sign up SIGN UP

Waspada, Ini 3 Bentuk Diskriminasi Terhadap Perempuan di Tempat Kerja yang Wajib Kamu Ketahui!

Nur Izzati | Beautynesia
Selasa, 05 Apr 2022 16:30 WIB
Waspada, Ini 3 Bentuk Diskriminasi Terhadap Perempuan di Tempat Kerja yang Wajib Kamu Ketahui!
caption
Jakarta -

Di Indonesia, ranah pekerjaan masih melanggengkan budaya patriarki, yaitu pria dianggap lebih kompeten dibandingkan perempuan. Sehingga hierarki tersebut melahirkan diskriminasi gender di tempat kerja. Dalam kasus diskriminasi, perempuan seringkali menjadi pihak yang dirugikan dan dipandang sebelah mata di lingkungan kerja.

Berikut beberapa isu terkait diskriminasi gender yang sering dialami perempuan di tempat kerja. Yuk, simak!

Gaji Perempuan dan Pria yang Tidak Sama

Ilustrasi diskriminasi perempuan di tempat kerja/Foto: freepik.com/jcomp
Ilustrasi diskriminasi perempuan di tempat kerja/Foto: freepik.com/jcomp

Jika dibandingkan dengan kondisi secara global, perempuan di Indonesia berpenghasilan 23 persen lebih rendah daripada pria. Meskipun banyak pekerja perempuan yang bergelar sarjana, pendidikan tinggi belum mampu mempersempit kesenjangan upah antara pria dan perempuan.

“Mengingat kesenjangan gender di tempat kerja, mari kita bersama melawan diskriminasi berbasis gender di tempat kerja. Sudah saatnya perempuan dan pria diapresiasi secara setara berdasarkan bakat, hasil kerja dan kompetensinya, bukan gendernya,” ujar Menteri Ketenagakerjaan Ida Fuziyah, yang dilansir dari International Labour Organization (ILO).

Pelecehan Seksual

Ilustrasi diskriminasi perempuan di tempat kerja/Foto: pinterest.com/Stylist
Ilustrasi diskriminasi perempuan di tempat kerja/Foto: pinterest.com/Stylist

Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE), melakukan survey pelecehan seksual di tempat kerja pada November-Desember 2018. Terdapat 1.240  responden, yang mana 83 persen perempuan menjadi korban pelecehan seksual di tempat kerja dan 16 persen korban lainnya adalah pria. Namun hanya 14 persen responden yang memilih melapor ke HRD atau pihak manajemen.

Pelecehan di tempat kerja yang diterima oleh perempuan antara lain pelecehan fisik seperti disentuh dan dipegang di bagian tubuh. Sedangkan pelecehan verbal seperti panggilan genit, bercandaan atau humor seksual, dan ajakan berhubungan seks. Pelecehan tersebut umumnya dilakukan oleh atasan atau rekan kerja senior.

Perempuan Jarang Mendapatkan Promosi Jabatan Dibanding Pria

Ilustrasi diskriminasi perempuan di tempat kerja/Foto: freepik.com/freepik
Ilustrasi diskriminasi perempuan di tempat kerja/Foto: freepik.com/freepik

Meskipun mempunyai jenjang pendidikan yang tinggi dan berpengalaman sama layaknya laki-laki, namun perempuan yang mendapat promosi jabatan di tempat kerja jauh lebih sedikit daripada pria 

“Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan adanya 30 persen perempuan yang menduduki posisi manajerial di sektor publik dan swasta. Perempuan juga berpenghasilan 23 persen lebih sedikit daripada pria,” kata Lusiana Julia, Program Officer ILO untuk Gender dan Standar Ketenagakerjaan, dilansir dari International Labour Organization (ILO).

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id