sign up SIGN UP

Wah! Ternyata Ini Usia Rata-Rata Menikah Orang Korea

Rumaysha Milhania | Beautynesia
Jumat, 23 Oct 2020 11:30 WIB
Wah! Ternyata Ini Usia Rata-Rata Menikah Orang Korea
caption
Jakarta -

Siapa bilang usia menikah yang ideal berkisar antara 22-25 tahun? Kenyataannya, tiap masyarakat memiliki kecenderungan yang berbeda untuk usia menikah itu sendiri. Salah satu yang menarik adalah pasangan-pasangan di Korea Selatan. Berdasarkan sebuah laporan industri, rata-rata usia pria dan wanita Korea Selatan menikah telah meningkat selama dekade terakhir. Rata-rata usia pria yang menikah adalah 36 tahun berdasarkan data dari tahun 2015 – 2017 yang dimana rata-rata meningkat 2 tahun dari 10 tahun sebelumnya. Begitupun dengan rata-rata usia perempuan wanita yang naik sebanyak 2,3 tahun menjadi 33 tahun. Perbedaan usia rata-rata antara pengantin pria dan wanita untuk pernikahan pertama mencapai 3,2 tahun, dengan lebih dari 90 persen pria lebih tua dari istri mereka.

Siapa bilang usia menikah yang ideal berkisar antara 22-25 tahun? Kenyataannya, tiap masyarakat memiliki kecenderungan yang berbeda untuk usia menikah itu sendiri.
Usia Menikah/ Sumber: Freepik.com

Pada tahun 2019, Jumlah orang Korea Selatan yang menikah menurun sebanyak 7,2 persen mencapai titik terendah sejak tahun 1970. Hal ini dikarenakan orang muda semakin menunda pernikahan di tengah perlambatan ekonomi yang berkepanjangan. Banyak anak muda Korea Selatan yang menunda pernikahan atau tidak terpikirkan untuk menikah di tengah kesulitan menemukan pekerjaan yang layak atau membeli rumah.

Hanya 48,1 persen orang Korea yang berusia 13 tahun ke atas yang berpikir bahwa mereka harus menikah. Ini menandai pertama kalinya rasio turun dan berada di bawah angka 50 persen.

Wanita mengambil bagian yang jauh lebih besar dalam pekerjaan rumah tangga dan beban perawatan anak dan terutama bertanggung jawab atas keberhasilan pendidikan anak-anak mereka.
Pasangan Korea/ Sumber: Freepik.com

Bagi wanita Korea, pernikahan bukanlah pilihan yang menarik. Hal ini menjadi anggapan umum di tengah-tengah masyarakat dikarenakan begitu perempuan memutuskan untuk menikah, mereka umumnya diharapkan untuk memprioritaskan tanggung jawab keluarga. Wanita mengambil bagian yang jauh lebih besar dalam pekerjaan rumah tangga dan beban perawatan anak dan terutama bertanggung jawab atas keberhasilan pendidikan anak-anak mereka.

Alasan penting lainnya mengapa anak muda Korea lebih suka berkencan daripada menikah dan membesarkan anak adalah meningkatnya ketidakpastian ekonomi dan kesulitan keuangan. Banyak anak muda Korea merasa sulit mendapatkan pekerjaan yang bagus dengan cepat. Itu berarti mereka berisiko dengan gaji rendah, pekerjaan yang tidak pasti, dan jaminan pendapatan.

Banyak anak muda Korea bekerja pada pekerjaan yang sulit, dengan gaji rendah dan sedikit pekerjaan dan jaminan pendapatan.
Menikah/ Sumber: Freepik.com

Nah, itulah rata-rata usia menikah orang Korea. Semoga referensi ini menjadi tambahan pengetahuan bahwa tidak ada waktu yang terbaik untuk menikah karena setiap orang memiliki preferensi dan kondisi tiap individu dan pasangan. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id