Setelah sempat ditutup pada Oktober 2023 lalu, TikTok Shop, platform e-commerce yang terintegrasi dengan media sosial TikTok kini meresmikan kemitraan dengan Tokopedia, Beauties.
Melansir dari Newsroom TikTok, melalui keterangan pada Senin, (11/12), PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) dan TikTok secara resmi mengumumkan kemitraan strategis. Di mana sebagai bagian dari kemitraan strategis tersebut, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia.
Lebih lanjut, TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.
Tidak hanya itu saja, TikTok juga akan menginvestasikan lebih dari 1,5 miliar USD atau sekitar Rp23 triliun sebagai komitmen jangka panjang untuk berinvestasi mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia.
Kemitraan strategis antara TikTok Shop dan Tokopedia sendiri akan diawali dengan periode uji coba yang dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait.
Program yang akan diluncurkan di masa uji coba ini adalah kampanye Beli Lokal dimulai pada Selasa, (12/12), bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas yang juga bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital melalui pemberdayaan UMKM lokal.
Ke depannya, TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo berkomitmen memberikan manfaat lebih luas bagi para pelaku UMKM di Indonesia dengan memanfaatkan platform e-commerce, dan mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang.
Dengan penggabungan kedua bisnis tersebut, lebih dari 90% merchant merupakan pelaku UMKM.
---
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!