STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Sudah Tamat, Ini 4 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Ambil dari Drama Korea Tomorrow

Dian Purnamasari Siregar | Beautynesia
Jumat, 27 May 2022 22:00 WIB
Sudah Tamat, Ini 4 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Ambil dari Drama Korea Tomorrow

Sabtu, (21/5) lalu, drama Korea Tomorrow telah menyelesaikan seluruh episodenya dengan perolehan rating 2,8 persen. Meski memperoleh rating yang kecil di akhir episode, Tomorrow setiap minggunya selalu berhasil mencapai peringkat 10 besar Netflix, terutama di Indonesia, untuk kategori TV show.

Tomorrow mengangkat kisah kasus bunuh diri yang kerap terjadi di Korea Selatan. Dikutip dari detikNews, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pernah menerbitkan penelitiannya tentang perkiraan tingkat bunuh diri. Korea Selatan menduduki peringkat ke-10 dengan angka 20,2%

Para pemeran drama Korea Tomorrow
Para pemeran drama Korea Tomorrow/Foto: Instagram.com/mbcdrama_now

Tomorrow diperankan oleh Rowoon SF9, Kim Hee Seon, Lee Soo Hyuk, Yun Ji On dan Kim Hae Sook. Bercerita tentang Choi Jun Woong (Rowoon SF9) yang sedang berusaha mencari pekerjaan, meski berkali-kali gagal.

Suatu malam, ia bertemu dengan malaikat maut Koo Ryeon (Kim Hee Seon) dan Im Ryung Gu (Yun Ji On). Kedua malaikat tersebut merupakan tim manajemen krisis dari alam baka atau Jumadeung.

Tim manajemen krisis adalah tim yang dibentuk oleh Direktur Jumadeung (Kim Hae Sook). Mereka bertugas untuk menghentikan seseorang yang ingin melakukan percobaan bunuh diri.

Karena insiden pada malam tersebut, membuat Choi Jun Woong mengalami koma. Arwahnya pun di bawa ke Jumadeung dan bergabung dengan tim manajemen krisis.

Drama dengan genre fantasi ini setiap episodenya menceritakan kasus bunuh diri dengan alasan yang beragam. Maka tidak heran, jika drama Tomorrow juga memiliki banyak pelajaran hidup yang bisa kamu pelajari. Apa saja itu? Simak ulasannya yuk, Beauties!

1. Hargai Setiap Kehidupan yang Diberikan

Drama Tomorrow mengajarkan untuk menghargai hidup
Drama Tomorrow mengajarkan untuk menghargai hidup/Foto: Instagram.com/mbcdrama_now

Kehidupan adalah anugerah yang diberikan oleh Sang Pencipta, untuk itu kita harus menghargai pemberiannya. Meski tidak dapat dipungkiri, terkadang kehidupan begitu keras untuk dilalui.

Setiap orang memang memiliki jalan hidup yang berbeda-beda. Ada yang baik-baik saja, ada juga yang penuh rintangan. Tapi setiap orang memiliki pilihan, apakah akan bertahan atau menyerah.

Seperti yang dikatakan oleh karakter Direktur Jumadeung, yang diperankan oleh Kim Hae Sook. “Setiap makhluk memiliki takdir yang sudah ditentukan. Namun, itu hanya rambu perjalanan. Akhir perjalanan itu bergantung pada pilihan mereka.”

2. Bunuh Diri Bukanlah Solusi

Drama Tomorrow mengajarkan bahwa bunuh diri bukan solusi
Drama Tomorrow mengajarkan bahwa bunuh diri bukan solusi/Foto: Instagram.com/mbcdrama_now

Bunuh diri kerap dipilih sebagai penyelesaian atau jalan keluar dari sebuah masalah. Bunuh diri tentu saja tidak dapat dibenarkan apa pun alasannya. Bunuh diri bukanlah solusi untuk menyelesaikan masalah.

Karena dengan melakukan itu kita hanya memindahkan masalah ke tangan orang lain, keluarga misalnya. Keluarga yang kita tinggalkan akan tetap mendapat masalah dari tindakan yang kita lakukan. Tidak hanya keluarga, orang-orang terdekat yang kita sayangi juga akan mendapat masalah.

Dalam drama Tomorrow, digambarkan orang-orang yang memilih untuk bunuh diri, kehidupannya di alam baka atau Jumadeung tidak tenang. Mereka selalu diliputi rasa penyesalan karena telah memilih bunuh diri. Mereka juga ditakdirkan tidak dapat bertemu lagi dengan orang-orang yang mereka cintai di alam baka.

Seperti dialog dari Park Jung Gil yang diperankan oleh Lee Soo Hyuk dalam drama ini. “Itulah harga yang harus dibayar jika melakukan bunuh diri.”

3. Terima Kasih Karena Sudah Bertahan

Drama Tomorrow mengajarkan untuk berempati dengan mereka yang memiliki masalah hidup
Drama Tomorrow mengajarkan untuk berempati dengan mereka yang memiliki masalah hidup/Foto: Instagram.com/mbcdrama_now

Tidak hanya bicara tentang bunuh diri, tapi drama Tomorrow juga membuat kita menjadi lebih kuat. Hal ini dikarenakan dialog yang ada di drama ini selalu penuh makna, sehingga kita semakin belajar tentang arti kehidupan.

Selain itu, mereka juga selalu mengapresiasi setiap orang, yang pada akhirnya memilih mengurungkan niatnya untuk bunuh diri. Meski kita tahu, bunuh diri tidak dibenarkan, tapi kita juga harus bisa berempati terhadap masalah yang mereka lalui.

Tidak mudah melalui setiap masalah yang terjadi dalam hidup. Karenanya ketika seseorang memilih untuk bertahan. Sudah seharusnya mereka mendapatkan ucapan terima kasih karena sudah memilih untuk bertahan dan kuat.

4. Jangan Merusak Hidup Orang Lain

Drama Tomorrow mengajarkan agar kita dapat berbuat baik dengan orang lain
Drama Tomorrow mengajarkan agar kita dapat berbuat baik dengan orang lain/Foto: Instagram.com/mbcdrama_now

Dari semua kasus yang terjadi di setiap episodenya, beberapa masalah yang mereka alami adalah karena orang lain. Ada kasus bullying, pemerkosaan, hingga isu tentang Jugun Ianfu (perempuan penghibur saat masa penjajahan Jepang yang terjadi di Korea).

Melalui kisah-kisah tersebut, kita dibuat sadar, bahwa jangan sampai kita merusak hidup seseorang dengan melakukan tindakan-tindakan jahat. Kasus-kasus tersebut tentunya membuat seseorang kehilangan gairah hidup, harapan, serta trauma yang mendalam.

Yuk, diingat lagi, apakah kita sudah cukup berbuat baik untuk lingkungan sekitar? Jika belum, mulai perbaiki dan perbanyak berbuat baik. Agar tidak ada orang yang merasa kesulitan hingga berpikir untuk mengakhiri hidupnya.  

Itulah beberapa pelajaran hidup yang bisa kamu ambil dari drama Korea Tomorrow. Meski memiliki banyak makna, sebaiknya kamu menonton drama ini saat sedang merasa bahagia atau tidak stres.

Karena setiap kasus yang diangkat mengandung trigger warning yang dapat memicu trauma atau reaksi mental dan fisik. Untuk kamu yang memiliki trauma terhadap hal tersebut tapi ingin menonton drama ini, sebaiknya didampingi oleh keluarga atau sahabat terdekat ya, Beauties.

Semoga dengan adanya drama Tomorrow, angka bunuh diri yang terjadi di berbagai negara dapat turun, ya.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE