sign up SIGN UP

Bener Nggak Sih Tas Branded Bisa Jadi Investasi? Ini Penjelasannya!

Octaviani | Kamis, 23 Sep 2021 14:00 WIB
Bener Nggak Sih Tas Branded Bisa Jadi Investasi? Ini Penjelasannya!
caption

Sebagian orang membeli barang branded dengan tujuan untuk meningkatkan penilaian visual dalam penampilannya. Dan menjadi kebanggaan serta kepuasan tersendiri bagi sebagian perempuan dengan mengenakan tas keluaran rumah mode dunia, seperti Chanel, Louis Vuitton, Hermès, dan lainnya. Namun, ada beberapa juga yang membeli barang branded, dengan tujuan berinvestasi lho, Beauties! Memangnya bisa ya investasi dengan tas branded? Simak yuk penjelasannya berikut ini.

Investasi Alternatif

Investasi tas branded
Investasi tas branded/pinterest.com

Kalau kamu mendengar kata investasi pasti yang pertama kali ada dalam bayangan kalian adalah saham, reksa dana, deposito atau emas. Namun, ternyata beberapa sosialita sudah berinvestasi dengan tas branded dan menjadikan investasi alternatif. Dikenal sebagai "holy trinity" dalam barang mewah, tas dari rumah mode warisan Chanel, Hermès dan Louis Vuitton telah lama dianggap sebagai merek yang paling diincar. Menurut Indeks Investasi Mewah Knight Frank, tas branded telah menjadi investasi mewah yang paling menguntungkan. Pasalnya, nilai tas tangan rancangan desainer ternama telah meningkat 13 persen selama 12 bulan.

Harga yang Meningkat Setiap Tahunnya

Investasi tas branded
Investasi tas branded/pinterest.com

Tas dengan model klasik akan selalu banyak dicari dan akan meningkat nilainya dari waktu ke waktu. Hal ini karena tas yang sangat didambakan ini memiliki rekam jejak yang sangat baik di pasaran, sebagai bukti bagaimana kekuatan dari tas ini yang bisa bertahan lama dari waktu ke waktu. Dikutip dari Fashionista, salah satu jenis tas Hermes yang paling mahal dan paling diburu adalah Hermès Birkin. Menurut sebuah artikel yang diterbitkan oleh Forbes, nilai Hermès Kelly telah meningkat 129 persen dalam dekade terakhir sementara tas Chanel telah meningkat nilainya sebesar 132 persen.

Harga Bisa Meningkat Hingga 96%

HermèsHermès/ Foto: Courtesy of Christie's

Walaupun tas Hermès Birkin memiliki harga yang fantastis, yakni mempunyai standar harga 12 ribu dolar atau sekitar Rp169 juta untuk harga satu tas saja, tetapi jenis tas ini sangat diburu oleh fashionista. Situs investasi barang Baghunter, mengklaim kalau tas Hermès Birkin merupakan investasi yang lebih tinggi daripada emas. Menurut studi dari situs tersebut, nilai tas Birkin mengalami peningkatan 14,2% setiap tahunnya dibandingkan jenis investasi lain dan harga dijual kembalinya bisa mencapai $223.000 atau sekitar Rp3 miliar.

Wow..fantastis banget kan, Beauties! So, apakah kamu berminat berinvestasi pada tas branded?

Belum Tentu Berlaku Bagi Label Lain

Perlu menjadi catatan juga, bahwa sejauh ini data yang ada hanya merujuk pada Hermès dan Chanel. Jadi belum jadi jaminan jika kamu ingin berinvestasi di luar kedua label tersebut. Tujuan dari investasi adalah mencari untung. Mungkin jika kamu memiliki tas Hermès dan Chanel hal itu bisa kamu capai. Tapi jika kamu memang belum mampu keduanya jangan berkecil hati. Jadikan tas branded yang kamu incar atau sudah kamu punya sebagai bentuk investasi lain, yakni dana darurat. Apalagi sekarang pasar preloved tas mewah sedang berkembang.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id