu kerugian yang dapat mengintai, serta langkah yang akan kamu tempuh untuk menghadapinya.

Dilansir dari laman Business Insider, salah satu cara mengantisipasi datangnya kerugian ialah mempertimbangkan waktu dalam berinvestasi. Sebisa mungkin hindari investasi yang terlalu panjang karena kondisi pasar yang tidak selalu pasti.

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id