STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Tidak Perlu Takut Canggung, Lakukan 5 Hal Ini di Hari Pertama Bekerja

Martatillah Nikita Karin | Beautynesia
Senin, 03 Oct 2022 18:15 WIB
Tidak Perlu Takut Canggung, Lakukan 5 Hal Ini di Hari Pertama Bekerja

Menjadi karyawan baru bukanlah hal mudah bagi sebagian orang. Bayangan lingkungan baru, rekan kerja baru, tugas baru, tidak jarang memberikan dampak kecemasan bagi beberapa orang.

Tapi jangan khawatir! Bagi kamu yang baru masuk ke tempat kerja baru, beberapa tips dari yang telah dilansir dari The Way Factory ini bisa kamu coba, lho! Yuk, terapkan satu persatu.

Siapkan Pakaian Terbaik

Hari pertama kerja adalah hari yang penting. Siapkan pakaian terbaikmu!
Berdandan untuk Hari Pertama Kerja

Hari pertama bekerja tentunya harus memberikan kesan yang baik. Kesan pertama yang bisa kamu coba yaitu melalui penampilan. Pilih baju terbaik yang kamu punya, namun tetap berikan kesan simpel dan elegan. Hindari model pakaian yang terlalu mencolok agar tidak menjadi perbincangan.

Bersikap Ramah

Belajar untuk bersikap ramah dan menjalin hubungan dengan rekan yang lain
Bersikap Ramah/foto: pexels.com/fauxels

Tidak ada yang lebih buruk dari karyawan baru yang sombong dan angkuh. Amati dan dengarkan dengan saksama apa yang dikatakan dan dilakukan oleh rekan kerja yang lain. Bersikap hormat dan ramah kepada mereka untuk belajar beradaptasi. Jika kamu sudah memiliki pengalaman, anggap saja kamu tidak mengerti apapun dan fokuskan untuk belajar banyak hal dari rekan-rekan yang lain.

Tunjukkan Antusias yang Tinggi

Tunjukan antusias di hari pertama kerja
Tunjukan Antusiasme/foto: pexels.com/christina-morillo

Ada banyak kemungkinan yang akan terjadi di hari pertama kamu bekerja. Untuk itu, tunjukkan antusiasme yang tinggi dengan banyak bertanya, inisiatif, dan hindari juga membandingkan perusahaan tempatmu bekerja saat ini dengan tempat kerja lamamu. Ajukan pertanyaan dari hal-hal yang umum hingga detail. Tumbuhkan rasa penasaran, dan dapatkan pengetahuan dari rekan-rekan yang sudah bekerja lebih lama dari kamu.

Catat Apapun

Catat apapun untuk mengingat dengan lebih baik
Mencatat/foto: pexels.com/mikael-blomkvist

Catat hal apapun yang kamu dapatkan. Bisa berupa materi, bahkan sesederhana nama rekan kerjamu dan posisinya. Cari sebanyak mungkin informasi baru dari sekelilingmu dan buatlah catatan agar kamu tidak lupa.

Makan Siang Bersama

Makan siang bersama dengan rekan adalah salah satu cara mengawali pekerjaan di tempat baru
Makan Siang Bersama/foto: pexels.com/fauxels

Waktu terbaik untuk mengobrol adalah saat jam makan siang. Untuk itu, lupakan terlebih dahulu tentang bekal makanan dan berusahalah untuk berbaur dengan makan bersama rekan-rekan kerja yang lain. Bangun percakapan-percakapan yang seru dimulai dari latar belakang, posisi dan berapa lama bekerja. Ceritakan pengalaman menarik dan yang memiliki keterkaitan dengan posisi rekan kerja yang lain.

Buang jauh-jauh semua rasa cemas yang menghantuimu. Fokus untuk mendalami tugas baru dan bangun relasi seluas-luasnya. Jadikan rekan kerjamu adalah guru baru yang akan memberikan pengalaman dan pengetahuan yang berguna untukmu. Yuk, belajar untuk beradaptasi di tempat baru dan mulailah kehidupan baru yang lebih baik. Semangat, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE