sign up SIGN UP

Terjawab Sudah, Ini Alasan Kenapa Ukuran dan Kemasan Snack Semakin Kecil Aja, Beauties!

Meuthia Khairani | Beautynesia
Minggu, 03 Jul 2022 07:00 WIB
Terjawab Sudah, Ini Alasan Kenapa Ukuran dan Kemasan Snack Semakin Kecil Aja, Beauties!
caption
Jakarta -

Beauties, sering penasaran nggak sih kenapa makin ke sini, ukuran camilan favoritmu semakin imut? Tapi nggak cuma itu, mungkin kamu juga menyadari kalau botol sirop kesukaanmu semakin hari semakin langsing. Atau sabun cuci piring, sabun cair untuk mandi, dan sabun cuci tangan yang biasa kamu pakai juga tidak sekental saat pertama kali kamu membelinya?

Untuk mengakhiri rasa nyesekmu karena perubahan ukuran dan kualitas produk yang biasa kamu beli, Beautynesia telah merangkum faktor-faktor yang mempengaruhinya sebagai berikut.

Menghindari Kesan Harga Naik

Bukan Curang, Ini Alasan Kemasan Snack Berisi Banyak UdaraUkuran dan kemasan snack semakin kecil/ Foto: Getty Images/MarkGillow

Mengutip dari Ronnie Koenig via YahooNews, penyusutan atau perampingan kemasan suatu produk merupakan salah satu cara yang dipilih perusahaan untuk menjaga harga agar tetap sama dan tidak terkesan 'semakin mahal' oleh konsumen.

Kenaikan harga bahan baku, harga bahan kemasan, biaya produksi dan distribusi, penyesuaian antara gaji karyawan dengan pendapatan perusahaan menyebabkan suatu produk harus naik harga atau diperkecil kemasannya.

Bila melihat aneka produk yang semakin kecil, besar kemungkinan produsen lebih memilih untuk memperkecil kemasan atau ukuran makanan agar harganya masih bisa terjangkau dan konsumen tidak lari ke merk lain.

Kamuflase Produsen

Dilansir dari Australian Bureau of Statistics, perubahan kualitas produk dapat dilihat dari karakteristik fisik produk, perubahan berat, ukuran kemasan, serta kemurnian kandungan dan komposisinya.

Ini kerap terjadi pada sampo atau sabun cair, di mana ukuran dan harganya sama namun komposisinya dikurangi sehingga takaran airnya lebih banyak. Ini merupakan kamuflase yang bisa kita sadari saat menuang sabun dan mendapati teksturnya lebih cair daripada biasanya.

Menyesuaikan Daya Beli Masyarakat

Bukan Curang, Ini Alasan Kemasan Snack Berisi Banyak UdaraUkuran dan kemasan snack semakin kecil/ Foto: Getty Images/MarkGillow

Penyusutan kemasan snack juga bisa kamu perhatikan saat mengonsumsi wafer Momogi, wafer Top, dan kawan-kawannya lho. Dilansir dari detikFinance, penyusutan produk harus dilakukan tidak lain tidak bukan adalah demi mengimbangi daya beli masyarakat, mengingat pandemi membuat sebagian masyarakat kehilangan pekerjaan dan semakin minim pendapatan.

Sementara itu, kebutuhan sehari-hari tetap harus bisa terpenuhi. Perusahaan pun memilih untuk mengurangi kualitas produknya agar roda pendapatan dan biaya produksinya tetap bisa berputar.

Seperti itulah penjelasannya, Beauties, jadi sudah nggak penasaran lagi, kan? Kamu paling nyesek lihat ukuran makanan mengecil atau sabun yang semakin cair?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id