sign up SIGN UP

Biar Maag Nggak Gampang Kambuh, Hindari 4 Kebiasaan Makan Ini Mulai Sekarang Yuk!

Aqida Widya Kusmutiarani | Beautynesia
Minggu, 19 Jun 2022 12:30 WIB
Biar Maag Nggak Gampang Kambuh, Hindari 4 Kebiasaan Makan Ini Mulai Sekarang Yuk!
Kalau nggak mau maag kambuh, kamu harus hindari empat kebiasaan makan ini (penderita maag/Foto: pexels.com/Kevin Malik)
Jakarta -

Sebagai penderita maag, kamu mungkin harus mengurangi atau menghindari makanan tertentu, seperti makanan yang terlalu pedas dan asam. Sebab, kedua jenis makanan ini dapat memicu maag kambuh sehingga menimbulkan rasa perut nggak nyaman, mual, perih, bau mulut dan sebagainya. 

Namun, menghindari makanan yang terlalu pedas dan asam rupanya bukan satu-satunya cara untuk mencegah maag kambuh, lho Beauties. Dilansir dari Very Well Health, ada beberapa kebiasaan makan juga yang harus kamu ubah kalau nggak mau maag sampai kambuh. Kira-kira apa saja, ya?

Makan Berlebihan

Kebiasaan makan penyebab maag kambuh
maag kambuh/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Makan berlebihan hingga menyebabkan kamu kekenyangan memang nggak nyaman, terlebih untuk penderita maag. Hal ini dikarenakan, ketika kamu makan secara berlebih, lambung akan mengalami pembesaran. Pembesaran ini kemudian meningkatkan tekanan ke atas sfingter esofagus bagian bawah atau lower esophageal sphincter (LES), yakni katup yang berada di antara kerongkongan dan lambung. 

Tekanan pada LES yang meningkat inilah yang menimbulkan heartburn. Untuk menghindarinya, kamu bisa mengubah kebiasaan makan, yakni makan enam kali sehari dalam porsi kecil atau tiga kali makan porsi kecil dan tiga kali snack

Dengan begitu, perut nggak akan terasa penuh sekaligus mencegah produksi asam lambung yang berlebihan.

Makan Terlalu Cepat

Makan terlalu cepat bisa menyebabkan maag kambuh
kebiasaan makan/Foto: pexels.com/Adrienn

Kebiasaan makan cepat ternyata kurang baik, lho untuk penderita maag. Ini dikarenakan, kebiasaan makan cepat akan membuat sistem pencernaan kesulitan dalam menjalankan fungsinya dengan baik. Alhasil, maag pun kambuh. 

Daripada makan terlalu cepat, cobalah untuk makan secara perlahan. Kunyah makanan sebanyak 20 kali atau ambil porsi makanan dalam sendok yang lebih kecil sehingga nggak memberatkan kerja sistem pencernaan. 

Rebahan Setelah Makan

Jangan berbaring setelah makan
penderita maag/Foto: pexels.com/KoolShooters

Sering rebahan setelah makan? Mulai sekarang kebiasaan ini harus kamu ubah, ya. Sebab, saat kamu berbaring, perut yang dalam kondisi penuh ini akan menekan sfingter esofagus bawah lebih keras sehingga dapat memicu refluks asam lambung, yaitu suatu kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan. 

Untuk menghindarinya, kamu bisa duduk-duduk dulu sambil melakukan aktivitas lain minimal dua sampai tiga jam. Setelah itu, baru deh kamu boleh rebahan. 

Tidur Setelah Makan

Beri jarak antara waktu makan dan tidur
makanan penderita maag/Foto: pexels.com/Vo Thuy Tien

Kebiasaan makan yang satu ini mungkin sudah sering kamu dengar. Yup! Tidur setelah makan adalah kebiasaan yang harus kamu hindari sebagai penderita maag. Kenapa?

Hal ini dikarenakan, tidur setelah makan dapat memicu terjadinya refluks asam lambung. Setidaknya, kamu harus menunggu dua hingga tiga jam dulu baru boleh tidur. Dengan begitu, sistem pencernaan masih punya waktu untuk memindahkan makanan ke usus kecil. 

Namun, kalau makanan yang dikonsumsi terbilang ringan, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan saja, jarak antara waktu tidur dan makan boleh satu jam. Intinya, semakin berlemak makanan yang kamu konsumsi, maka jarak antara waktu tidur dan makan akan semakin lama karena tubuh butuh waktu yang lebih lama untuk mencernanya dan memindahkannya ke usus kecil.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id