sign up SIGN UP

THR Lebaran Sebentar Lagi Cair, Bolehkan Pekerja nonmuslim Juga Mendapatkannya?

Fina Prichilia | Beautynesia
Senin, 18 Apr 2022 19:46 WIB
THR Lebaran Sebentar Lagi Cair, Bolehkan Pekerja nonmuslim Juga Mendapatkannya?
caption
Jakarta -

Tunjangan Hari Raya atau disingkat THR sebentar lagi dipastikan cair. Meski begitu, beberapa perusahaan diketahui telah memberikan kepada karyawannya sejak dua minggu sebelum hari raya.

Perusahaanmu kapan, Beauties? Jangan sedih, sebab memang bisa saja tiap perusahaan punya waktu yang berbeda. Berdasarkan Permenaker no.6/2016, tujuh hari sebelum Hari Raya adalah waktu yang paling lambat dibayarkan.

THR Identik dengan Lebaran

Ilustrasi THR Lebaran 2022Ilustrasi THR Lebaran 2022/ Foto: Dok. Detikcom

Meski THR identik dengan Hari Raya Idulfitri, nyatanya, masih menurut aturan tersebut, diwajibkan bagi para pengusaha memberikan THR Keagamaan pada pekerja/buruh yang mempunyai masa kerja 1 bulan terus menerus atau lebih.

Adapun Hari Keagamaan tersebut tentu saja selain Idulfitri, ada Natal, Nyepi, Waisak, juga Imlek. Hal ini bisa dibayarkan sesuai dengan Hari Raya Keagamaan pekerja/buruh, kecuali ditentukan hal lain.

Sehingga, mengutip dari akun Instagram Kementerian Ketenagakerjaan (@kemnaker), boleh saja THR Keagamaan pekerja nonmuslim dibayarkan saat Lebaran, bila memang ada kesepakatan antara pengusaha dan karyawan, Beauties. Ini pun harus tertuang dalam perjanjian kerja maupun peraturan perusahaan yang telah disepakati bersama.

Well, jadi kamu sekarang sudah paham kenapa ada temanmu yang juga dapat THR Lebaran meski dirinya nonmuslim ya, Beauties!

Kira-kira kalau THR sudah 'cair', rencananya ingin kamu belanjakan apa saja nih?

Bijak Kelola THR

ShoppingIlustrasi belanja menggunakan THR. / Foto: freepik.com/freepik/

THR mungkin bisa dibilang sebagai 'uang kaget' nih, Beauties, karena diberikan di luar gaji bulanan. Supaya bisa bijak mengelola THR, mungkin kamu perlu 'mengadopsi' cara yang telah dirangkum dari laman CNBC Indonesia.

Di antaranya kamu bisa membuat daftar prioritas, pertama seperti membayar orang yang bekerja di rumahmu, seperti asisten rumah tangga, juga uang lebaran untuk orang tua.

Kedua dan seterusnya berturut-turut, kamu bisa memanfaatkan sebagian THR untuk membayar hingga melunasi utang, kemudian untuk berbelanja kebutuhan Lebaran, menyisihkan sebagian untuk membelikannya bagi diri sendiri sebagai bentuk self reward, dan terakhir untuk menambah tabungan.

Sehingga dengan membuat daftar tersebut, diharapkan kamu bisa memenuhi kewajiban, kebutuhan, sekaligus keinginan.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id