Akhir-akhir ini, marak berita dari sejumlah brand fashion global ternama yang mengumumkan duta baru mereka. Menariknya hampir semua brand ambassador terbaru berasal dari kalangan selebriti Korea, Beauties.
Hal ini secara tidak langsung menunjukkan betapa besar pengaruh tokoh industri hiburan Korea dalam menggerakkan selera fashion untuk masyarakat dunia secara luas.
Mungkin sebagian dari Beauties ada yang bertanya-tanya, mengapa brand fashion global sangat antusias bekerjasama dengan selebriti Korea? Ternyata ini beberapa alasannya, Beauties!
1. Memperluas Target Pasar
Potret Jennie (BLACKPINK) dan G-Dragon (BIGBANG)/ Foto: instagram.com/jennierubyjane; instagram.com/xxxibgrdgn |
Alasan utama brand fashion global menggaet selebriti Korea sebagai duta adalah untuk memperluas target pasar. Setiap harinya pengaruh budaya K-Pop semakin mendunia. Banyak hal menarik yang menginspirasi publik dari para selebriti Korea.
Brand CHANEL yang awalnya hanya berorientasi membidik pasar dari kalangan nyonya besar mulai melebarkan ranahnya sejak bergabungnya G-Dragon sebagai brand ambassador.
Melansir dari media Doyouram, gaya elegan dan klasik yang merupakan karakteristik item fashion dari CHANEL ternyata cocok untuk laki-laki sebagaimana produk tersebut terlihat menawan dikenakan oleh G-Dragon.
Di samping itu, Jennie BLACKPINK yang juga menjadi global ambassador dari CHANEL mampu memancarkan pesona trendi dari setiap koleksi terbaru hingga berhasil menarik minat para perempuan dari kalangan muda untuk membeli pakaian dan aksesoris brand.
Hingga yang terbaru, Minji NewJeans pun didapuk sebagai brand ambassador rumah mode ternama tersebut.
2. Angka Penjualan Meningkat
Potret Sehun (EXO), Jisoo (BLACKPINK), dan Jimin (BTS)/ Foto: instagram.com/koreadispatch |
Meluasnya pasar brand fashion global dengan perwakilan duta dari selebriti Korea secara signifikan turut meningkatkan angka penjualan. Contoh nyata kali ini adalah melesatnya minat konsumsi hingga menanjaknya saham brand DIOR.
Partisipasi Jisoo BLACKPINK di setiap event sebagai brand ambassador sukses meningkatkan angka penjualan sebesar 8 kali lipat selama beberapa tahun terakhir seperti yang dilansir dari media WWD.
Tak hanya itu, menurut The Business of Fashion, Jisoo juga membantu DIOR mencapai keuntungan sebesar 7 juta dollar untuk acara peragaan busana terakhir kali.
Di sisi lain, Sehun EXO juga memberikan kontribusi dalam meningkatkan angka penjualan untuk koleksi pakaian laki-laki DIOR mulai dari aktivitasnya sebagai brand ambassador pada 2020 lalu hingga saat ini.
Koleksi pakaian laki-laki DIOR semakin diminati sejak Jimin BTS dikonfirmasi menjadi brand ambassador global terbaru pada (16/1).