sign up SIGN UP

Tak Perlu Bingung, Ini 5 Tips Investasi Saham di Usia 20-an Biar Tidak Boncos!

Dian Aprilia | Beautynesia
Selasa, 18 May 2021 18:00 WIB
Tak Perlu Bingung, Ini 5 Tips Investasi Saham di Usia 20-an Biar Tidak Boncos!
caption

Investasi saham itu tidak melulu harus menunggu kaya. Asalkan kamu sudah memenuhi syarat keuangan dasar, seperti punya dana darurat, asuransi kesehatan, dan gaji tetap. Dan usia yang paling cocok untuk memulai investasi saham adalah di masa dewasa awal.

Sebab saat dewasa awal, kamu sudah mulai bekerja dan menghasilkan uang sendiri. Ditambah lagi kematangan berpikir mulai meningkat, alhasil tidak sembrono dan lebih terukur dalam membuat keputusan. Hal tersebut adalah modal dasar untuk memasuki investasi saham agar tidak boncos atau rugi. Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 tips investasi saham di usia 20 an agar tidak boncos.

Perdalam Ilmu Saham

Baca buku
Baca buku/pexels.com

Ilmu adalah hal mutlak yang perlu dimiliki untuk terjun ke suatu bidang baru, termasuk investasi saham. Tanpa ilmu, langkahmu bisa jadi terlalu ceroboh dan bikin kamu rugi dan bahkan kehilangan seluruh uangmu di saham.

Mulailah dengan membaca banyak buku tentang investasi saham, video-video yang memberikan insight tentang investasi saham, mengikuti akun-akun media sosial tentang saham, dan memiliki mentor keuangan yang kredibel. Pastikan kamu memperbanyak sumber-sumber pengetahuan dan memastikan bahwa sumber itu kredibel yakni ahli dan objektif.

Eksperimen

Eksperimen
Eksperimen/pexels.com

Setelah kamu memahami seluk beluk dunia saham dari belajar baik secara mandiri ataupun dengan bantuan orang lain, selanjutnya kamu bisa melakukan eksperimen. Mulailah berinvestasi dengan modal kecil terlebih dahulu. Ikuti perkembangan saham yang kamu miliki tersebut dari waktu ke waktu.

Dari proses eksperimen tersebut kamu akan lebih memahami ilmu investasi saham dengan lebih komprehensif. Kamu jadi memahami proses pembelian saham lebih detail, pergerakan saham, kriteria saham yang bagus, waktu terbaik untuk menjual dan membeli saham, dan lainnya.

Konsisten Investasi

Konsisten investasi
Konsisten investasi/pexels.com

Selanjutnya, usahakan di usia 20-an kamu sudah mulai konsisten untuk berinvestasi. Tetapkan besaran dana yang bisa kamu sisihkan setiap bulan untuk investasi saham. Misalnya, 500 ribu, 1 juta, 2 juta, atau lebih banyak lagi menyesuaikan dengan pemasukan dan pengeluaran kamu.

Naikkan Tingkat Investasi

Tingkatkan investasi
Tingkatkan investasi/pexels.com

Di usia 20 tahun-an, kamu cenderung lebih longgar dalam hal finansial. Sebab kamu tidak memiliki banyak tanggungan, seperti biaya menghidupi anak, pendidikan anak, keluarga dan lainnya. Jadi maksimalkan uang yang kamu miliki untuk investasi dan menjamin kehidupan di masa depan.

Usahakan untuk meningkatkan nominal investasi setiap beberapa bulan atau beberapa tahun. Kamu bisa meningkatkan jumlah investasi seiring kenaikan gaji dan bonus yang kamu dapatkan. Daripada dana yang dimiliki dihabiskan untuk meningkatkan gaya hidup, alangkah baiknya untuk mengoptimalkannya pada investasi keuangan.

Tingkatkan Keterampilan

Tingkatkan keterampilan
Tingkatkan keterampilan/pexels.com

Terakhir, saat usia muda kamu cenderung memiliki tenaga dan waktu luang yang cukup banyak. Oleh sebab itu maksimalkan untuk meningkatkan keterampilan dalam investasi saham. Banyak belajar, mengikuti seminar, diskusi dengan para ahli dan praktisi dan banyak lagi lainnya.

Dengan begitu, saat usia dewasa tengah bahkan lanjut usia, kamu sudah mahir berinvestasi dan bisa menggunakan waktu dan tenaga untuk kebutuhan lainnya. Seperti halnya mengurusi keluarga, mendidik anak, dan lainnya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id