STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Tetap Bekerja di Tengah Pandemi? 8 Tips untuk Proteksi Tubuh dari Virus

Novianty Aulia Anjani | Beautynesia
Kamis, 04 Mar 2021 07:00 WIB
Tetap Bekerja di Tengah Pandemi? 8 Tips untuk Proteksi Tubuh dari Virus

Bekerja di tengah kondisi pandemi seperti saat ini tentunya menjadi kekhawatiran terbesar bagi setiap individu. Setiap harinya mau tidak mau kita diharuskan untuk bertemu dengan banyak orang, terlebih lagi bagi para pekerja yang menggunakan transportasi publik untuk menuju ke kantor.

Walaupun keadaan saat ini bisa dikatakan sangat mengkhawatirkan ditambah penyebaran virus yang semakin cepat, tentunya masih ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk memproteksi diri dari berbagai virus berbahaya. Berikut ini ada 8 tips bagi kamu guna menjaga kesehatan tubuh meskipun tetap bekerja di tengah pandemi.

1. Selalu Pastikan Tangan Bersih

Cucilah tangan sebelum dan sesudah menyentuh apapun.
Selalu mencuci tangan/Freepik.com


Langkah pertama yakni salah satu yang paling penting ialah selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh apapun. Selain untuk menjaga kebersihan, kebiasaan mencuci tangan juga menjadi salah satu langkah untuk mencegah virus ataupun bakteri agar tidak menempel di permukaan tangan kamu.

Perlu diketahui bahwa segala apapun yang kamu sentuh memiliki kemungkinan untuk meninggalkan debu ataupun bakteri dan bersembunyi di telapak tangan khususnya sela-sela jari. Jika kamu tidak mencuci tangan dan langsung menyentuh hal lain terlebih lagi makanan, maka bakteri jahat dari segala macam akan tertelan ke dalam tubuh. Oleh karena itu, selalu perhatikan kebersihan tangan sebelum dan sesudah menyentuh apapun ya, Ladies.

2. Sedia Hand Sanitizer Ketika Kamu Berpergian

Bawalah handsanitizer kemanapun kalian akan berpergian
Sedia handsanitizer ketika berpergian/Freepik.com


Harus diakui bahwa sulit bagi kita untuk selalu bisa mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan juga air, terlebih tidak semua tempat menyediakan kedua hal tersebut. Tetapi, hal ini bukan berarti kamu tidak bisa untuk selalu menjaga kebersihan tangan dimanapun kamu berada karena selain menggunakan air, kamu juga bisa menggunakan cairan pembersih berbahan dasar alkohol atau hand sanitizer untuk pengganti air dan sabun guna membersihkan tangan.

Keberadaan hand sanitizer tentunya akan sangat memudahkan kamu dalam menjaga kebersihan dimanapun dan di waktu apapun. Kemasannya yang kecil dan praktis dapat kamu bawa kemanapun ketika kamu harus beraktivitas keluar rumah.

3. Selalu Memakai Masker

Gunakan masker kemanapun kalian beraktivitas.
Selalu memakai masker/Freepik.com


Salah satu faktor penyebaran virus Covid 19 yang paling disorot yakni melalui droplet atau percikan air liur dari penderita. Droplet diketahui dapat menyebar secara mudah kepada orang lain terutama ketika sedang berbicara.

Oleh karena itu, selalu gunakan masker ketika kamu diharuskan beraktivitas keluar rumah dan bertemu orang lain. Perhatikan pula bahan dasar dari masker yang kamu gunakan dan sebisa mungkin sesuaikan dengan anjuran dari para ahli kesehatan.

Jika kamu masih merasa kurang aman hanya dengan memakai masker, gunakan juga faceshield guna memaksimalkan perlindungan dari penyebaran virus melalui droplet. Hal ini sangatlah penting, ladies, karena kita tidak pernah tau dengan siapa atau dimana virus ini sedang bersarang.

