sign up SIGN UP

Ternyata, Ini Alasan yang Membuat Deodoran Langka dan Dijual 'Mahal' di Korea Selatan

Sierra Ayuningtyas Muktisari | Beautynesia
Senin, 13 Jun 2022 15:45 WIB
Ternyata, Ini Alasan yang Membuat Deodoran Langka dan Dijual 'Mahal' di Korea Selatan
caption
Jakarta -

Deodoran menjadi salah satu body care yang wajib dalam daftar produk perawatan tubuh, baik perempuan maupun laki-laki. Produk body care yang satu ini banyak dicari karena fungsinya yang bisa menahan keringat dan mencegah tubuh berbau tak sedap karena adanya produksi keringat berlebih.

Deodoran bisa ditemukan di mana saja, mulai dari minimarket, supermarket, bahkan di e-commerce yang bisa dibeli secara online. Tak hanya itu saja, deodoran memiliki berbagai variasi bentuk hingga harga dan mudah didapatkan di mana saja.

Namun ternyata, di Korea Selatan sendiri deodoran menjadi salah satu body care yang cukup langka dan dijual dengan harga yang cukup mahal, lho. Simak beberapa alasan yang membuat dedoran dijual mahal di Korea Selatan berikut ini!

Orang Korea Tak Memiliki 'Bau' Badan

Cara pakai tawas untuk atasi bau badan/Foto:freepik.comIlustrasi bau badan/Foto:freepik.com

Tahukah kamu jika orang-orang di Korea Selatan secara alami tak memiliki bau badan? Bukan tanpa alasan, namun ada penjelasan ilmiah terkait hal tersebut, Beauties. Melansir 10mag.com dan The Korea Times, terdapat gen langka yang dikenal dengan nama ABCC11.

Gen tersebut pun berpengaruh pada bau badan seseorang serta kotoran di telinga. Jika seseorang memiliki jenis kotoran telinga yang basah, hal tersebut membuat ia juga cenderung mengeluarkan 'bau' badan.

Berdasarkan studi, 97% orang keturunan Eropa dan Afrika memiliki gen ABCC11 yang membuat mereka mengeluarkan bau badan, sementara kebanyakan orang Asia terutama Korea memiliki gen yang membuat mereka tak mengeluarkan bau badan sama sekali.

Karena hal itulah, deodoran menjadi cukup langka di Korea Selatan, mengingat mayoritas masyarakatnya tak memerlukan deodoran dalam perawatan tubuh sehari-hari mereka.

Hanya Dijual di Tempat Tertentu

Aplikasikan DeodoranIlustrasi deodoran/ Foto: freepik.com

Meski deodoran cukup langka di Korea Selatan, bukan berarti kamu nggak bisa menemukan deodoran di negeri ginseng tersebut, Beauties. Beberapa tempat seperti minimarket, supermarket, atau toko kosmetik tertentu di Korea Selatan menjual deodoran dengan beberapa jenis.

Namun, meskipun tempat-tempat tersebut menjual deodoran, harga yang ditawarkan pun cukup mahal dibanding harga deodoran di negara lain. Terlebih, fakta jika orang Korea secara alami tak mengeluarkan bau badan pun membuat mereka tak selalu merasa 'perlu' untuk membeli deodoran.

Bahkan beberapa turis asing pun mengaku cukup sulit menemukan deodoran di Korea Selatan.

Itu dia beberapa alasan yang membuat deodoran menjadi langka dan cukup mahal di Korea Selatan. Kamu sendiri, tim pengguna deodoran atau nggak nih, Beauties?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id