sign up SIGN UP

Tiba-Tiba Turun Hujan Saat Cuaca Panas? Katanya Sih...

Desya Nur Fitriyani | Rabu, 18 Dec 2019 13:30 WIB
Tiba-Tiba Turun Hujan Saat Cuaca Panas? Katanya Sih...
caption
Ketika beraktivitas pada siang hari, cuaca biasanya sedang panas terik ya, ladies. Namun, kamu pasti akan sedikit kaget jika hujan turun saat panas. Bagaimana enggak? Hujan biasanya datang ketika awan menjadi mendung. Hujan yang turun saat cuaca panas biasanya dikaitkan dengan beberapa mitos. Tapi, daripada kamu terjebak dalam mitos, ketahui yuk fakta tentang hujan saat panas tersebut.

Mitos Hujan Turun Saat Cuaca Panas


Di Indonesia, hujan saat cuaca panas sering dikaitkan dengan mitos adanya orang meninggal di sekitar tempat tersebut. Konon, orang yang meninggal merupakan tokoh setempat. Selain itu, mitosnya juga ada seseorang yang meninggal dengan mata terbuka. Duh, terdengar sedikit seram ya, ladies? Padahal hujan yang turun saat cuaca panas tentu punya penjelasan ilmiahnya lho. 


Foto: https://unsplash.com/


 


Fakta Hujan Turun Saat Cuaca Panas


Hujan yang turun saat cuaca panas disebut sebagai hujan zenithal. Terjadinya hujan ini karena disebabkan oleh udara yang naik karena pemanasan udara yang tinggi. Hujan ini juga disebut sebagai hujan ekuatorial karena terjadi di daerah tropis, yakni daerah yang mempunyai iklim tropis atau dilalui garis khatulistiwa. 


Foto: https://unsplash.com/

Hujan zenithal ini bisa terjadi melalui beberapa proses, di antaranya adalah sebagai berikut:

        
  1. Pada daerah yang mempunyai iklim tropis seperti Indonesia, matahari akan bersinar dengan terik. Sinar matahari tersebut tentu akan membuat cuaca menjadi panas.
  2.     
  3. Pemanasan yang dilakukan oleh matahari yang terik ini akan menyebabkan sumber air yang ada di bumi mengalami penguapan menjadi lebih cepat.
  4.     
  5. Di samping sumber air mengalami penguapan, udara juga mengalami pengembangan.
  6.     
  7. Kemudian udara yang mengembang tersebut akan naik ke atas secara vertikal bersama dengan uap air. Perlu diketahui bahwasannya proses seperti ini akan berlangsung secara cepat.
  8.     
  9. Setelah sampai di atas, uap air tersebut akan mengalami pendinginan dan berubah menjadi titik- titik air atau disebut dengan pengembunan.
  10.     
  11. Setelah itu titik- titik air tersebut mengalami kejenuhan dan menjatuhkan diri di permukaan Bumi yang disebut dengan hujan. hujan inilah yang disebut dengan hujan zenithal.

Hujan saat panas juga bisa terjadi karena awan yang letaknya sangat tinggi di langit. Semakin ke atas, udara semakin kencang. Maka itu, saat awan yang tinggi itu menurunkan hujan, kadang awan itu akan menghilang tertiup angin sebelum hujan tersebut itu mencapai tanah. Ketika awan menghilang, tentu kamu akan merasakan teriknya panas matahari ya, ladies


Foto: https://unsplash.com/

Nah, itu dia penjelasan mengenai hujan yang turun saat cuaca panas, ladies. Alih-alih percaya dengan mitos yang belum jelas kebenarannya, lebih baik kamu mengetahui penjelasan ilmiahnya ya.


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id