BILLBOARD
970x250

Viral di TikTok Tren 'Subway Shirt', Ketika Perempuan Pakai Baju Longgar untuk Menghindari Pelecehan di Transportasi Umum

Dwi Lindah Permatasari | Beautynesia
Selasa, 30 May 2023 20:00 WIB
Viral di TikTok Tren 'Subway Shirt', Ketika Perempuan Pakai Baju Longgar untuk Menghindari Pelecehan di Transportasi Umum

Pelecehan seksual di tempat umum, sayangnya, masih sering terjadi, dan sebagian besar korbannya adalah perempuan. Alih-alih menyalahkan aksi tercela si pelaku, gaya berpakaian perempuan sering kali dianggap sebagai penyebab adanya tindak pelecehan tersebut.

Padahal, perempuan yang berpakaian terbuka atau tertutup sekali pun tetap berpotensi menerima pelecehan baik fisik maupun verbal. Melihat fenomena ini, baru-baru ini muncul tren 'Subway Shirt' di media sosial, di mana perempuan menggunakan pakaian longgar untuk menghindari menjadi korban pelecehan di transportasi umum.

Namun, apakah pakaian benar-benar mempengaruhi adanya tindak pelecehan? Simak ulasannya berikut ini!

Tren Subway Shirt

Dilansir dari Glamour Magazine, seorang fashion influencer, Sophie Milner memposting video di TikTok dengan menunjukkan pakaian yang digunakannya agar tidak dilecehkan dan ditatap oleh orang asing di transportasi umum.

Tren subway shirt ini adalah gaya berpakaian di depan umum dengan mengenakan kaos longgar atau sweater dan kemeja oversize yang menutupi pakaian. Selain itu, bisa juga dengan mengenakan legging di bawah rok. Sophie melakukan ini untuk bepergian sehingga lebih sedikit pria yang menggodanya saat di transportasi umum.

Alasan Perempuan dalam Berpakaian

ilustrasi/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio
ilustrasi/Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Sebagai seorang fashion influencer, Shophie berpendapat bahwa sebagian perempuan selalu suka mengekspresikan diri dengan fashion. Kamu mungkin setuju jika seseorang mengenakan pakaian yang membuatnya merasa nyaman dengan diri sendiri, bukan untuk orang lain, termasuk kaum pria.

Banyaknya kasus pelecehan terhadap perempuan rupanya berdampak pada perempuan lain yang akhirnya harus lebih sering menyesuaikan gaya berpakaiannya untuk menghindari perhatian yang tidak diinginkan dan tetap aman.

Sebagian perempuan akhirnya merasa perlu mengenakan mantel besar untuk menutupi gaun mini saat perjalanan ke acara malam, atau mengenakan kemeja dan menaikkan kancingnya sampai atas saat naik transportasi umum. Hal-hal seperti ini dilakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Apakah Tren 'Subway Shirt' Efektif Melindungi Perempuan?
Woman bondage image blur , stop violence against Women, international women's day

Kebebasan Perempuan di Ruang Publik

Pada kenyataannya, berpakaian tertutup seperti tren subway shirt ataupun tidak, kita hidup dalam masyarakat di mana perempuan dijadikan objek dan korban kekerasan masih marak terjadi. Kamu perlu menyadari bahwa apa yang dipakai perempuan tidak menentukan bagaimana beberapa pria akan berperilaku. Sebagian pria akan tetap menggoda seseorang tanpa memperhatikan pakaiannya.

Sebuah survey dari The Independent menemukan bahwa 55 persen pria percaya jika semakin terbuka pakaian yang dikenakan perempuan, semakin besar kemungkinan akan dilecehkan. Pada kondisi ini, kaum perempuan justru menjadi korban patriarki sehingga memutuskan untuk berpakaian tertutup untuk melindungi diri mereka sendiri.

Ilustrasi pelecehan seksual (Foto: Unsplash/Danie Franco)Ilustrasi pelecehan seksual/Foto: Unsplash/Danie Franco/ Foto: Dewi Maharani Astutik

Kaum perempuan harus memikul beban bahwa tatapan yang melecehkan, catcalling, atau penyerangan adalah kesalahan mereka. Padahal satu-satunya yang bersalah adalah orang yang menyerang dan melecehkan.

Adanya tren subway shirt di tengah pemikiran patriarki ini hanyalah pengingat yang miris bahwa kaum perempuan masih harus mempertanggungjawabkan keselamatan pribadi, memantau, dan mengawasi tubuh sendiri. Kebebasan untuk mengenakan pakaian apapun yang kita inginkan masih ditolak di banyak ruang publik. Kondisi ini bahkan membuat kesetaraan menjadi lebih jauh.

Jadi, bagaimana pendapatmu tentang tren subway shirt yang menggunakan pakaian yang lebih longgar ini, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE