sign up SIGN UP

Semua Orang Punya Kesempatan yang Sama: Ini 5 Kisah Inspiratif Perempuan Penyandang Disabilitas dalam Meraih Mimpi

Retno Anggraini | Beautynesia
Jumat, 03 Dec 2021 14:00 WIB
Semua Orang Punya Kesempatan yang Sama: Ini 5 Kisah Inspiratif Perempuan Penyandang Disabilitas dalam Meraih Mimpi
caption
Jakarta -

Peringatan Hari Disabilitas Internasional setiap tanggal 3 Desember tiap tahunnya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap masyarakat tentang disabilitas dan menghilangkan stigma negatif terhadap penyandang disabilitas. Tidak lupa juga dengan memberikan dorongan terhadap mereka untuk meningkatkan kemandirian dan kesamaan hak dalam berbagai aspek kehidupan. 

Para penyandang disabilitas mengalami diskriminasi setidaknya sekali dalam seumur hidup. Merangkum dari berbagai sumber, inilah lima kisah inspiratif perempuan penyandang disabilitas dunia yang telah memberikan kontribusi dalam banyak hal dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik bagi semua orang.

Tammy Duckworth

Tammy Duckworth
Tammy Duckworth/Foto: Instagram.com/senduckworth

Menjabat sebagai Senator Amerika Serikat untuk Illinois sejak tahun 2017, Tammy Duckworth menorehkan kisah sukses sebagai pilot helikopter perempuan pertama yang memimpin misi tempur dan juga menjadi perempuan penyandang disabilitas pertama yang menjadi anggota Kongres.

Pada tahun 2004, Duckworth harus merelakan kedua kakinya diamputasi akibat tembakan granat peluncur roket yang ditembakkan oleh pemberontak Irak yang mengenai helikopternya. Meskipun mengalami luka-luka, Duckworth akhirnya mendapatkan surat izin medis yang memungkinkan dirinya untuk terus bertugas di Garda Nasional Angkatan Darat Illinois sampai dirinya pensiun pada tahun 2014.

Duckworth tercatat pernah tinggal di Indonesia dan mengenyam pendidikan di Jakarta Intercultural School.

Jillian Mercado

Jillian Mercado
Jillian Mercado/Foto: Instagram.com/jillianmercado

Jillian Mercado adalah perempuan penyandang disabilitas pertama yang berkarier dalam dunia modeling. Mercado ingin melawan kurangnya keterwakilan orang-orang penyandang disabilitas dan stigma negatif terhadap mereka, terutama di dunia fashion.

Pada usia 13 tahun, Mercado didiagnosis menderita distrofi otot yang menyebabkan tubuhnya tidak sempurna. Hal ini memupuskan keinginan Mercado untuk menjadi model, impian masa kecilnya.

Namun takdir berkata lain; Mercado digaet brand Diesel untuk menjadi model mereka. Dengan dukungan besar yang Mercado dapatkan dari publik, ia pun melakukan kampanye bersama Ivy Park, lini busana milik Beyoncé.

Judy Heumann

Judy Heumann
Judy Heumann/Foto: Instagram.com/theheumannperspective

Ketika Judy Heumann dikirim pulang karena hal yang tidak dia lakukan di sekolah dasar, membuat Heumann sadar betapa tidak adilnya dunia dan dia bertekad untuk membuat perubahan. Heumann akhirnya menjadi pengguna kursi roda pertama yang mengajar di New York City setelah lisensinya ditolak oleh Dewan Pendidikan. 

Heumann menjadi asisten Menteri Pendidikan Amerika Serikat untuk pendidikan khusus dan layanan rehabilitasi. Tidak hanya itu, ia juga bekerja untuk Departemen Luar Negeri sebagai penasihat khusus untuk hak-hak disabilitas internasional.

Stella Young

Stella Young
Stella Young/Foto: Instagram.com/kidsptvic

Stella Young terlahir dengan kondisi osteoporosis imperfecta yang membuatnya harus menggunakan kursi roda sepanjang hidup. Young menjabat sebagai editor majalah online Australian Broadcasting Corporation. Sebelumnya, Young pernah menjadi pembawa acara No Limits selama delapan musim. Acara ini merupakan sebuah program budaya disabilitas.

Young juga merupakan anggota Dewan Penasihat Menteri untuk Departemen Komunitas Victoria dan juga sebagai Dewan Penasihat Disabilitas Victoria. Stella Young meninggal dunia pada tanggal 6 Desember 2014. Rest in Peace, Stella Young.

Alice Wong

Alice Wong
Alice Wong/Foto: Instagram.com/alicatsamurai

Alice Wong terlahir dengan kondisi astrofi otot tulang belakang dan gangguan neuromuskular. Hal ini membuat Wong berhenti berjalan di usianya yang menginjak sekitar 7 atau 8 tahun.

Alice Wong merupakan aktivis penyandang disabilitas, pembuat media, dan konsultan penelitian yang berbasis di San Fransisco, California. Wong juga mendirikan Disability Visability Project, sebuah komunitas online yang didedikasikan untuk menciptakan dan memperkuat media serta budaya disabilitas.

Wong pun ditunjuk sebagai presiden untuk Dewan Nasional Disabilitas, sebuah badan federal independen yang memberi nasihat kepada presiden, kongres, dan lembaga federal lainnya tentang kebijakan, program dan praktik disabilitas dari tahun 2013 hingga 2015.

Itulah kisah-kisah inspiratif yang mampu membuka pandangan kita bahwa semua orang memiliki kesempatan hidup yang sama, tak terkecuali bagi penyandang disabilitas.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id