sign up SIGN UP

Tingkatkan Rasa Percaya Dirimu dengan 6 Cara Ini, Berani Nongkrong Sendiri Salah Satunya

Shinta Nikmah | Beautynesia
Minggu, 23 Jan 2022 13:30 WIB
Tingkatkan Rasa Percaya Dirimu dengan 6 Cara Ini, Berani Nongkrong Sendiri Salah Satunya
caption

Beauties, pernahkah kamu terkesan dengan kepercayaan diri yang dimiliki orang-orang di sekitarmu? Tak dipungkiri kamu pasti ingin memiliki kepercayaan diri yang sama dengan orang tersebut. Terlebih tahun sudah berganti, sehingga kamu bisa meningkatkan kepercayaan diri sebagai salah satu resolusi.

Menjadi lebih percaya diri tentu tidak bisa diupayakan dalam sekejap mata. Ada beberapa usaha yang bisa kamu lakukan agar bisa lebih percaya diri. Apa saja usaha tersebut?

Berani Nongkrong Sendiri

Nongkrong di kafe sendiri
Nongkrong di kafe sendiri/ Foto: freepik.com/senivpetro

Terkadang kamu masih termakan asumsi orang lain yang menganggap nongkrong sendirian di kafe atau makan sendirian di resto menyiratkan bahwa kamu tidak punya teman atau sedang jomblo.

Padahal melansir dari laman Bustle, menghabiskan waktu sendirian mendatangkan banyak manfaat di antaranya meningkatkan rasa kemandirian, menjadi cara terbaik untuk lebih memahami diri sendiri, serta menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Jadi mulai sekarang jangan ragu untuk me time di kafe tanpa memedulikan pandangan aneh dari orang lain. 

Positive Self-Talk di Depan Kaca

Positive Self-Talk di depan kaca
Positive Self-Talk di depan kaca/ Foto: freepik.com/senivpetro

Positive self-talk alias melakukan afirmasi bisa membuatmu tersugesti untuk lebih percaya diri. Kamu bisa rutin melakukan afirmasi di setiap pagi sebelum mengawali aktivitas. Lakukan afirmasi tersebut di depan kaca sambil mengamati refleksi diri agar bisa membuatmu lebih positif.

Mengikuti saran dari Very Well Mind, saat melakukan afirmasi alih-alih mengatakan pada diri sendiri "Saya tidak bisa menangani ini," atau "Ini tidak mungkin," coba ingatkan dirimu bahwa "Kamu bisa melakukannya," atau "Yang harus saya lakukan hanyalah mencoba." Setelahnya, kamu akan lebih percaya diri dan memiliki aura positif untuk menghadapi hari.

Kenakan Outfit yang Membuatmu Percaya Diri

Outfit yang membuat percaya diri
Outfit yang membuat percaya diri/ Foto: freepik.com/lookstudio

Pakaian dan gaya rambut bisa memengaruhi kepercayaan diri lho, Beauties. Sebab gaya berpakaian juga bisa mengubah pandangan orang lain terhadapmu. Percayalah kamu akan lebih percaya diri jika mengenakan setelan yang rapi dan sesuai dengan gayamu.

Agar lebih fresh kamu juga bisa mencoba tampilan baru, karena melansir dari New York Times, mengenakan pakaian yang berbeda bisa mendorongmu untuk berpikir atau berperilaku berbeda. Jadi, jika kamu ingin merasa lebih percaya diri, berpakaianlah seperti versi diri kamu yang percaya diri.

Kembangkan Hobi dan Bakat yang Kamu Miliki

Kembangkan hobi dan minat
Kembangkan hobi dan minat/ Foto: freepik.com/master1305

Hobi dan bakat yang kamu miliki perlu dikembangkan karena akan menjadi suatu kelebihan yang bisa tidak dimiliki banyak orang. Perlu diingat, tidak semua orang punya atau mau mengembangkan hobi atau bakat yang mereka miliki.

Selain mengurangi stres, mengembangkan hobi dan minat bisa melatih kepercayaan diri dan berpotensi menjadi sebuah prestasi. Tentu membanggakan bukan, memiliki prestasi dari hobi yang digeluti?

Jangan Minder dengan Kekuranganmu

Jangan minder dengan kekurangan
Jangan minder dengan kekurangan/ Foto: freepik.com/cookie_studio

Setiap orang tentu memiliki kekurangan. Bedanya, ada beberapa orang yang minder dengan kekurangannya, ada pula yang percaya diri dengan kekurangan tersebut.

Kamu tidak perlu menghabiskan waktu untuk meratapi kekurangan yang ada pada dirimu. Ingat Beauties, tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, jadi singkirkan kecemasanmu dan jadilah lebih percaya diri.

Perbanyak Senyum

Perbanyak senyum
Perbanyak senyum/ Foto: freepik.com/tirachardz

Siapa sangka ternyata memperbanyak senyum bisa meningkatkan rasa percaya diri. Sependapat dengan hal tersebut, melansir dari Your Dental Health Resources, menyatakan bahwa senyum yang indah dapat membuatmu lebih menarik dan tampak lebih dapat dipercaya dan didekati.

Caramu tersenyum juga bisa memengaruhi cara pandang orang lain terhadapmu. Ketika kamu tersenyum manis, maka orang lain akan melihatmu sebagai pribadi yang hangat dan terbuka. Untuk itu, jangan ragu untuk memberikan senyum terbaik ketika berpapasan dengan orang lain. 

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id