STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Tak Selamanya Indah, Sederet Idol K-Pop Ini Pernah Menggugat Agensinya

Fahira Mahza | Beautynesia
Selasa, 22 Nov 2022 19:30 WIB
Tak Selamanya Indah, Sederet Idol K-Pop Ini Pernah Menggugat Agensinya
Sederet idol K-Pop yang pernah menggugat agensi/ Foto: soompi.com

Menjadi seorang idol K-Pop tentunya harus memiliki bakat yang menonjol agar bisa menarik perhatian publik. Selain bakat, salah satu hal yang seringkali mendasari kesuksesan seorang idol ialah bagaimana agensi mereka mempromosikan mereka di dunia entertainment.

Jika perusahaan mempromosikan artisnya dengan baik serta memperlakukan mereka dengan baik juga maka bukan tidak mungkin bila idol tersebut akan mendapatkan popularitas yang besar dan juga loyal terhadap perusahaan.

Namun, tak jarang meskipun para idol telah mendapat popularitas yang besar dimata publik tidak memungkiri bahwa mereka merasa kurang nyaman dengan perlakuan perusahaan pada mereka.

Sehingga banyak dari mereka yang memilih untuk menggugat perusahaan dan memutuskan untuk hengkang daripada melanjutkan karier bersama agensi mereka. Seperti halnya deretan idol K-Pop berikut ini yang pernah menggugat agensi mereka di tengah puncak popularitas.

1. Kris, Luhan, dan Tao

Kris, Luhan, Tao (Ex-EXO)
Kris, Luhan, Tao/foto: koreaboo.com

Mungkin para K-Popers ulung sudah tak asing bila mendengar grup Kpop bernama EXO. Grup asal SM Entertainmnet ini pada awalnya debut dengan 12 personel pada tahun 2012.

Namun, beberapa tahun setelah mereka debut, beberapa member dari EXO memutuskan untuk menggugat SM Entertainment dan memilih untuk hengkang dari EXO. Anggota pertama yang memutuskan untuk hengkang ialah Kris yang dilanjutkan dengan Luhan dan Tao.

Alasan mereka menggugat SM ialah karena mereka merasa bahwa agensi memperlakukan mereka kurang baik dan tidak memprioritaskan kesehatan mereka. Selain itu, mereka juga merasa agensi telah membatasi mereka untuk melakukan aktivitas yang mereka inginkan seperti akting. 

2. Kang Daniel 

Kang Daniel
Kang Daniel/foto: koreaboo.com

Idol 'jebolan' Produce 101 season 2 ini memutuskan untuk menjadi seorang solois di bawah naungan LM Entertainment usai berakhirnya masa promosinya bersama Wanna One.

Namun, sebelum masa kontraknya habis dengan LM Entertainment, Kang Daniel memutuskan untuk menggugat agensinya agar ia bisa mengakhiri kontraknya.

Diketahui bahwa alasan dirinya memutuskan untuk mengakhiri kontrak dengan perusahaan karena adanya perselisihan yang telah terjadi di antara keduanya selama berbulan-bulan.

Di mana Kang Daniel mengungkapkan bahwa dia meminta LM untuk mentransfer akses akun media sosialnya kepadanya sehingga ia dapat memperbarui hubungan ke penggemar dan menunjukkan sisi dirinya yang lebih baik, tetapi label menolak untuk melakukannya. 

3. JYJ 

JYJ
JYJ/foto: koreaboo.com

Telah mencapai puncak popularitas di dunia entertainment tak menjadikan mantan personel TVXQ ini berpuas diri dengan apa yang dilakukan perusahaan. Di mana ketiga mantan member tersebut yakni Jaejoong, Yoochun, dan Junsu memutuskan untuk menggugat SM Entertainment pada Juli 2009 karena kontrak mereka yang akan berlangsung selama 13 tahun.

Mereka berpendapat bahwa kontrak tersebut terlalu lama dan juga ketentuan pembagian keuntungan secara sepihak serta tidak adil dan merugikan para artis. Sehingga ketiganya memutuskan untuk menggugat perusahaan dan hengkang dari TVXQ. 

4. Lai Kuan Lin 

Lai Kuan Lin
Lai Kuan Lin/foto: koreaboo.com

Tak jauh berbeda dengan Kang Daniel, mantan member Wanna One lainnya pun pernah menggugat agensinya yakni Lai Kuan Lin. Diketahui ia mengajukan gugatan terhadap Cube Entertainment yang merupakan agensinya pada saat itu untuk mengakhiri kontraknya setelah ia menyebutkan bahwa agensi menandatangani kesepakatan kontrak dengan pihak ketiga tanpa pesetujuannya.

Hal tersebutlah yang mendasarinya untuk meninggalkan Cube Entertainment. 

5. Kim Samuel 

Kim Samuel
Kim Samuel/foto: koreaboo.com

Pada tahun 2017, diketahui seorang solois asal Brave Entertainment bernama Kim Samuel memutuskan untuk mengajukan gugatan kepada agensinya tersebut. Hal ini dikarenakan CEO dari Brave Entertainment menggunakannya untuk keuntungan pribadi.

Di mana Samuel digunakan untuk mempromosikan bisnis yang di dalamnya terdapat saham pribadi sang CEO

Nah, itulah deretan idol K-Pop yang pernah menggugat agensinya. Meskipun telah berhasil debut menjadi seorang idol yang sukses, namun tak memungkiri bila mistreatment tetap bisa terjadi kepada mereka.

Kendati demikian, tak semua agensi berlaku sama, sehingga mari kita doakan agar hubungan antara idol dan agensi bisa saling mendukung dan menghargai, ya.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE