sign up SIGN UP

Semoga Bukan Kamu, Inilah Ciri-ciri Hingga Cara Mengatasi Seseorang dengan Kepercayaan Diri Rendah

Cynthia Claudia | Sabtu, 11 Sep 2021 22:15 WIB
Semoga Bukan Kamu, Inilah Ciri-ciri Hingga Cara Mengatasi Seseorang dengan Kepercayaan Diri Rendah
caption

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap dari kita pernah mengalami yang namanya kegagalan. Manusia pada dasarnya memiliki emosi, dan ada saatnya di mana kegagalan menghantui perasaan kita. Perasaan nggak mampu mencapai apa yang kita inginkan membuat kita nggak percaya diri.

Merasa nggak percaya diri merupakan hal yang wajar, namun berdampak buruk jika terus menghantui kita dalam jangka panjang karena dapat mengganggu kesehatan mental. Yuk, kenali ciri-ciri seseorang yang nggak percaya diri dan bagaimana cara mengatasinya berikut:

1. Reaksi yang Berlebihan

Self esteem rendah
Self esteem rendah/ Foto: Pexels/ Liza Summer

Seseorang yang kurang percaya diri biasanya menunjukkan reaksi yang berlebihan atau gampang emosi. Terutama jika kalian merasa telah dikritik, dihakimi, atau tidak dihargai biasanya campuran kemarahan, kesedihan, dan kecemasan pun muncul. 

Namun, ada saatnya dimana kamu ingin melawan perkataan mereka balik dengan komentarmu sendiri. Ini menunjukkan bahwa kamu selalu mencari cara untuk merasa lebih baik tentang diri sendiri. Dengan menyerang balik, membuatmu lebih kuat dan berkuasa. 

2. Menghakimi Orang Lain

Self esteem rendah
Self esteem rendah/ Foto: Pexels/ Liza Summer

Orang dengan self esteem yang rendah cenderung menghakimi orang lain. Mereka menghakimi orang lain seolah-olah mereka nggak benar, sehingga pikiran ini membuat orang dengan self esteem rendah merasa lebih baik.  

Namun, merendahkan orang lain untuk merasa diri sendiri lebih baik itu nggak baik bagi kesehatan mental kita. Karena ketika kita sudah mulai membandingkan diri sendiri dengan orang lain, maka kita nggak akan pernah merasa bahagia. 

3. Berusaha Menyenangkan Orang Lain

Self esteem rendah
Self esteem rendah/ Foto: Pexels/ Kat Jayne

Ciri-ciri lainnya yang menunjukkan bahwa seseorang memiliki self esteem rendah adalah berusaha menyenangkan orang lain. Dalam kasus ini kamu akan merasa bahwa dirimu tidak pantas dan tidak disukai orang lain, sehingga kamu selalu berusaha menyenangkan orang lain dengan perkataanmu dan perbuatanmu. 

4. Pencarian Kepastian 

Self esteem rendah
Self esteem rendah/ Foto: Unsplash/ Pablo

Ketika kamu merupakan seseorang yang kurang percaya diri, kamu cenderung mencari keberadaan orang lain untuk memberikanmu dukungan emosional, sehingga kamu bisa merasa lebih baik, Beauties. Ini biasanya terjadi ketika kamu menghadapi sebuah masalah. 

Namun, hal ini menunjukkan bahwa kamu menjadi ketergantungan terhadap orang lain. Sehingga pada akhirnya, kamu bakal merasa dirimu lebih buruk karena nggak bisa mengatasi perasaan emosionalmu sendiri. 

5. Pengambilan Keputusan yang Lama 

Self esteem rendah
Self esteem rendah/ Foto: Pexels/ Energepic com

Ketika menghadapi situasi dimana kamu harus mengambil keputusan, kamu cenderung makan waktu. Bahkan dalam hal-hal kecil seperti tempat makan malam, atau apa film yang harus ditonton di Netflix. 

Kerpecayaan diri yang rendah akhirnya membuat kamu jatuh ke dalam perangkap tidak dapat mengambil keputusan dengan baik karena dihantui keraguan.

Itulah 5 ciri-ciri seseorang dengan self esteem yang rendah seperti yang dilansir dari Medium. Apakah kamu merasa bahwa ciri-ciri di atas mencerminkan dirimu?

Cara Meningkatkan Self Esteem 

Self esteem rendah
Self esteem rendah/ Foto: Pexels/ Just Name

Ketika kamu merasa bahwa ciri-ciri di atas benar-benar mencerminkan dirimu, kamu bisa mengambil berbagai langkah untuk memperbaikinya, Beauties. Melansir dari Detikcom, berikut adalah berbagai cara meningkatkan self esteem:

  • Menghargai diri sendiri,
  • Memvisualisasikan pencapaian dan keberhasilan,
  • Terbuka terhadap wawasan baru,
  • Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain,
  • Mulai menulis buku harian.
(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id