[Gambas:Instagram]

4. Bawa Kebutuhan Pribadi dari Rumah

Hindari makan bersama dan bertemu banyak orang di kantin dengan membawa sendiri dari rumah
Membawa bekal dari rumah/Freepik.com


Ketika bekerja tentunya kamu menghabiskan waktu hampir 6-8 jam untuk berada di kantor. Dalam waktu sepanjang itu pastinya akan banyak kegiatan di luar pekerjaan atau kebiasaan sehari-hari yang akan kamu lakukan di kantor seperti makan hingga beribadah.

Mengingat kondisi yang sangat riskan untuk berhubungan dengan orang lain maka sebaiknya kamu membawa dan mempersiapkan segala kebutuhan sendiri, seperti bekal dari rumah, alat beribadah pribadi dan lain-lainnya. Tak hanya untuk melindungi diri sendiri tetapi juga sebagai langkah memutus penyebaran virus Covid 19.

5. Jangan Lupa Membersihkan Area Kerja

Biasakan sebelum bekerja, bersihkan terlebih dahulu segala barang yang ada di atas meja kantormu.
Bersihkan area kerja di kantor/Freepik.com


Bakteri serta virus berbahaya bisa bersembunyi di mana saja tak terkecuali di meja atau area kerja kamu. Walaupun memang terlihat seperti bersih, area kerja juga akan sangat berpengaruh terhadap penyebaran virus berbahaya, apalagi jika tempat kerja kamu memberlakukan sistem shift.

Maka dari itu kamu perlu mengambil langkah untuk mengantisipasi adanya kotoran ataupun bakteri jahat yang tertinggal di area kerja kamu.  Biasakan untuk selalu menyeka setiap bagian di meja area kerja menggunakan tisu ataapun ataupun alat kebersihan lainnya sebelum akhirnya kamu gunakan.

6. Segera Ganti Pakaian dan Bersihkan Diri Seusai Beraktivitas

Ganti seluruh pakaian dan bersihkan diri setelah beraktivitas
Bersihkan diri setelah beraktivitas dari luar/Freepik.com


Selain harus melindungi diri sendiri tentunya kamu juga perlu untuk memproteksi keluarga kamu yang berada di rumah. Walaupun sudah memakai masker, mencuci tangan dan beragam hal lainnya tetapi perlu diingat bahwa kamu bisa saja membawa segala macam virus berbahaya ke rumah yang menempel di pakaian yang kamu gunakan saat beraktivitas di luar.

Diketahui, selain dapat menyebar lewat droplet dan permukaan barang-barang lainnya, Covid 19 juga diperkirakan dapat terbawa oleh seseorang dan menempel di pakaian yang digunakannya. Hal yang harus kamu lakukan ialah mengganti semua pakaian yang kamu gunakan saat keluar rumah setelah itu langsung bersihkan diri dengan mandi.

Jangan lupa pakaian yang digunakan sebisa mungkin tidak dicampur dengan pakaian kotor lainnya karena dikhawatirkan virus ataupun bakteri lainnya dapat menyebar.

7. Tingkatkan Imun dengan Konsumsi Makanan Sehat

Dengan mengkonsumsi makanan sehat dapat membantu untuk menjaga ketahanan tubuh
Konsumsi makanan sehat/Freepik.com


Segala bentuk perlindungan dari luar mungkin akan tidak maksimal jika tidak dibarengi dengan pencegahan dari dalam tubuh kita sendiri. Langkah yang paling tepat untuk tetap menjaga kesehatan di kondisi seperti ini yakni cobalah untuk meningkatkan imun atau kekebalan pada tubuh kamu.

Mulailah untuk rutin mengkonsumsi makanan sehat seperti buah, sayur dan juga vitamin. Selain itu perhatikan juga kebutuhan mineral dalam tubuh, jangan biarkan tubuh kamu mengalami dehidrasi karena ditakutkan tubuh menjadi lemah dan mudah terserang virus berbahaya. 

Selain beberapa tips di atas, terus patuhi juga ya protokol kesehatan agar tubuh kamu selalu sehat dan terhindar dari virus berbahaya.

(kik/kik)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE