STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

5 Cara Orang dengan Kecerdasan Emosional Tinggi Hadapi Stres Kerja, Ada yang Sering Kamu Lakukan?

Nadya Quamila | Beautynesia
Rabu, 16 Mar 2022 16:30 WIB
5 Cara Orang dengan Kecerdasan Emosional Tinggi Hadapi Stres Kerja, Ada yang Sering Kamu Lakukan?

Setiap orang yang bekerja pasti pernah mengalami yang namanya stres kerja. Terlebih kini di era yang serba cepat, tekanan kerja pun meningkat pula. Ada beberapa penyebab stres di tempat kerja, misalnya beban kerja, lingkungan pekerjaan, tidak bisa menerapkan work life balance, dan masih banyak lagi. Jika dibiarkan berlarut-larut, tentu produktivitas akan menurun.

Namun, bagi orang dengan kecerdasan emosional yang tinggi, mereka mampu mengelola stres di tempat kerja secara lebih efektif. Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosi dirinya dan orang lain di sekitarnya, seperti dilansir dari detikEdu

Berikut adalah 5 cara orang dengan kecerdasan emosional tinggi saat menghadapi stres di tempat kerja. Ada yang sering kamu lakukan, Beauties? Dihimpun dari Fast Company, yuk, cari tahu!

Menyadari Tingkat Stres yang Dihadapi

Lumba-lumba juga mudah merasa stres dan cemasIlustrasi stres kerja/Foto: Pexels.com/Karolina Grabowska

Jika kamu memiliki kecerdasan emosional tinggi, kamu akan menyadari seberapa besar tingkat stres kerja yang sedang dihadapi. Kemudian, kamu tidak akan membiarkan tingkat stres tersebut mencapai titik di luar kendali atau di luar batas.

Setelah menyadari, kamu pun memiliki berbagai alat atau cara untuk mengatasi stres kerja yang sedang melanda. Seperti rehat atau beristirahat atau berdiskusi dengan rekan kerja yang terpercaya.

Memiliki Support System

EQ dapat memengaruhi cara berinteraksi dengan rekan kerjaIlustrasi rekan kerja/Foto: Freepik/ Senivpetro

Memiliki support system atau orang-orang yang dapat mendukung secara tulus tentu menjadi hal penting dalam hidup. Tidak hanya sebagai tempat untuk berbagi kisah sedih dan senang, support system juga bisa menjadi orang pertama yang bisa membantumu ketika dilanda masalah, termasuk stres kerja.

Dengan tingkat kecerdasan emosional yang tinggi, kamu pasti memiliki orang-orang yang bisa dipercaya untuk berkeluh kesah seputar masalah yang dihadapi. Tidak hanya itu, kamu juga tidak ragu untuk menemui tenaga profesional jika tingkat stres yang dihadapi sudah di luar kendali.

Berpikir Sebelum Bertindak

Seringnya, manusia merasakan berbagai emosi terlebih dahulu sebelum berpikir. Akibatnya ketika emosi menguasai, keputusan yang dibuat tidak masuk akal dan efektif, bahkan bisa membahayakan.

Jika kamu memiliki tingkat kecerdasan emosional yang tinggi, ketika kamu mulai merasakan stres karena pekerjaan, kamu akan menjauh sejenak dari hal-hal yang menjadi sumber stres. Kamu akan membiarkan otak dan hati dalam kondisi tenang sebelum akhirnya membuat keputusan yang rasional. 

Mampu Menerapkan Batasan dan Bersikap Tenang

Zodiak Aquarius merupakan sosok tegas yang didukung kecerdasan otak kirinya untuk terus belajar dan bekerja keras.Ilustrasi kerja/Foto: Freepik.com/DCStudio

Alih-alih bereaksi terhadap amarah yang ditimbulkan karena stres, kamu yang cerdas secara emosional tahu bahwa amarah hanya akan memperburuk keadaan. Kamu akan berusaha tetap tenang dan berpikir jernih ketika berada dalam situasi dengan tekanan tinggi. Kamu juga mampu merespon serangan yang diterima dengan sopan namun tetap tegas menerapkan batasan yang dimiliki.

Paham Apa yang Jadi Pemicu Stres

Tak perlu melampiaskan rasa kesal kepadanya, lebih baik kamu melakukan tindakan positif untuk mengatasi stres tersebut.Ilustrasi rehat saat kerja/Foto: Freepik/Yanalya

Ada banyak hal yang bisa menjadi pemicu atau trigger dari stres. Biasanya, emosi muncul karena situasi membawa kenangan dari masa lalu yang bahkan tidak disadari. Namun, kamu yang memiliki kecerdasan emosional tinggi mampu menyadari emosi tersebut dan tidak larut di dalamnya. Kamu pun memiliki strategi tersendiri yang siap digunakan kapanpun jika berhadapan dengan hal-hal yang bisa memicu stres.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE