sign up SIGN UP

Tarif Terbaru BPJS Kesehatan Kelas Standar Mulai Juli 2022, Besaran Gaji Jadi Penentu!

Rini Apriliani | Beautynesia
Jumat, 10 Jun 2022 14:47 WIB
Tarif Terbaru BPJS Kesehatan Kelas Standar Mulai Juli 2022, Besaran Gaji Jadi Penentu!
caption
Jakarta -

Penghapusan kelas 1, 2, dan 3, pada BPJS Kesehatan sejak beberapa waktu lalu ramai dibicarakan. Setelah terjadinya tarik ulur, kini secara pasti akan digantikan dengan Kelas Standar, yang besaran iurannya akan disesuaikan dengan besaran gaji peserta.

Kelas Standar BPJS Kesehatan akan mulai diterapkan pada Juli 2022. Karena hal ini, Anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) Asih Eka Putri menyampaikan jika biaya iuran sebelumnya pada kelas 1, 2, 3, sudah tidak akan berlaku lagi. 

Peserta JKN-KISPeserta JKN-KIS/ Foto: BPJS Kesehatan

"Iuran tentunya sudah tidak relevan, apabila dikaitkan dengan Kelas 1, 2, dan 3, karena tidak akan lagi ada Kelas 1, 2, dan 3," jelas Asih, seperti yang dikutip dari CNBC Indonesia, Jumat (10/6).

Sebagai informasi, besar iuran BPJS Kesehatan sebelum berlakunya Kelas Standar adalah sebagai berikut:

  • Kelas I: Rp150 ribu per orang
  • Kelas II: Rp100 ribu per orang
  • Kelas III: Rp35 ribu per orang

Tarif BPJS Kesehatan Kelas Standar Terbaru, Mengikuti Besaran Gaji!

bpjs kesehatanbpjs kesehatan/ Foto: Enggran Eko Budianto

Asih mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah menyusun formula iuran yang bisa memenuhi prinsip asuransi sosial. Yang mana, mereka dengan pendapatan kerja, nominal tarifnya akan lebih besar dibandingkan dengan mereka yang berpendapatan lebih rendah. 

Dilansir dari CNBC Indonesia, formula besaran iuran untuk BPJS Kesehatan Kelas Standar akan mengikuti formulasi iuran yang dijamin oleh BPJS Ketenagakerjaan. 

"Mereka yang berpendapatan lebih tinggi akan membayar lebih besar di bandingkan dengan mereka yang berpendapatan lebih rendah," kata Asih. 

Meski adanya perbedaan besaran iuran, Asih menyampaikan jika fasilitas rawat inap dan pelayanan yang didapatkan akan tetap sama. 

"Jadi manfaatnya, baik manfaat layanan medis atau kelas rawat inap adalah menggunakan satu kriteria atau standar baku untuk seluruh JKN (Jaminan Kesehatan Nasional)," jelas Asih. 

Isu Tarif BPJS Kesehatan Rp75 Ribu, Tidak Benar!

Jenis Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS KesehatanBPJS Kesehatan/ Foto: Freepik.com/jcomp

Sempat ramai juga soal isu besar iuran Kelas Standar BPJS Kesehatan adalah Rp75 ribu. Secara tegas, Asih pun menyampaikan jika hal ini tidaklah benar. 

Jadi sudah fix ya, Beauties, jika besar iuran kelas Standar BPJS Kesehatan mulai Juli 2022 adalah mengikuti besaran gaji peserta. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id