sign up SIGN UP

Daftar Pengeluaran Tidak Rutin Tapi Berpotensi Bikin Uang Habis Sebelum Gajian, Ada yang Baru Sadar?

Fina Prichilia | Beautynesia
Jumat, 23 Sep 2022 15:03 WIB
Daftar Pengeluaran Tidak Rutin Tapi Berpotensi Bikin Uang Habis Sebelum Gajian, Ada yang Baru Sadar?
Foto: Getty Images/iStockphoto/Tirachard
Jakarta -

Kamu termasuk yang wajib irit mulai minggu ketiga sampai tanggal gajian tiba bukan, nih? Setiap orang memang bisa berbeda-beda dalam mengelola keuangan pribadinya. Ada yang merasa aman-aman saja sampai akhir bulan, ada pula yang merasa sudah tercekik mulai pertengahan bulan.

Penyebabnya memang bisa berbeda-beda juga. Untuk mengatasinya dan tahu uangmu ke mana, para financial planner umumnya menyarankan kamu untuk membagi gaji yang kamu dapat ke dalam anggaran beberapa pos pengeluaran, serta mencatat daftar pengeluaran.

Mengutip CNBC Indonesia, misalnya kamu bisa menerapkan rumus 40% dari gaji untuk kebutuhan sehari-hari, alokasi 30% untuk bayar utang, 20% untuk masa depan (menabung dan investasi), dan 10% beramal.

Namun hal itu memang tidak mudah dilakukan, karena bisa saja ada pengeluaran tidak rutin yang disadari atau tidak bisa mengganggu cash flow kamu.

Untuk mengatasinya, mungkin kamu memang perlu membuatkan budget khusus lagi untuk pengeluaran tidak rutin itu, Beauties? Atau biar nggak boncos, auto dimasukkan ke pos kebutuhan yang 40% tadi?

Lantas ada apa aja nih? Cek daftarnya berikut, siapa tahu ada yang relate sama kamu.

Jenguk Teman atau Saudara yang Lagi Sakit

After the end of the cancer support group meeting, the mid adult daughter receives a hug from her mother before leaving.Ilustrasi jenguk teman sakit./ Foto: iStock

Saat menjenguk teman atau saudara yang sakit, biasanya kita akan membawakan buah tangan berupa buah-buahan, vitamin, dan aneka asupan sehat lainnya. Beauties tentu masih ingat ketika awal pandemi saat teman dan rekan kerjamu ada yang terkena Covid-19, lalu ada semacam tren saling mengirimkan makanan sebagai bentuk support.

Kado Ulang Tahun, Wedding Gift, Teman Lahiran

Memberikan kado ulang tahun atau wedding gift umumnya memang bisa berbeda-beda, misalnya untuk orang yang dekat, kamu bisa saja rela merogoh kocek lebih dalam. Nggak cuma dalam bentuk barang, terkadang ada perasaan malu bila hanya memberikan sejumlah uang dalam amplop yang dinilai kecil.

Ngopi Sekaligus Temu Kangen Teman Lama

Ilustrasi minum kopi di coffee shopIlustrasi minum kopi di coffee shop/ Foto: istockphoto.com/Rawpixel

Siapa nih yang suka reuni kecil-kecilan dan quality time bareng teman yang sudah lama nggak ketemu? Karena jarak yang lumayan, kemungkinan kalian akan bertemu di tengah-tengah untuk ngopi atau makan siang bareng sambil cerita-cerita di kafe kekinian.

Anabul Sakit

Mungkin makan dan minum mereka sudah masuk anggaran bulanan. Nah, Beauties yang merawat hewan atau anak bulu dan sewaktu-waktu ia sakit, tentu membutuhkan sejumlah biaya untuk perawatan ke dokter.

Kena Tilang

Lupa banget pakai seatbelt dan terkena tilang elektronik? Atau lupa cek pajak kendaraan? Well, siap-siap ada uang tilang menanti nih, Beauties!

Nah dari 5 pengeluaran tidak rutin ini, mana yang baru kamu sadari ternyata bisa mengganggu cash flow kamu?

-----

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id