sign up SIGN UP

Viral 'One Chip Challenge', Tantangan Makan Keripik Super Pedas: Ada yang Sampai Dilarikan ke UGD!

Nadya Quamila | Beautynesia
Rabu, 26 Jan 2022 11:45 WIB
Viral 'One Chip Challenge', Tantangan Makan Keripik Super Pedas: Ada yang Sampai Dilarikan ke UGD!
caption
Jakarta -

Tak bisa dihindari, hadirnya media sosial kini dimanfaatkan untuk membuat berbagai hal menjadi trending atau viral. Baru-baru ini, viral sebuah tantangan di media sosial bernama One Chip Challenge. Tantangan ini dipopulerkan oleh merek makanan ringan, Paqui, yang menantang para pesertanya untuk makan satu keripik yang dibuat dengan cabai terpedas di dunia.

Sebenarnya tantangan One Chip Challenge bukanlah hal yang baru dan sudah populer dari beberapa tahun lalu. Tantangan ini kembali menjadi viral di media sosial, bahkan tagar  #OneChipChallenge memiliki lebih dari 475 juta tampilan di TikTok. Tidak hanya itu, beberapa influencer juga mengunggah video mereka menyelesaikan tantangan tersebut di YouTube.

Namun dilaporkan setidaknya ada 3 pelajar SMA di California, Amerika Serikat, dilarikan ke UGD usai berpartisipasi dalam tantangan One Chip Challenge. Lantas, seperti apa, sih, One Chip Challenge ini? Simak faktanya berikut ini!

Viral One Chip Challenge: Makan Keripik Super Pedas

Jessica Jane diketahui sempat mengikuti One Chip ChallengeJessica Jane diketahui sempat mengikuti One Chip Challenge/ Foto: YouTube/Jessica Jane

One Chip Challenge kembali viral di media sosial, khususnya di TikTok. Tantangan yang dibuat oleh merek makanan ringan Paqui ini menantang para pesertanya untuk memakan satu keripik super pedas. Keripik ini terbuat dari cabai Carolina Reaper dan Scorpion yang dikenal sebagai salah satu tingkat rempah yang paling sulit dicerna untuk perut.

Tidak hanya makan satu keripik super pedas, One Chip Challenge juga menantang pesertanya untuk tidak makan dan minum apapun usai menyantap keripik tersebut. Bahkan, situs web merek makanan ringan tersebut juga menggambarkan keripik ini sebagai "pemancing air mata" dan "memancing kutukan".

"Kedua jenis cabai ini telah dinilai sebagai 2 juta unit Scoville," kata dokter di Marshall Medical Center California Bret Christiansen dari California's kepada CBS 13, sebagaimana dikutip dari CNN Indonesia.

Sebagai perbandingan, jalapeno sendiri memiliki sekitar 5.000 unit Scoville dan kemudian menjadikan kedua cabai itu 400 kali lebih panas dan pedas daripada jalapeno. Wah, terbayang pedasnya nggak, nih, Beauties?

3 Pelajar di AS Dilarikan ke UGD Usai Ikut One Chip Challenge

Minum es teh berlebihan setelah makan menyebabkan sakit kepalaIlustrasi sakit/Foto: Freepik/jcomp

Di balik viralnya One Chip Challenge, baru-baru ini dikabarkan 3 pelajar SMA di California, Amerika Serikat harus dirawat di rumah sakit usai mengikuti tantangan tersebut. Kepala sekolah Lodi High School Adam Auerbach mengungkapkan bahwa pelajar tersebut dilarikan ke ruang gawat darurat setelah memakan keripik kentang yang dicampur lada sebagai bagian dari One Chip Challenge.

"Siswa yang mengikuti One Chip Challenge memiliki reaksi yang sama, mereka berjuang untuk bernapas dan mengatur napas mereka. Mereka juga muntah-muntah," katanya kepada Insider

Melihat reaksi siswa tersebut, Auerbach menetapkan bahwa keripik super pedas tersebut dilarang di sekolah Lodi School District. Ia juga mengimbau para orang tua/wali untuk berbicara dengan anak-anak mereka tentang bahayanya mengikuti tantangan viral di internet yang tidak aman. 

"Siswa yang ditemukan memiliki snack ini akan menghadapi konsekuensi progresif, seperti dikirim pulang dan ditahan," tambahnya.

Jadi Keripik Terpedas di Dunia, Inilah Fakta Mengenai Paqui One Chip!Paqui One Chip Challenge/ Foto: beautynesia

Sementara itu pihak Paqui memaparkan bahwa mereka menganggap serius masalah keamanan dan memberikan label yang memberitahu bahwa produknya sangat pedas.

"Paqui #OneChipChallenge sangat pedas, seperti yang tersirat dari merek kami, dan produk harus ditangani dengan sangat hati-hati," kata perusahaan itu sebelumnya, menurut Miami Herald.

Paqui juga menegaskan bahwa keripik super pedas ini tidak boleh dikonsumsi oleh seseorang yang sensitif terhadap makanan pedas, alergi terhadap paprika, nightshades, atau capsaicin, atau yang masih di bawah umur, hamil atau memiliki kondisi medis.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id