sign up SIGN UP

Setiap Orang Punya Kekurangan, Berikut Tips Sederhana Melatih dan Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Octavia Tunggal Dewi | Kamis, 18 Nov 2021 22:30 WIB
Setiap Orang Punya Kekurangan, Berikut Tips Sederhana Melatih dan Meningkatkan Rasa Percaya Diri
caption

Setiap orang pasti pernah merasa tidak percaya diri baik itu si introvert maupun ekstrovert. Kehilangan rasa percaya diri tentunya mengganggu semangat dan produktivitas sehari-hari yang membuat seseorang merasa tidak nyaman.

Tetapi rasa percaya diri dapat dibangun kembali melalui hal-hal yang sederhana namun sangat bermanfaat. Berikut beberapa tips untuk meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

1. Melawan Segala Bentuk Pikiran Negatif

Melawan segala bentuk pikiran negatif
Melawan Segala Bentuk Pikiran Negatif/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Cara meningkatkan rasa percaya diri dapat dengan melawan beragam pikiran negatif yang menghantui. Pikiran takut akan di bully, dianggap jelek, terlalu percaya diri, sombong, dan lain sebagainya yang dapat menjadi penyebab seseorang kehilangan rasa percaya diri. Jika kamu terus menuruti pikiran negatif tersebut maka kamu tidak akan pernah berani menunjukkan diri kamu kepada dunia.

2. Menerima Kekurangan dan Kelebihan Diri Sendiri

Menerima kekurangan dan kelebihan diri sendiri
Menerima Kekurangan dan Kelebihan Diri Sendiri/Foto: Freepik.com/Cookie_Studio

Bangun pola pikir bahwa setiap orang pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, karena tidak ada seseorang yang benar-benar sempurna. Jadi jangan merasa minder atau takut jika kamu melakukan kesalahan ataupun tidak bisa melakukan sesuatu.

Sebab, setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan dan belajar dari kesalahan tersebut. Bersyukur serta fokuslah pada kelebihan yang kamu miliki dan terus kembangkan kemampuan kamu.

3. Berhenti Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain
Berhenti Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Rumput tetangga akan selalu terlihat lebih indah, jadi berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Jika terus membanding-bandingkan tidak akan ada habisnya, justru hanya akan membuat kamu tertekan dan terbebani. Seperti membandingkan pencapaian kamu dengan orang lain, fisik, harta, dan lain sebagainya.

4. Jangan Memikirkan Ucapan Orang Lain

Jangan memikirkan ucapan orang lain
Jangan Memikirkan Ucapan Orang Lain/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Tidak sedikit orang yang kehilangan rasa percaya diri karena takut akan omongan dan pandangan orang lain. Terus memikirkan omongan orang lain hanya akan membuat diri kamu tidak nyaman.

Coba tanya pada diri sendiri sebenarnya hidup dan hal-hal yang kamu lakukan untuk dirimu atau orang lain? Jadi terus lakukan apa yang ingin kamu lakukan selama hal tersebut tidak merugikan orang lain.

5. Bersosialisasi dengan Banyak Orang

Bersosialisasi dengan banyak orang
Bersosialisasi dengan Banyak Orang/Foto: Freepik.com/Cookie_Studio

Cobalah untuk bersosialisasi dengan banyak orang seperti tersenyum dan menyapa orang-orang di sekitarmu. Sebab, semua orang pasti senang disapa dan diperlakukan baik oleh orang lain.

Kebahagiaan dan senyum mereka dapat menular kepadamu. Serta senyuman dapat juga membuat seseorang merasa lebih percaya diri terhadap lingkungan di sekitar mereka.

Beauties, itu dia tips meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Memupuk rasa percaya diri memang tidak mudah untuk dilakukan tetapi jika terus merasa tidak percaya diri maka akan mempersulit kamu dalam berkembang dan berkreativitas. Lawan rasa takut dan belajarlah untuk menerima dan percaya terhadap diri kamu sendiri apa adanya.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id