sign up SIGN UP

Segudang Manfaat di Balik Dana Darurat, Bantu Hidupmu Lebih Tenang Lho!

Justina Nur | Beautynesia
Jumat, 10 Sep 2021 23:15 WIB
Segudang Manfaat di Balik Dana Darurat, Bantu Hidupmu Lebih Tenang Lho!
caption

Hidup memang seperti misteri. Ada kalanya saat kita berkecukupan, ada waktunya juga ketika kita harus serba menghemat untuk mendapatkan segala hal. Pandemi Covid-19 seperti sekarang cukup memberikan gambaran, betapa hidup merupakan sesuatu yang tidak dapat diprediksi. Saat pandemi Covid-19  seperti saat ini, banyak orang yang mengalami PHK, sehingga tak lagi memiliki pendapatan lagi.

Hal ini tentu sangat berdampak negatif bagi kelangsungan hidupmu atau keluarga. Akan tetapi, kamu bisa menyiasati hal tersebut dengan menggunakan dana darurat.

Dana darurat merupakan sekumpulan uang yang diperoleh dari menyisihkan uang secara rutin untuk mengatasi terjadinya pengeluaran yang tidak terduga. Seperti namanya, dana ini sebaiknya hanya digunakan saat kondisi darurat saja.

Memiliki dana darurat akan memberikanmu ketenangan pikiran selama terjadi situasi yang tidak mendukung, seperti pandemi. Oleh karena itu, simak yuk pentingnya memiliki dana darurat yang perlu kamu ketahui, Beauties!

1. Menenangkan Pikiran

Menenangkan Pikiran
Menenangkan Pikiran/Pexels.com/Andrea Piacquadio

Bagian terpenting dari memiliki dana darurat adalah untuk memberikan kamu ketenangan pikiran. Dana darurat dapat meyakinkanmu bahwa kamu dapat mengelola pengeluaran tak terduga. Hal ini akan berpengaruh terhadap pekerjaanmu, yaitu kamu lebih fokus pada pekerjaanmu saat ini, dan ingin meningkatkan kemampuan di bidang lain yang dapat meminimalkan tekanan keuangan.

2. Menghindari Utang 

Menghindari Utang
Menghindari Utang/Pexels.com/Robert Bogdan

Keadaan darurat bisa muncul kapan dan di mana saja. Namun, jika kamu tidak memiliki dana darurat, maka kamu bisa saja terjebak dalam utang.

Keadaan yang darurat contohnya keadaan darurat medis, mendapat tagihan tak terduga, atau tiba-tiba menjadi pengangguran yang seringkali menghambatmu untuk menggunakan kredit. Jadi, dana darurat akan menolongmu menghadapi saat-saat tak terduga dan membuatmu terhindar untuk berhutang.

3. Mencegahmu untuk Melakukan Pembelian Secara Impulsif

Mencegahmu untuk Melakukan Pembelian Secara Impulsif
Mencegahmu untuk Melakukan Pembelian Secara Impulsif/Pexels.com/Andrea Piacquadiao

Jika kamu komitmen untuk menyimpan uang sebagai dana darurat, kamu pasti akan selalu mengawasi pengeluaran. Dengan kata lain, menyiapkan dana darurat dapat menjauhkan kebiasaan membelanjakan pendapatan secara berlebihan atau impulsif, tak peduli seberapa besar kamu tergoda oleh barang-barang yang sudah ada di wishlist.

4. Memastikan Keamanan Masa Depan

Memastikan Keamanan Masa Depan
Memastikan Keamanan Masa Depan /Pexels.com/Andrea Piacquadiao 

Memiliki dana darurat bisa membuatmu lebih siap jika akan terjadi kejadian tak terduga di masa depan. Tak hanya itu, dana darurat juga membantumu untuk tidak menggunakan tabungan pensiun, sehingga masa depanmu kemungkinan lebih aman dalam segi keuangan. 

Itulah beberapa manfaat dan pentingnya memiliki dana darurat. Nah, Beauties yuk persiapkan dana daruratmu mulai dari sekarang. Atur rencana keuanganmu agar tidak menyesal di kemudian hari, karena tentu saja mengatur keuangan ini bukanlah hal yang mudah bukan?

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id