sign up SIGN UP

Seberapa Penting bikin Tabungan Bersama untuk Modal Nikah Sejak Masih Pacaran?

Fina Prichilia | Beautynesia
Senin, 13 Dec 2021 19:45 WIB
Seberapa Penting bikin Tabungan Bersama untuk Modal Nikah Sejak Masih Pacaran?
caption
Jakarta -

Bagi beberapa orang, tujuan atau ujung dari masa pacaran adalah untuk menikah. Tak sedikit pula yang berpikir untuk mewujudkan pernikahan suatu hari nanti dari hasil patungan berdua.

Ini bagus karena kemungkinan besarnya kalian berdua punya pikiran karena tak ingin menyusahkan keluarga. Dan untuk menuju ke sana, mungkin kamu nggak jarang dengar ada orang yang buka tabungan bersama sejak masih masa pacaran ya, Beauties?

Tidak Wajib Membuatnya Tabungan Bersama

Membuat tabungan otomatis terpotong saat gajian.Membuat tabungan bersama pasangan, ya atau tidak? /freepik/jcomp/

Bila kamu punya teman yang menerapkan hal tersebut dan lancar sampai hari H, rasa salut dan takjub tentu jadi responmu yang wajar.

Tapi jangan lupa, kemungkinan untuk nggak berhasil sebenarnya juga sama besarnya, Beauties. Pasalnya tidak ada yang bisa menjamin.

Bila kamu tengah mendapat tawaran ini dari pasangan atau terlintas ingin mencetusnya untuk menerapkan ini bersama pacarmu maka perlu dipikirkan masak-masak, ya.

Beberapa Poin Penting yang Perlu Dipertimbangkan

Ilustrasi oleh pasangan yang pacaranTabungan bersama pasangan, ya atau tidak? /sumber: Freepik.com/relationshipcouple/

Ketika menabung bersama, bisa muncul rasa semangat di antara kalian berdua. Bahkan bisa melebihkan ke tabungan modal nikah, di saat kamu atau pasangan kebetulan lagi dapat bonus atau THR. Itu sisi positifnya ya, Beauties.

Tapi sebelum melakukannya mengutip Wolipop, kamu perlu tahu nih seperti apa kebiasaan mengelola uangnya, apakah termasuk yang boros atau cukup bijak mengelola uang? Punya utang atau tidak? Suka pinjam uang meski dalam jumlah kecil tapi sering nggak padamu, tapi lupa balikinnya?

Tentu kalau punya kecenderungan yang merugikan seperti terlalu konsumtif dan besar pasak daripada tiang, maka sudah semestinya menjadi sebuah red flag bagimu --bahkan apakah untuk tetap melanjutkan hubungan ini.

Selain itu pertimbangkan juga bilamana hubungan kalian berakhir. Memang sih, tidak ada pasangan yang ingin hubungan manisnya putus di tengah jalan, namun terkadang hal ini dapat terjadi pada siapa saja. Diperlukan catatan yang mendetail jika jumlah menabungnya lebih banyak oleh salah satu pihak, ketika ingin 'gono gini harta'.

Nah, setelah dipikirkan masak-masak, yang mana yang kamu pilih mengingat hal ini kembali ke masing-masing?

[Gambas:Youtube]

-----------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id