sign up SIGN UP

Seberapa Penting Punya Asuransi Jiwa Bagi Anak Muda? Cek Penjelasan Berikut Dulu yuk, Beauties!

Fina Prichilia | Beautynesia
Selasa, 14 Jun 2022 19:45 WIB
Seberapa Penting Punya Asuransi Jiwa Bagi Anak Muda? Cek Penjelasan Berikut Dulu yuk, Beauties!
caption
Jakarta -

Mendengar kata 'asuransi jiwa', mungkin nggak sedikit dari kamu yang akan mengesankannya dengan hal yang buruk. Hal itu memang bisa terjadi akibat dari seringnya pemberitaan negatif soal asuransi jiwa.

Padahal bila menilik dari fungsinya, bisa membuat seseorang dengan asuransi jiwa beruntung. Kok bisa?

1. Fungsi Proteksi untuk Kejadian Tak Terduga

Musibah atau kejadian tidak mengenakan bisa terjadi kapan dan di mana saja, kepada siapapun. Fungsi dari asuransi jiwa ini hadir, bisa dikatakan yang akan memproteksi 'kehidupan selanjutnya' dari kejadian yang tak terduga itu, Beauties.

Sebagai contoh, anggota keluarga yang merupakan pencari nafkah utama, meninggal. Dari sini dampaknya bisa membuat anak yang ditinggalkan berisiko putus sekolah.

Karena itu, disarankan bagi pencari nafkah, dalam hal ini Beauties yang telah berkeluarga memiliki asuransi jiwa dengan ahli waris adalah anak-anakmu. Dengan begitu, kualitas hidup orang yang ditinggalkan oleh anggota keluarga yang meninggal, masih dapat berlangsung hingga ke depannya.

asian chinese insurance agent explaining to his clients at their kitchen about the policiesAsian Chinese insurance agent explaining to his clients at their kitchen about the policies/ Foto: iStock

2. Berbeda dengan Investasi

Kamu perlu memahami kalau investasi dan asuransi itu berbeda. Mengutip CNBC, investasi adalah menempatkan sejumlah uang pada produk yang dikelola perusahaan sekuritas dan manager investasi, dengan potensi pertumbuhan nilai atau keuntungan bisa mencapai 15-20%.

Sebagai contoh, kamu mau beli rumah 5 tahun lagi. Maka dengan meletakkan uangmu di instrumen investasi dari sekarang, maka dana itu akan bertumbuh sehingga bisa 'menambah' dana untuk beli rumah.

Sementara asuransi adalah proteksi untuk antisipasi risiko di masa depan atau hal-hal tak terduga, yang bikin kamu tidak bisa produktif bekerja lagi. Alias, asuransi bukan sebagai investasi, ya.

Asuransi pun banyak jenisnya selain jiwa, yakni ada asuransi kesehatan, buat kendaraan, rumah, traveling dan sebagainya. Dalam hal ini, kamu perlu memperlakukan uangmu yang keluar untuk asuransi sebagai bagian dari 'pos pengeluaran' secara rutin, demi 'memproteksi' hal-hal yang nggak diinginkan.

Ilustrasi AsuransiIlustrasi Asuransi/ Foto: istock


3. Pahami Jenis dan Cara Pilihnya

Secara umum, itulah manfaat dari fungsi pentingnya memiliki asuransi jiwa. Sebelum memilikinya, kamu akan dihadapkan dengan berbagai pilihan dan rentang harga yang berbeda-beda.

Ada asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa seumur hidup, dan sebagainya. Pastikan kamu mengerti produk yang akan pilih sebelum dibeli. Lalu sebisa mungkin memilih agen asuransi terpercaya dan punya track record yang bagus. Well, happy hunting, Beauties!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id