sign up SIGN UP

Tidak Perlu Risau, Ini 5 Penyebab Kamu Masih Betah Jomblo

Dian Aprilia | Beautynesia
Senin, 01 Mar 2021 11:30 WIB
Tidak Perlu Risau, Ini 5 Penyebab Kamu Masih Betah Jomblo
caption
Jakarta -

Status jomblo seringkali menjadi tekanan bagi sebagian orang. Bahkan tak jarang, ada yang merasa stres dan depresi karena belum juga menemukan jodohnya. Apalagi ditambah dengan pressure dari orang-orang terdekat yang mempertanyakan ‘kapan nikah’ dan komentar sinis lainnya.

Tak perlu galau berlebihan, tetap tenang, kamu tidak sendiri kok. Banyak orang dewasa yang juga masih betah melajang karena berbagai hal. Berikut ini beautynesia.id telah merangkum penyebab wanita masih betah menjomblo:

Sibuk Kerja

Sibuk kerja
Sibuk kerja/pexels.com

Pekerjaan dan rutinitas sehari-hari bisa menjadi penyebab kamu masih saja jomblo. Tidak ada salahnya jika memang kamu masih ingin fokus dengan karir dan pencapaianmu dalam hidup. Namun ada kalanya, kesibukan ini menjadi penghambatmu untuk menemukan kekasih hati.

Jika kamu berpikir, ‘sudah saatnya’ untuk mulai mencari hidup, sebaiknya kamu perlu menyeimbangkan aktivitasmu. Jangan jadikan rutinitas sebagai alasan untuk tak bersosialisasi dan membuka peluang untuk bertemu orang baru yang mungkin jadi jodohmu.

Punya Prioritas Lain

Punya prioritas
Punya prioritas/pexels.com

Adanya prioritas lain yang lebih penting juga bisa menjadi penyebab kamu masih menjomblo. Ada yang ingin fokus untuk membahagiakan orang tua terlebih dahulu, menikmati masa muda dengan diri sendiri, menyembuhkan diri dari trauma masa lalu, berkarir, dan lainnya.

Prioritas setiap orang berbeda-beda, bergantung pada kapasitas dirinya dan juga tujuan hidup. Meski begitu, kamu tetap perlu membuat target waktu untuk menikah dan menjalin suatu hubungan. Supaya, saat waktu itu tiba kamu sudah punya persiapan yang cukup matang sehingga lebih mudah melangkah.

Dukungan Penuh dari Keluarga dan Sahabat

Dukungan sahabat
Dukungan sahabat/pexels.com

Tak bisa dipungkiri, bagi kamu yang memiliki dukungan penuh dari keluarga dan juga sahabat, kadangkala timbul perasaan belum ada keinginan untuk memiliki pasangan dan keluarga. Kamu juga merasa hidupmu sudah bahagia dan sempurna dengan keberadaan orang-orang di sekelilingmu.

Meski begitu, akan ada saatnya timbul keinginan untuk berkeluarga. Keinginan tersebut bisa muncul saat kamu melihat teman-temanmu sudah memiliki keluarga kecilnya dan jarang lagi punya waktu denganmu. Atau mungkin saat orang tua sudah menua, sehingga kamu merasa perlu ada orang di sisimu yang mendukung dan membantumu.

Belum Bertemu dengan Orang yang Tepat

Belum bertemu orang yang tepat
Belum bertemu orang yang tepat/pexels.com

Biasanya orang-orang menilai perempuan berumur dan belum punya pasangan sebagai sosok yang pemilih. Padahal pemilih bukanlah suatu kesalahan melainkan keharusan. Bisa kita analogikan dengan membeli sepatu dan rumah.

Saat membeli sepatu kita mungkin hanya butuh waktu 30 menit – 1 jam. Sementara itu, memilih membeli rumah bisa membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan tahunan. Apalagi urusan memilih jodoh yang akan menjadi partner hidup sepanjang hayat. Tentu banyak pertimbangan yang harus dipikirkan.

Terlalu Menutup Diri

Terlalu menutup diri
Terlalu menutup diri/pexels.com

Jika penyebab kamu jomblo bukan karena 4 hal di atas, bisa jadi ada penyebab lainnya adalah kamu terlalu menutup diri. Hal ini bisa ditandai dengan sikapmu yang terlalu cuek dan jutek jika ada pria yang mendekati. Saat kamu merasakan hal tersebut, sebaiknya sadari dan segera cari penyebabnya.

Ada kalanya pengalaman di masa lalu seperti trauma bisa menjadi sebab substansi atas masalah ini. Mulai dari masalah inner child, hubungan terdahulu atau kondisi lingkungan tertentu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id