sign up SIGN UP

Bikin Hati dan Pikiran Tenang, 7 Vitamin dan Suplemen Ini Bisa Bantu Atasi Stres

Riswinanti Pawestri Permatasari | Beautynesia
Senin, 25 Jul 2022 19:00 WIB
Bikin Hati dan Pikiran Tenang, 7 Vitamin dan Suplemen Ini Bisa Bantu Atasi Stres
caption

Beauties, kamu pasti paham betul kalau hidup tidak hanya soal hal-hal yang bahagia saja. Ada kalanya kamu merasa sedih dan terpuruk. Berbagai tekanan mungkin muncul terkait keuangan, keluarga, hubungan asmara, bahkan pekerjaan.

Jika semua faktor itu berubah jadi stres, sebagian orang mungkin akan kesulitan untuk mengendalikan diri dan mencari jalan keluar. Belum lagi, muncul keluhan seperti kelelahan, sakit kepala, maupun ketidakstabilan emosi.

Untungnya, ilmu pengetahuan dan kesehatan telah menemukan solusi atas hal tersebut. Sebagaimana dilansir dari Healtline, ada beberapa vitamin dan suplemen yang mengandung zat penurun stres. Jika dikonsumsi sesuai anjuran dokter, bahan-bahan alami ini akan membantumu mengatasi stres dan siap menghadapi kehidupan. Yuk, simak ulasannya!

1. Rhodiola Rosea

Rhodiola Rosea/Foto: Pinterest.com/bemoremagazine.com
Ilustrasi Rhodiola Rosea/Foto: Pinterest.com/bemoremagazine.com

Rhodiola rosea adalah bahan tanaman yang tumbuh di Rusia dan sebagian kawasan Asia. Di dalamnya terdapat kandungan adaptogen, yaitu zat anti racun yang membantu meningkatkan ketahanan terhadap stres. Kamu cukup mengonsumsi ekstrak Rhodiola sebanyak 400 mg per hari selama seminggu, dan gejala stres akan mulai membaik. Namun perlu diperhatikan, efeknya mungkin akan berbeda pada setiap individu.

2. Melatonin

Melatonin/Foto: Pixabay.com/Claudio_Scott
Ilustrasi Fungsi Melatonin/Foto: Pixabay.com/Claudio_Scott

Stres dan insomnia adalah dua hal yang saling berkaitan. Stres memicu gangguan tidur, sementara kurangnya waktu tidur juga akan memperburuk kondisi. Karenanya, salah satu cara untuk menanggulanginya adalah dengan memperbaiki kualitas istirahat.

Dalam hal ini, melatonin dianggap sebagai suplemen terbaik memperbaiki tekanan jantung serta mengandung hormon yang membantumu tidur lebih nyenyak. Untuk stres ringan, kamu cukup meminum 0,3 mg saat malam dan kondisimu akan membaik esok paginya. Meski demikian, kamu wajib berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, ya! 

3. Glisin

Glisin/Foto: Unsplash.com/Leohoho
Ilustrasi Glisin/Foto: Unsplash.com/Leohoho

Berdasarkan studi yang dipaparkan Healtline, glisin adalah salah satu suplemen terbaik untuk mengatasi gangguan tidur dan kesulitan berkonsentrasi. Di dalamnya juga terdapat asam amino yang membantu tubuh memproduksi protein baik. Konsumsi dengan tepat juga akan membantu mengurangi rasa lelah dan kantuk saat siang sehingga tubuh tetap bugar seharian.

4. Ashwagandha

Ilustrasi Ashwagandha/Foto: Unsplash.com/Bankim Desai
Ilustrasi Ashwagandha/Foto: Unsplash.com/Bankim Desai

Ashwangandha memiliki sifat dan kandungan mirip dengan rhodiola. Di dalamnya terdapat zat adaptogenik yang membantu meningkatkan ketahanan terhadap stres, serta digunakan dalam pengobatan depresi berat. Tanaman ini berasal dari India, namun telah dikembangkan cukup lama untuk keperluan medis di berbagai penjuru dunia.

5. L-theanine

Ilustrasi L-theanine/Foto: Pixabay.com/congerdesign
Ilustrasi L-theanine/Foto: Pixabay.com/congerdesign

L-theanine adalah jenis asam amino yang umumnya terdapat dalam teh. Dalam studi yang dipaparkan Healtline, terbukti bahwa meminum teh hijau dapat menurunkan stres dan mengatasi serangan kecemasan. Detak jantung juga lebih teratur saat mengonsumsinya dalam dosis yang tepat.

6. Vitamin B Kompleks

Ilustrasi Vitamin B Kompleks/Foto: Pixabay.com/Pezzibear
Ilustrasi Vitamin B Kompleks/Foto: Pixabay.com/Pezibear

Khasiat vitamin B kompleks memang sangat beragam, dan salah satunya adalah untuk mengatasi stres. Selain itu, konsumsi vitamin ini juga membantu menjaga kesehatan jantung dan memaksimalkan kinerja otak. Kamu bisa mendapatkannya dalam bahan makanan seperti kacang-kacangan, produk susu, sayuran hijau, daging, dan gandum.

7. Kava

Ilustrasi Vitamin B Kompleks/Foto: Unsplash.com/Pezibear
Ilustrasi Vitamin B Kompleks/Foto: Unsplash.com/Pezibear

Bagi yang belum tahun, kava adalah tanaman semak tropis yang tumbuh di kepulauan Pasifik Selatan. Di dalamnya terdapat kavalacton yang dipercaya membantu menurunkan stres dan gangguan kecemasan. Tanaman ini telah dikonsumsi secara turun temurun untuk menjaga pikiran tetap tenang dalam situasi apapun.

Itulah beberapa vitamin yang dipercaya membantu menurunkan stres. Ternyata, stres juga bisa diatasi secara alami dengan bahan-bahan dari alam. Jika kamu merasa repot mengolahnya sendiri, saat ini sudah banyak ekstrak yang bisa dibeli di apotek.

Namun ingat, pastikan kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, ya, Beauties! Lalu, jika kamu merasa stres yang dialami berkepanjangan, kamu juga bisa menemui tenaga profesional untuk membantumu dalam mengatasinya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id