sign up SIGN UP

Selain Larang Siswi Kuncir Rambut, 4 Peraturan Tak Lazim Ini Harus Dipatuhi Perempuan Jepang

Niky Yunniarty Dermawan | Beautynesia
Jumat, 12 Aug 2022 22:30 WIB
Selain Larang Siswi Kuncir Rambut, 4 Peraturan Tak Lazim Ini Harus Dipatuhi Perempuan Jepang
caption

Beauties, untuk menjalani kehidupan di suatu tempat dan berhubungan dengan orang lain tentunya ada aturan-aturan yang perlu kita patuhi. Tidak terkecuali saat kita menjadi salah satu anggota dalam suatu organisasi bahkan warga negara suatu negara. Tentunya setiap tempat dan daerah pasti memiliki aturannya tersendiri.

Aturan ada agar membuat setiap pribadi menjadi tertib dan disiplin. Namun, bagaimana jika peraturan tersebut terkesan tidak lazim? Di Jepang sendiri, terdapat sederet peraturan tidak lazim yang berlaku untuk warga perempuannya. Apa saja? Dihimpun dari berbagai sumber, yuk simak!

Rambut Siswi Harus Berwarna Hitam serta Larangan Ikat Rambut Kuncir Kuda

Peraturan Nyeleneh di Jepang/freepik.com/freepik
Peraturan Nyeleneh di Jepang/freepik.com/freepik

Dilansir dari CNN Indonesia, pada tahun 2017 lalu, ada aturan mengenai warna rambut hitam bagi siswa di beberapa sekolah di Jepang yang sempat menjadi sorotan nasional. Bahkan jika seorang siswa tersebut berada di sekolah menengah, berusia sekitar 18 tahun, dan memiliki warna rambut coklat alami tetap perlu di cat rambutnya menjadi warna hitam.

Selain itu, pada Maret 2022 lalu juga sempat heboh soal beberapa sekolah di Jepang yang menerapkan larangan kepada siswinya untuk mengikat rambut dengan gaya kuncir kuda. Alasannya adalah, gaya ikat rambut tersebut akan memperlihatkan tengkuk belakang yang ditakutkan akan menarik gairah seksual pria. Aturan ini sempat menuai banyak kritik dan bahkan sampai ada ajuan gugatan hukum.

Pakaian Dalam Siswa Perempuan Harus Berwarna Putih

Dilansir dari Yahoo News, ternyata di Jepang bahkan ada aturan untuk siswa perempuan di mana mereka harus memakai pakaian dalam yang berwarna putih. Alasan diberlakukannya aturan ini masih sama seperti sebelumnya, yakni agar tidak menarik gairah seksual pria. Dan perlu Beauties ketahui, selalu ada pemeriksaan yang akan di lakukan oleh guru perempuan di suatu ruangan terpisah mengenai aturan ini.

Larangan Perempuan Berkacamata di Tempat Kerja

Peraturan Nyeleneh di Jepang/freepik.com/cookie_studio
Peraturan Nyeleneh di Jepang/freepik.com/cookie_studio

Beauties, apa kamu berkacamata? Dilansir dari BBC, ternyata pada tahun 2019 di Jepang sempat ada larangan perempuan untuk menggunakan kacamata saat di tempat kerja. Alasannya karena jika perempuan tersebut bekerja di sektor ritel, maka menggunakan kacamata dicap "terkesan dingin". Kemudian jika perempuan berkacamata bekerja di sektor kecantikan, maka kacamata dapat menutupi riasannya. Topik ini sempat menjadi perdebatan sengit di media sosial.

Perempuan Dilarang Menjadi Chef Sushi

Peraturan Nyeleneh di Jepang/freepik.com/freepik
Peraturan Nyeleneh di Jepang/freepik.com/freepik

Sushi adalah makanan khas dari negeri Jepang. Bar sushi sudah jelas ada di berbagai sudut kota, akan tetapi selalu terlihat ada yang kurang. Apakah itu? Ya, ternyata jarang sekali ada chef sushi perempuan. Untuk menjadi seorang chef sushi konon harus memiliki cita rasa yang stabil dalam makanannya.

Nah, larangan perempuan menjadi chef sushi adalah karena perempuan mengalami menstruasi. Sehingga siklus menstruasi tersebut membuat ketidakseimbangan dalam selera atau cita rasa yang dimiliki perempuan. Selain itu, Jepang percaya bahwa perempuan harus mengurus keluarga, sedangkan pekerjaan menjadi chef sushi itu dilakukan di malam hari. Maka inilah juga yang menjadi alasan lain dari larangan menjadi chef sushi untuk perempuan.

Nah, Beauties, itu dia peraturan nyeleneh dan tidak lazim yang ada di Jepang untuk perempuan. Peraturan tidak lazim mana yang baru kamu tahu?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id