sign up SIGN UP

Sering Habis Percuma, Ini 4 Cara Mudah untuk Karyawan Baru Bisa Mengatur Keuangan

Zulfa Farhuna | Beautynesia
Kamis, 28 Jul 2022 09:45 WIB
Sering Habis Percuma, Ini 4 Cara Mudah untuk Karyawan Baru Bisa Mengatur Keuangan
caption

Setelah lulus sekolah tinggi, semua orang pasti berlomba untuk mendapatkan pekerjaan tetap pertama mereka. Pekerjaan mereka pun tak jauh dari minat studi yang diambil saat masih duduk di bangku sekolah tinggi maupun perkuliahan. Biasanya, gaji beberapa bulan pertama mereka dihabiskan untuk keperluan kurang mendesak atau hal sepele.

Tak heran, jika banyak karyawan baru kewalahan dalam mengatur keuangannya di saat gajian beberapa bulan pertamanya. Tapi banyak juga kok karyawan baru yang sudah melek akan finansial. Jadi setiap bulannya mereka menyisihkan beberapa persen untuk tabungan, investasi, dana darurat, dan kehidupan sehari-hari.

Buat yang masih bingung gimana caranya, berikut beberapa cara mudah bagi karyawan baru untuk mengatur keuangan mereka!

1. Buat Anggaran Pengeluaran

budgeting merupakan langkah awal dalam keteraturan pengeluaran
budgeting/foto: pexels.com/pixabay

Setiap orang pasti punya kebutuhan untuk dipenuhi sehari-hari, setiap minggu, bahkan setiap bulan. Biasanya, mereka membuat anggaran belanja yang dibutuhkan setiap bulannya. Mulai dari bayar token listrik dan air, keperluan rumah tangga, hingga makanan.

Anggaran pengeluaran dibuat untuk mempermudah orang tersebut mengkategorikan mana dana yang dimiliki. Misalnya untuk investasi, asuransi, maupun dana darurat.

2. Catat Uang Masuk dan Uang Keluar

Tips Keuangan Tetap Sehat Pasca Lebaran 2022Mengatur Pengeluaran/Foto: pexels.com/Anna Shvets

Setiap manusia tidak lepas dari yang namanya lupa. Apalagi jika sedang berbelanja dalam jumlah banyak. Sehingga, metode pencatatan antara uang masuk dan uang keluar harus dilakukan.

Uang masuk di sini berarti uang gaji atau uang apapun yang didapatkan. Sedangkan, uang keluar adalah uang yang dibelanjakan maupun di investasikan. Hal ini bertujuan untuk mengontrol laju keuangan pada setiap bulannya agar tidak terlalu berlebihan maupun pelit saat menggunakannya.

3. Sisihkan Uang untuk Masa Depan

uang masa depan haruslah ada dalam catatan keuanganmu
investasi masa depan/foto: pexels.com/alesia-kozik

Masa depan merupakan misteri bagi setiap orang. Ada yang di masa depan tambah sukses, ada juga yang di masa depan malah terkena banyak musibah. Oleh karena itu, orang yang bijak adalah orang yang memikirkan kemungkinan terbaik dan terburuk yang akan terjadi di kehidupan selanjutnya.

Tak heran, jika menyisihkan pendapatan untuk kemungkinan di masa depan adalah kewajiban. Seperti investasi di pasar saham, membuka berbagai cabang bisnis, membeli emas, membeli tanah, menabung untuk hari tua, hingga wakaf, yang dianggap sebagai investasi dunia dan akhirat.

4. Sisihkan Dana Darurat

dana darurat sangatlah penting
dana darurat/foto: pexels.com/mikhail-nilov

Dalam hidup tidak ada namanya kepastian. Bisa jadi seorang sehat hari ini, belum tentu besok pagi. Begitu juga sebaliknya. Sehingga, banyak orang yang menyisihkan dananya untuk keadaan darurat yang cepat maupun lambat akan mendatangi. Kalaupun itu datang, mereka biasanya akan lebih siap karena memiliki dana simpanan untuk keperluan darurat.

Misalnya saja saat seseorang membeli asuransi. Mereka membayar premi per bulannya dengan harapan jika di masa depan ada sesuatu yang tak diinginkan mereka bisa mengajukan polis asuransi untuk membiayai kejadian tersebut.

Bagaimana nih Beauties, ternyata gampang ya mengatur keuangan bulanan. Kuncinya sih cuma tekun dan kendalikan nafsu berbelanja aja! Nantinya bakal terasa gampang setelah beberapa kali mencobanya.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id