STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Ssst! Ini 4 Rahasia Kepribadian INFJ yang Sering Dikira Cenayang

Aqida Widya Kusmutiarani | Beautynesia
Selasa, 21 Sep 2021 10:00 WIB
Ssst! Ini 4 Rahasia Kepribadian INFJ yang Sering Dikira Cenayang

Dari 16 tipe kepribadian MBTI, INFJ (Introverted, Intuitive, Feeling, and Judging) menjadi salah satu kepribadian manusia yang paling langka. Melansir dari Very Well Mind, hanya ada sekitar 1-3 persen orang yang memiliki kepribadian ini dan terbilang langka. 

Meskipun langka, seseorang dengan kepribadian INFJ ini punya hati yang lembut dengan rasa empati yang tinggi. Kepribadian ini bisa memahami emosi yang tengah dirasakan orang-orang sekitarnya. Inilah yang membuat orang-orang terdekatnya sering menjadi INFJ sebagai tempat curhat.

Sayangnya, INFJ justru sulit memahami dirinya sendiri. Mereka punya pikiran yang rumit dan nggak semua orang bisa paham. Karena itu, INFJ cenderung tertutup apabila membahas tentang dirinya sendiri. 

Nah, menurut Introvert Dear, kepribadian INFJ ini suka menyimpan empat rahasia ini sendirian sampai orang-orang sekitar mengira mereka punya indra keenam. Penasaran? Baca ulasan selengkapnya di bawah ini, ya!

1. Punya Intuisi yang Tajam

INFJ termasuk kepribadian MBTI yang langka
Kepribadian MBTI/ Foto: gossipchimp.com

Beauties, pernahkah kamu atau orang-orang terdekatmu yang berkepribadian INFJ tiba-tiba dapat firasat nggak boleh melakukan sesuatu, pergi ke suatu tempat, atau waktu tepat untuk memulai sesuatu? Kalau pernah, tenang, itu bukan berarti mereka punya indra keenam, ya. 

Firasat tersebut muncul karena seorang INFJ punya intuisi atau Introvert Intuition yang tajam sekaligus mendominasi kepribadian mereka. Inilah yang membuat seorang INFJ tanpa sadar sering memperhatikan lingkungan sekitar dengan detail dan menganalisisnya dalam pikiran mereka. Hal ini membuat INFJ kadang-kadang bisa mengetahui sesuatu tapi nggak bisa menjelaskan kenapa atau bagaimana mereka bisa tahu. 

2. Punya Empati yang Tinggi

INFJ adalah seorang introvert sejati
Introvert sejati/ Foto: soompi.com

Meskipun orang tersebut nggak menjelaskan atau menceritakan apa yang tengah dirasakannya, kepribadian yang termasuk golongan introvert ini bisa sangat memahami perasaan orang tersebut dengan baik. Eits! Bukan berarti INFJ punya kekuatan supranatural, ya. 

Tingginya rasa empati INFJ ini lagi-lagi karena didominasi oleh intuisi atau Introvert Intuition sehingga membuat kepribadian ini terhubung dengan orang lain secara emosional. Kepribadian manusia yang satu ini juga bisa mengetahui ketikaseseorang berbohong. Jadi, jangan coba-coba membohongi INFJ, ya.

3. Bisa Menyerap Emosi Orang Lain

INFJ mudah menyerap emosi orang lain
Kepribadian manusia/ Foto: soompi.com

Seperti spons yang mudah menyerap cairan, tipe kepribadian ini juga mudah menyerap emosi yang tengah dirasakan orang lain. Secara tiba-tiba, INFJ bisa saja merasa sedih setelah melihat seseorang menangis sekalipun mereka nggak mengenal orang tersebut.

Apalagi kalau orang itu dekat secara emosional dengan INFJ, seperti pasangan, keluarga, atau sahabat. Semakin besar kemungkinan INFJ menyerap emosi yang tengah dirasakan orang terdekatnya. Menurut Dodge, dikutip dari Introvert Dear, hanya kepribadian INFJ saja, lho, yang bisa menyerap emosi orang lain ini.

4. Introvert Sejati

Sering dikira ekstrovert, nyatanya INFJ adalah introvert sejati
Introvert/ Foto: soompi.com

Dari luar INFJ mungkin terlihat bersemangat, ceria, mudah dekat dengan orang lain, dan banyak omong saat bersama orang-orang yang membuatnya nyaman. Hal ini yang membuat INFJ seringkali dikira sebagai seorang ekstrovert atau ambivert. Faktanya, INFJ adalah introvert sejati.

INFJ mungkin kelihatannya punya banyak teman, tetapi hanya orang-orang tertentu saja yang bisa masuk ke dalam inner circle-nya. Bukan sombong, kepribadian manusia ini benar-benar menjaga kualitas pertemanannya. Selain itu, INFJ juga senang mengisi energi dengan menyendiri sama seperti kepribadian introvert lainnya. 

Itulah rahasia di balik kepribadian INFJ yang banyak mengandalkan intuisi. So, jangan bilang mereka supranatural lagi, ya, Beauties.

(fer/fer)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE