STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Selain Dilarang Pakai Sepatu, Ini Peraturan 'Aneh' Hingga Tak Lazim di Sekolah Korea Selatan

Sierra Ayuningtyas Muktisari | Beautynesia
Selasa, 23 Aug 2022 11:30 WIB
Selain Dilarang Pakai Sepatu, Ini Peraturan 'Aneh' Hingga Tak Lazim di Sekolah Korea Selatan

Di setiap negara atau tempat manapun, kehidupan sehari-hari kerap memiliki aturan tersendiri yang harus dipatuhi masyarakat setempat. Umumnya, peraturan maupun kebijakan yang ada bergantung pada tradisi hingga otoritas setempat, di mana hal tersebut juga membedakan peraturan di satu tempat dengan tempat lainnya.

Setiap peraturan pun memiliki tujuan dan maksud serupa, yaitu membuat masyarakat menjadi lebih disiplin dan taat. Namun, tak semua peraturan yang ada bisa diterima begitu saja, Beauties.

Ada beberapa tempat atau negara yang justru memiliki peraturan tak lazim atau tergolong 'aneh' bagi orang-orang lain yang mengetahuinya. Seperti layaknya Korea Selatan yang memiliki beberapa peraturan 'aneh' di sekolah untuk para siswanya. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini, Beauties!

Dilarang Pakai Sepatu Pribadi

Ilustrasi siswa melepas sepatu di KoreaIlustrasi siswa melepas sepatu di Korea/ Foto: Getty Images/ferrantraite

Sekolah-sekolah di Korea Selatan pada umumnya 'melarang' para siswa untuk menggunakan sepatu pribadi selama berada di lingkungan sekolah, Beauties. Eits, bukan berarti mereka akan bertelanjang kaki sepanjang hari di sekolah, kok.

Melansir Koreaboo, para siswa akan menggunakan sandal khusus yang disediakan sekolah untuk menggantikan sepatu mereka yang akan disimpan di dalam loker.

Layaknya sebuah tradisi, hal tersebut juga umum dilakukan para siswa di Korea Selatan, seperti halnya para masyarakat Korea yang melepas sepatu sebelum masuk ke dalam rumah dan menggunakan sandal rumah.

Beberapa adegan di drama Korea pun turut menggambarkan aturan dan tradisi yang satu ini, di mana para siswa kerap menggunakan kaos kaki dan berbalut sandal khusus ketika berada di sekolah.

Harus Memiliki Seragam

Ilustrasi seragam sekolah KoreaIlustrasi seragam sekolah Korea/ Foto: KBS

Sama seperti di Indonesia atau beberapa negara lainnya, para siswa di Korea Selatan diwajibkan memiliki seragam. Melansir Love To Know, seragam untuk para siswa di sekolah akan berbeda dengan sekolah lainnya, di mana seragam juga menjadi 'jati diri' serta ciri khas masing-masing sekolah.

Seragam yang disediakan pun mulai dari seragam perempuan dan laki-laki, seragam musim panas dan musim dingin, seragam khusus olahraga, kaos kaki, ikat pinggang, hingga sepatu.

Harga yang harus dibayar untuk seragam pun cukup mahal, yaitu kisaran 300 USD atau setara Rp4,4 juta untuk seragam perempuan, serta 200 USD atau setara Rp3 juta untuk seragam laki-laki melansir Korea Today.

Hal ini juga bisa kamu saksikan di beberapa drama Korea, Beauties. Salah satunya seperti drama Boys Over Flowers di mana tokoh Geum Jan Di (Goo Hye Sun) yang masuk ke sekolah menengah atas elite dan memiliki seragam yang cukup mahal meskipun ia berasal dari keluarga sederhana.

Panjang Rok Seragam Perempuan di Sekolah

Adegan drama The PenthouseIlustrasi seragam sekolah di Korea Selatan/ Foto: soompi.com

Selain harus memiliki seragam, para siswa khususnya perempuan juga harus menaati peraturan mengenai panjang rok yang mereka kenakan, Beauties. Dilansir dari koreanclass101.com, panjang rok harus menutupi setengah lutut dan jika lebih pendek dari itu, maka akan mendapat teguran dari pihak sekolah.

Kendati demikian, ada pula beberapa sekolah yang tak mempermasalahkan mengenai panjang rok seragam perempuan tersebut.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.