STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Self Care Nggak Sama Dengan Egois, Ini 3 Alasan Kamu Butuh Self Care!

Nadya Quamila | Beautynesia
Jumat, 05 Nov 2021 17:45 WIB
Self Care Nggak Sama Dengan Egois, Ini 3 Alasan Kamu Butuh Self Care!

Situasi yang tidak menentu sejak pandemi COVID-19 melanda dunia membuat hampir semua orang kini mudah merasa cemas, stres, bahkan depresi. Oleh karena itu, dibutuhkan perawatan diri atau self care baik secara fisik maupun mental untuk mengatasi kondisi tersebut.

Menurut World Health Organization, self care adalah kemampuan individu untuk merawat diri yang mencakup segala sesuatu yang berkaitan dengan sehat secara fisik dan mental, termasuk kebersihan, nutrisi, dan mencari perawatan medis bila diperlukan.

Namun sayangnya, tak sedikit yang menganggap bahwa self care berarti egois karena terlihat seperti terlalu mementingkan diri sendiri bahkan tidak bertanggung jawab. Padahal, self care punya beragam manfaat, lho!

Kira-kira apa saja sih manfaat dari self care dan mengapa kita membutuhkannya? Yuk, simak penjelasannya!


Mengurangi Stres

Rentan Mengalami Stres dan Membuat Emosi Tidak Stabil / foto : pexels.com/LizaSummerSelf care dapat membantu mengurangi stres /Foto : Pexels.com/LizaSummer



Ketika sedang stres atau berada di bawah tekanan, kita cenderung kurang mampu melakukan kegiatan secara maksimal karena merasa lelah baik secara fisik dan emosional. Maka, self care pun dibutuhkan untuk mengatasinya.

Salah satu bentuk self care ialah melakukan kegiatan yang bersifat santai dan menenangkan. Contohnya seperti mendengarkan musik, mandi air hangat, yoga atau meditasi, dan hal-hal lain, tergantung pada tiap individu.

Kegiatan yang menenangkan tersebut dapat membuat kita merasa lebih rileks dan dapat mengurangi stres, kecemasan, serta meningkatkan suasana hati.


Meningkatkan Kesehatan Fisik

olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan fungsi otakOlahraga/Foto: Freepik/Our-team



Self care atau perawatan diri tidak hanya berkaitan dengan menjaga kesehatan mental, namun juga fisik. Self care juga memiliki artinya untuk berkomitmen dalam merawat tubuh atau fisik dengan berusaha memenuhi kebutuhannya. Baik itu menyikat gigi, mandi, berolahraga, tidur yang cukup, merupakan bentuk self care yang dapat menjaga kesehatan fisik.


Menjadi Lebih Baik dengan Orang Lain

Tak untuk diri sendiri, kecerdasannya dalam menganalisis masalah juga dibagikannya kepada orang lain dengan memberikan bantuan ataupun saran.Alasan kita membutuhkan self care/Foto: Freepik.com/Tirachardz/ Foto: Novianty Aulia



Anggapan bahwa self care adalah egois bisa terbantahkan melalui manfaat yang satu ini. Pasalnya, dengan melakukan self care, kita tidak hanya merawat dan berlaku baik kepada diri sendiri dengan baik, namun juga kepada orang lain.

Ketika kita terlalu sering mengabaikan apa yang dibutuhkan dan hanya memperhatikan kebutuhan orang lain kita akan merasa tidak bahagia, harga diri yang rendah, bahkan terselip perasaan dendam.

Padahal, dengan meluangkan waktu untuk merawat diri sendiri terlebih dahulu dan memastikan kebutuhan terpenuhi, kita dapat menjadi orang yang lebih baik bagi orang lain. Singkatnya, prioritaskan kebutuhan diri terlebih dahulu, barulah kita mampu memperlakukan orang lain dengan baik dan maksimal.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation! Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE